Jazirah Labrador

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Geografi Jazirah Labrador
BenuaAmerika Utara
KawasanKanada Timur
Wilayah1.400.000 km² (540.543 mil²)
% daratan
12% perairan
Titik tertinggiGunung Caubvick
Titik terendahPermukaan laut
Sungai terpanjangSungai Chisasibi
Danau terbesarWaduk Caniapiscau

Jazirah Labrador atau Jazirah Quebec-Labrador merupakan suatu jazirah (semenanjung besar) yang terletak di sebelah timur Kanada. Jazirah ini berbatasan dengan Teluk Hudson di barat, Laut Labrador di timur, dan Teluk Santo Laurensius di tenggara. Jazirah ini mencakup wilayah Labrador, yang merupakan bagian dari provinsi Newfoundland dan Labrador, serta wilayah Saguenay–Lac-Saint-Jean, Pantai Utara, dan Quebec Utara, yang merupakan bagian dari provinsi Quebec. Jazirah ini memiliki luas 1400000 km2 (541000 sq mi).

Letak dan Geografi[sunting | sunting sumber]

Jazirah ini dikelilingi oleh laut di segala arah, kecuali di bagian barat daya yang menyatu dengan daratan utama Benua Amerika. bagian barat lautnya berbentuk semenanjung yaitu Semenanjung Ungava, yang dikelilingi oleh Teluk Hudson, Selat Hudson, dan Teluk Ungava. Ujung paling utara dari Semenanjung Ungava yaitu Tanjung Wolstenholme juga menjadi titik paling utara dari Jazirah Labrador dan provinsi Quebec.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sebelum kedatangan bangsa Eropa, jazirah ini banyak dihuni oleh suku Cree dan juga suku Innu yang menyebut daerah ini sebagai Nitassinan yang berarti "tanah kami" dalam bahasa mereka.[1] Dalam Bahasa Nordik Greenland, daerah ini dikenal dengan nama Marklandia dan penghuninya dikenal dengan nama Skrælingjar.

Rujukan[sunting | sunting sumber]