Jamur Telok Pipit

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Jamur Telok Pipit atau Calvatia excipuliformae (Calvatiaceae) adalah Jamur yang tumbuh di permukaan tanah yang berumput[1]., jamur ini memiliki karpopora berbentuk globose, bulat berukuran 1,5 – 3 cm berwarna putih ketika masih muda dan coklat kehitaman pada saat dewasa[2]. Permukaan agak berbintik-bintik lunak.

Pada saat tua di bagian atas jamur ini tampak tonjolan seperti mata tunas. Ditemukan pada jalan setapak Desa Napalicin Kecamatan Rawas Hulu Sumatra Selatan[3]. Jamur ini dapat dimakan pada saat usia jamur masih muda.

Habitat[sunting | sunting sumber]

Jamur ini tumbuh dan menyebar luas pada akhir musim panas sampai musim hujan. Tumbuh secara sendiri atau berkelompok kecil di tanah humus, di pohon berdaun lebar, di semua jenis hutan dan padang rumput[4].

Warna awal spora (gleba) putih, kemudian menjadi zaitun hingga menjadi ungu-coklat pada saat dewasa. Spora memiliki diameter 3,5 - 5,5 mikrometer dan berbentuk bola[4]. Spora berkembang di dalam kepala bulat ini. Kepala bulat pecah untuk menebarkan spora coklat ke udara; Proses ini sering dipercepat oleh hujan, atau dengan yang diinjak oleh ternak. Kepala bulat tetap utuh sepanjang musim dingin atau hujan sampai musim panas berikut.

Jamur ini dapat dimakan ketika bantalan spora muda dan putih di seluruhnya[5]. Rasa dan bau jamur ini tidak khas. Rasanya sangat mirip dengan bola jamur raksasa, tetapi dagingnya tidak banyak dan kulit luar harus dikupas[6].

Macam jamur[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Cara Hidup Jamur
  2. ^ Ciri-ciri jamur
  3. ^ Daftar jamur liar di Taman Nasional Kerinci Seblat
  4. ^ a b First Nature Retrieved: 2011-09-05
  5. ^ Phillips R (2006). Mushrooms. Pan MacMillan. hlm. 328. ISBN 0-330-44237-6. 
  6. ^ H. excipuliformis Retrieved: 2011-09-08

Pranala luar[sunting | sunting sumber]