Jan Wisseman Christie

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Jan Wisseman (kemudian, Jan Wisseman Christie, 27 April 1947 –  Februari 2021) adalah dosen, arkeolog dan sejarawan Asia Tenggara. Jan Wisseman lahir dari orang tua yang sama-sama berasal dari Texas. Ayahnya adalah ahli mikrobiologi yang terkemuka, dan ibunya mengorbankan karir ilmiah potensial untuk membesarkan empat anak: Jan; Charlie, seorang ahli patologi; Maria, seorang pustakawan; dan Bob, pakar ekologi perairan. Jan dapat saja berhasil mengikuti jejak ayahnya dalam karier ilmiah, tetapi sebaliknya memilih untuk pindah ke bidang bahasa dan sejarah oriental. Dia mengkhususkan diri dalam Bahasa Sanskerta, bahasa Hindi dan bahasa Tibet, dan lulus summa cum laude dari Universitas Pennsylvania pada tahun 1969. Dia dianugerahi Woodrow Wilson Fellowship pada tahun 1969, dan kemudian Beasiswa Thouron dari tahun 1969 hingga 1972.[1]

Dia pindah ke School of Oriental and African Studies di London untuk mendapatkan gelar PhD pada 1969. Dia mengalihkan fokus penelitiannya dari India dan Tibet ke Jawa dan Indonesia. Disertasi PhD-nya yang berjudul "Pola perdagangan di Indonesia bagian barat: abad ke-9 hingga ke-13 M" meletakkan dasar bagi minat skolastik jangka panjangnya dalam hubungan di kawasan maritim Asia Tenggara antara perdagangan, budaya material dan masyarakat di dunia. pasar dan kehidupan sehari-hari, ketimbang dunia keraton, ritual dan simbol keagamaan yang kerap menarik perhatian para sarjana Barat saat itu. Dalam penelitian PhD-nya, ia memainkan peran penting dalam banyak penggalian di Sumatera, Jawa, Bali dan Malaysia, banyak di antaranya dipimpin oleh Ben Bronson dari Chicago Field Museum.[1]

Pada akhir 1979, ia mengambil posisi sebagai dosen di departemen sejarah di Universiti Sains Malaysia di Penang. Saat dia mengajar disini (1979–1984) dia bertemu dengan sesama dosen sejarah, Clive Christie, pada penugasan dari Universitas Hull di Inggris. Mereka menikah pada tahun 1981. Pada 1984, dia pindah ke Hull, tempat Clive mengajar di Pusat Studi Asia Tenggara. Jan tidak diragukan lagi mengorbankan karirnya untuk pernikahannya; tetapi dia mendapatkan pekerjaan, baik di Universitas London maupun di Pusat Studi Asia Tenggara, Universitas Hull. Dia melanjutkan pekerjaan penelitiannya, dan pada kenyataannya memberikan kontribusi besar terhadap peringkat penelitian yang sangat baik dari Pusat. Akhirnya, pembagian pekerjaan diatur untuk Jan dan Clive: sesuatu yang cocok untuk mereka berdua, secara pribadi dan profesional. Selama di Hull, Jan juga menjadi co-editor dengan Profesor Terry King untuk format baru buletin Asosiasi Studi Asia Tenggara Inggris (Aseasuk News) hingga 1993.[1]

Pada 2004, Jan dan Clive pensiun, dan pindah ke pondok keluarga Clive di West Wales. Jan saat itu memiliki minat khusus untuk menyusun daftar prasasti yang ditemukan di Jawa, terutama yang berkaitan dengan periode antara tahun 732 hingga 1060 M. Ini membuka sebuah usaha besar yang bertautan dengan kepentingan para sarjana sejarah Jawa lainnya. Pekerjaan di bidang sejarah pra-Islam ini sedang berlangsung; tetapi peran Jan, seperti di bidang lain dari sejarah budaya dan sosial di wilayah tersebut, sangat penting.[1]

Masa pensiunnya, sayangnya terpotong karena sakit kanker. Kemerosotan fisiknya yang tiba-tiba dan kematiannya dalam waktu singkat antara Desember 2020 dan Februari 2021 menyebabkan keterkejutan dan kesedihan di desa, di antara keluarga dan teman-temannya.[1]

Penelitian dan publikasi[sunting | sunting sumber]

Publikasi pertama Jan adalah di bidang arkeologi. Ia ikut dalam ekspedisi awal menjelajahi Palembang, Sumatera Selatan untuk mencari bukti keberadaan kerajaan Sriwijaya. Ekspedisi tersebut tidak menemukan apa yang dicarinya, tetapi menginspirasi arkeolog lain untuk melakukan penyelidikan.

Jan mencurahkan perhatiannya ke daerah-daerah di pinggiran Jawa. Selain sejarah pengerjaan logam di Sarawak, ia menulis artikel tentang prasasti Sansekerta di semenanjung Malaysia, dan prasasti Tamil di Sumatera, Thailand, dan Cina yang masih menjadi publikasi utama. Meskipun sebagian besar datanya berasal dari prasasti, dia selalu melihat melalui lensa wawasan yang dapat diberikan ke dalam masalah teoretis umum yang populer di kalangan arkeolog sejarah Asia Tenggara, termasuk air dan irigasi, pola perdagangan, pola pemukiman, dan tekstil. Ketertarikannya pada epigrafi tidak terletak pada linguistik tetapi pada integrasi teks dan artefak. Akibatnya, publikasinya sering dikutip oleh para arkeolog yang bekerja di semua bagian Asia Tenggara.

Dia adalah sarjana yang sangat kolegial. Dalam tradisi kolaboratif terbaik, ia sering mengedarkan draf awal karyanya untuk mengundang komentar dan kritik. Beberapa kontribusi utamanya hanya diedarkan dalam bentuk draft. Salah satu contohnya adalah disertasi doktornya, "Pola perdagangan di Indonesia bagian barat: abad ke-9 hingga ke-13" (University of London, 1982). Dalam karya dua jilid ini, ia membahas periode aneh dalam sejarah Indonesia. Meskipun sejarawan lama percaya bahwa kerajaan Sriwijaya terus ada setelah ekspedisi angkatan laut Chola dari India Selatan, semakin diterima bahwa perubahan transkripsi dari Shili Foshi ke Sanfo qi menandakan pengakuan oleh Dinasti Song, Cina bahwa pusat-pusat maritim Selat Melaka tidak membentuk kerajaan yang sangat terpusat, tetapi lebih mirip model mandala. Ibukota Sriwijaya tidak pindah ke Jambi; melainkan kerajaan Malayu, yang berbasis di Jambi, menjadi pusat baru mandala. Implikasinya masih diperdebatkan oleh para sejarawan dan arkeolog.

Periode yang sama di Jawa ditandai dengan lenyapnya peradaban besar Jawa Tengah yang menciptakan monumen-monumen besar seperti Borobudur dan Prambanan. Hanya selang waktu 400 tahun, pembangunan monumen dan pemahatan patung-patung luhur dilanjutkan kembali, kali ini di Jawa Timur. Sumber utama untuk mempelajari periode tak bertuan di Jawa dan Bali ini adalah prasasti. Sebaliknya di Sumatera, terdapat kompleks candi bata besar di Padang Lawas dan Muara Jambi. Pelabuhan perdagangan yang ditandai dengan melimpahnya pecahan porselen yang diimpor dari Cina juga ditemukan di situs-situs Sumatera pada masa itu.

Sejarah periode ini sulit untuk direkonstruksi. Disertasi Jan memberikan sintesis yang luar biasa dari prasasti dan bahan arkeologi yang tersedia untuknya pada saat itu. Tema utama dalam disertasi ini, perdagangan dan ekonomi, memberikan gambaran tentang bagaimana Jawa dan Sumatera berkembang melalui jalur yang berbeda, tetapi dalam kedua kasus, lembaga perdagangan lokal dan jarak jauh terus berkembang pesat meskipun faktanya dua kerajaan utama yang terbentuk fokus sejarah Indonesia awal, Sriwijaya dan Mataram, keduanya menghilang dan tampaknya digantikan oleh jaringan yang terdesentralisasi.

Kompilasi utama Jan lainnya yang tidak diterbitkan adalah 'draf konsultasi' berjudul "Daftar Prasasti Jawa dari 732 hingga 1060 M". Ini memperluas studi epigrafinya lebih jauh ke masa lalu, untuk mencakup seluruh periode epigrafi dan seni 'klasik' di Jawa Tengah. Draf terjemahan yang difotokopi dari semua prasasti penting yang tersedia baginya ketika dia menyusunnya antara tahun 2000 dan 2004 merupakan bagian yang cukup besar dari pekerjaannya, dan menjadi sangat penting bagi epigrafi, sejarah, dan arkeologi sejarah jika tersedia secara luas.

Bibliografi[sunting | sunting sumber]

Publikasi dan bahan penelitian

Sebagai Jan Wisserman[sunting | sunting sumber]

  • 1976, (and B. Bronson) Palembang as Srivijaya. Asian Perspectives 19 (2): p 220–239.
  • 1977, Archaeological research in Rembang District, North Central Java, 1975. Indonesia Circle 13: 8–14.
  • 1977, Markets and trade in pre-Majapahit Java. Dalam K. Hutterer (ed.), Economic exchange and social interaction in Southeast Asia. Papers on South and Southeast Asia Number 13. Ann Arbor MI: University of Michigan, pp. 197–213.
  • 1981 Sawah cultivation in ancient Java (review article). Indonesia Circle 24: 49–51.

Sebagai Jan Wisserman Christie[sunting | sunting sumber]

  • 1982 Patterns of trade in western Indonesia: ninth through thirteenth centuries AD. PhD thesis, SOAS, University of London.
  • 1983 Raja and Rāma: the classical state in early Java. Dalam L. Gessick (ed.), Centres, symbols and hierarchies: essays on the classical states of Southeast Asia. Southeast Asia Studies Monograph 26. New Haven CT: Yale University,
  • 1985 On Po–ni: the Santubong sites of Sarawak. Sarawak Museum Journal 34: 77–89.
  • 1985 Theatre states and oriental despotisms: early Southeast Asia in the eyes of the West. Occasional Paper No. 10. Hull: Centre for South-East Asian Studies, University of Hull.
  • 1986 [Review] Early tenth century Java from the inscriptions oleh A.M. Barrett Jones. Journal of Southeast Asian Studies 17 (2): 370–372.
  • 1986 Negara, mandala and despotic state: images of early Java. Dalam D.G. Marr and A.C. Milner (eds), Southeast Asia in the 9th to 14th centuries. Singapore: Institute of Southeast Asian Studies, pp. 65–94.
  • 1988 (and V.T. King) Metal-working in Borneo: essays on iron- and silver-working in Sarawak. Hull: Centre for South-East Asian Studies, University of Hull.
  • 1990 Trade and the Santubong iron industry. Dalam Ian Glover and Emily Glover (eds), Southeast Asian Archaeology 1986: Proceedings of the First Conference of the Association of Southeast Asian Archaeologists in Europe. Oxford: BAR, pp. 231–240.
  • 1990 The Sanskrit inscription recently discovered in Kedah, Malaysia. Modern Quaternary Research in Southeast Asia 11 (1988–89): 39–53.
  • 1992–1993 Trade and value in pre-Majapahit Java. Indonesia Circle 59–60: 3–17.
  • 1993 Texts and textiles in ‘medieval’ Java’. Bulletin de l’Ecole française d’Extrême-Orient 80 (1): 181–211.
  • 1993 Ikat to batik? epigraphic data on textiles in Java in the ninth to the fifteenth centuries. Dalam M.L. Nabholz-Kartaschaff et al. (eds), Weaving patterns of life . Basel: Museum of Ethnology, pp. 11–29.
  • 1994 Wanua, thani, paraduwan: the ‘disintegrating’ village in early Java? Dalam W. Marschall (ed.), Texts: oral and written traditions in Indonesia and the Malay world. Bern: Institute of Ethnology, University of Bern, pp. 27–42.
  • 1995 A preliminary survey of early Javanese coinage held in Javanese collections. Jakarta: Museum Nasional. 62 pp.
  • 1995 State formation in early maritime Southeast Asia: a consideration of the theories and the data. Bijdragen tot de Taal-, Land-en Volkenkunde 151 (2): 235–288.
  • 1996 Money and its uses in the Javanese states of the ninth to fifteenth centuries A.D. Journal of Economic and Social History of the Orient 39 (3): 243–286.
  • 1998 Pre-Islamic coinage of Java. Dalam P-Y. Manguin (ed.), Southeast Asian archaeology 1994: proceedings of the 5th international conference of the European Association of Southeast Asian Archaeologists Paris, 24th-28th October 1994. 2 vols. Hull: Centre for South-East Asian Studies, University of Hull, pp. 161–172.
  • 1998 Javanese markets and the Asian sea trade boom of the tenth to thirteenth centuries A.D. Journal of the Economic and Social History of the Orient 40 (4): 344–381.
  • 1998 The medieval Tamil-language inscriptions in Southeast Asia and China. Journal of Southeast Asian Studies 29 (2): 239–268.
  • 1998 Weights and measures in early Javanese states. Dalam M. Klokke and T. de Bruijn (eds), Southeast Asian archaeology 1996: proceedings of the 6th international conference of the European Association of Southeast Asian Archaeologists, Leiden, 2-6 September 1996. Hull: Centre for South-East Asian Studies, University of Hull, pp. 147–162.
  • 1999 Asian sea trade between the tenth and thirteenth centuries and its impact on the states of Java and Bali. Dalam H.P. Ray (ed.), Archaeology of seafaring. Indian Council of Historical Research. New Delhi: Pragati: pp. 221–270.
  • 1999 [Review] Ancient trades and cultural contacts in Southeast Asia oleh Nandana Chutiwongs, Himanshu Prabha Ray, and Ian Glover. Journal of Southeast Asian Studies 30 (1): 158–159.
  • 1999 Register of the inscriptions of Java 732–1060. 2 vols. Unpublished.
  • 2001 Revisiting Mataram. Dalam M.J. Klokke and K.R. van Kooij (eds), Fruits of inspiration: studies in honour of Prof. J.G. de Casparis. Groningen: Egbert Forsten, pp. 25–56.
  • 2002 Weaving and dyeing in early Java and Bali. Dalam W. Lobo and Stefanie Reimann (eds), Southeast Asian Archaeology 1998: proceedings of the 7th international conference of the European Association of Southeast Asian Archaeologists. Berlin, 31 August–4 September 1998. Hull: Centre for South-East Asian Studies, University of Hull, pp. 17–27.
  • 2002 Register of the inscriptions of Java from 732 to 1060 A.D. Part I: to May 855 AD. Consultation draft II.
  • 2004 Register of the inscriptions of Java from 732 to 1060 A.D. Part III: 898–929 AD. Consultation draft II.
  • 2004 Weights and values in the Javanese states of the ninth to thirteenth centuries A.D. Dalam F. Robinne, J. Ivanoff, P. Le Roux (eds.), Poids et mesures en Asia du Sud-Est/Weights and measures in Southeast Asia: metrological systems and societies. Vol. 1. Songkla: CNRS and Prince of Songkla University, pp. 89–96.
  • 2004 The agricultural economies of early Java and Bali. Dalam P. Boomgaard and D. Henley (eds), Smallholders and stockbreeders: histories of foodcrop and livestock farming in Southeast Asia. Leiden: KITLV Press, pp. 47–67.
  • 2007 Water and rice in early Java and Bali. Dalam P. Boomgaard (ed.), A world of water: rain, rivers and seas in Southeast Asian histories. Leiden: KITLV Press, pp. 235–258.
  • 2009 Preliminary notes on debt and credit in early island Southeast Asia. Dalam D. Henley and P. Boomgaard (eds), Credit and debt in Indonesia, 860–1930: from peonage to pawnshop, from kongsi to cooperative. Singapore: ISEAS Press for KITLV, pp. 41–60, 178–190.
  • 2010 50 years of archaeology in Southeast Asia: essays in honour of Ian Glover. Edited oleh Bérénice Bellina, Elisabeth A. Bacus, Thomas Oliver Pryce and Jan Wisseman Christie. Bangkok: River Books.
  • 2015 Gold in early Javanese inscriptions. Dalam R. Barnes, E.N. Stein, and B. Diebold (eds), Gold in early Southeast Asia. New Haven CT: Yale University Southeast Asian Studies, pp. 75–88.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e Christie, Clive; Miksic, John N. (2021-09-27). "Jan Wisseman Christie (1947–2021)". Indonesia and the Malay World. 0 (0): 1–5. doi:10.1080/13639811.2021.1975945. ISSN 1363-9811. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]