Jatimulya, Lebaksiu, Tegal

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Jatimulya
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Tengah
KabupatenTegal
KecamatanLebaksiu
Kodepos
52461
Kode Kemendagri33.28.06.2011 Edit the value on Wikidata

Jatimulya merupakan salah satu desa yang berada di kecamatan Lebaksiu, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Indonesia

Di desa ini terdapat satu pedukuhan yang terkenal dengan pendidikan pesantren bernama babakan. Di dukuh babakan ini, ada satu pondok pesantren yang berdiri pada tahun 1916 oleh KH Muftie Salim bernama Pondok Pesantren Babakan yang kemudian berganti nama menjadi Pondok Pesantren Ma'hadut Tholabah Babakan.

Tidak diketahui persis alasan mengapa nama pondok pesantren babakan berubah menjadi pondok pesantren Ma'hadut Tholabah. Yang pasti menurut cerita masyarakat, nama tersebut baru muncul sejakaan.

Di dukuh babakan ini, tercatat lebih dari 32 asrama dan pesantren kecil yang dikelola oleh keturunan KH Muftie Salim antara lain Pondok Pesantren Al Rizqi Babakan, Darul Khair, APPI Al Azizah, Dar Az Zahra, Al Mashum, dan lainnya. Namun ada juga pesantren yang tidak dikola oleh keturunan pendiri seperti Pondok Pesantren Al Fajar.

Keberadaan pesantren yang didirikan dan dikelola bukan oleh keturunan KH Muftie Salim pada awalnya sebagian masyarakat tidak bisa menerima, namun berjalannya waktu akhirnya bisa menerima.