Yarilo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Jarilo)
Yarilo, karya Andrey Shishkin

Jarylo (Kiril: о atau а; Polandia: Jaryło; Serbo-Kroasia: Jarilo, арило; Belarusia: а), atau Yaryla, Iarilo, atau Gerovit, adalah dewa vegetasi, kesuburan, dan dewa musim semi Slavik.[1][2]

Satu-satunya sumber bersejarah yang menyebutkan dewa ini adalah biografi abad ke-12 seorang uskup Jerman, Otto dari Bamberg. Selama ekspedisinya di suku-suku pagan Slav Wendish dan Polabia, dia mengadakan festival untuk menghormati dewa perang Gerovit di kota Wolgast dan Havelberg. Gerovit kemungkinan besar adalah serapan bahas aJerman dari nama Slavia Jarovit.

Sampai abad ke-19 di Rusia, Belarusia, dan Serbia, festival rakyat yang disebut Jarilo dirayakan pada akhir musim semi atau awal musim panas. Peneliti awal mitologi Slavia mengakui di dalamnya peninggalan upacara pagan untuk menghormati dewa musim semi. Di Kroasia utara dan Slovenia selatan, khususnya White Carniola, festival musim semi serupa disebut Jurjevo, Zeleni Juraj atau Zeleni Jurij (George Hijau), yang sesuai namanya, didedikasikan untuk St. George, dan cukup mirip dengan festival Jarilo di negara-negara Slavik lainnya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Johnson, Kenneth (1998). Slavic Sorcery : shamanic journey of initiation. St. Paul, MN: Llewellyn Publications. hlm. 89. ISBN 1-56718-374-3. OCLC 37725456. 
  2. ^ Leeming, David.From Olympus to Camelot: The World of European Mythology. New York, NY: Oxford University Press. 2003. p. 129.

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

  • V. Belaj. "Hod kroz godinu: mitska pozadina hrvatskih narodnih običaja i vjerovanja" [Walk through year, mythical background of Croatian folk beliefs and customs], Golden Marketing, Zagreb 1998.