Lompat ke isi

Jatropha

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jatropha Edit nilai pada Wikidata

Spicy Jatropha (Jatropha integerrima)
Taksonomi
KerajaanPlantae
DivisiTracheophyta
OrdoMalpighiales
FamiliEuphorbiaceae
GenusJatropha Edit nilai pada Wikidata
Linnaeus, 1753
Spesies
Lihat Teks

Jatropha adalah genus tumbuhan berbunga dari Suku kastuba-kastubaan (Euphorbiaceae). Nama ini berasal dari kata Yunani ἰατρός (iatros), yang berarti "dokter", dan τροφή (piala), yang berarti "nutrisi", oleh karena itu nama umum physic nut. Nama umum lainnya adalah nettlespurge..[2]

Ini berisi sekitar 170 spesies tanaman sukulen, semak dan pohon (ada yang gugur, seperti Jatropha curcas). Sebagian besar berasal dari Amerika, dengan 66 spesies ditemukan di Dunia Lama.[3] Jarak pagar, Jarak merah, Jarak bali dan Jarak tintir termasuk dalam genus ini.

Daftar Spesies[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Genus: Jatropha L". Germplasm Resources Information Network. United States Department of Agriculture. 2007-10-05. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2010-05-28. Diakses tanggal 2010-08-13. 
  2. ^ "Jatropha". Natural Resources Conservation Service PLANTS Database. USDA. 
  3. ^ Heller, Joachim (1996). Promoting the Conservation and Use of Underutilized and Neglected Crops Volume 1: Physic Nut, Jatropha Curcas L. Bioversity International. hlm. 7. ISBN 9789290432784. 
  4. ^ a b Colmeiro, Miguel: «Diccionario de los diversos nombres vulgares de muchas plantas usuales ó notables del antiguo y nuevo mundo», Madrid, 1871.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]