Jamur Kuping Pimir

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Jamur Kuping Pimir atau Auricularia auricularis (Auriculariaceae) adalah Jamur yang hidup pada kulit kayu mati yang lembab. Berwarna coklat transparan, permukaan licin, karpopora lunak dan melekat langsung di kulit kayu[1]. Tidak memiliki peruratan seperti jenis jamur kuping sebelumnya. Jamur ini berukuran antara 4 – 8 cm.

Tumbuh di hutan sekunder kawasan TNKS daerah Sungai Keruh Desa Napalicin Kecamatan Rawas Hulu Sumatra Selatan[2]. Koloninya ditemukan dalam jumlah yang tidak begitu banyak pada substrat tempat jamur ini hidup. Seperti umumnya jenis jamur kuping, jamur ini dapat dimakan.

Spesies[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1951, Lowy menjelaskan bahwa spesies Auricularia menekankan struktur buah jamur, sedangkan karakteristik umum seperti warna, bentuk dan ukuran, dianggap terlalu variabel dan tergantung pada faktor usia spesimen, cahaya, atau ketersediaan air[3]. Karakteristik yang digunakan untuk mendefinisikan spesies dalam jenis ini, adalah lebar dan morfologi medula (terutama bagian atau seluruh hifa longitudinal), serta panjang rambut abhymenial[4].

Jamur ini salah satu jenis dari Auriculariaceae. Habitat jamur ini, tidak jauh berbeda dengan saudaranya, Jamur Kuping Kongop. Karakteristik dari jamur kuping ini adalah memiliki tubuh buah yang kenyal mirip gelatin jika dalam keadaan segar. Tumbuh di alam bebas dan dapat dijumpai hampir sepanjang tahun di hutan pegunungan.

Spesies ini termasuk dalam:

Macam jamur[sunting | sunting sumber]


Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Isolasi dan Identifikasi Jamur Kayu dari HUtan Pendidikan Universitas Hasanuddin di Bengo-Bengo Kec. Cenrana Kab. Maros
  2. ^ Daftar jamur liar di Taman Nasional Kerinci Seblat
  3. ^ Lowy B. (1951). "A morphological basis for classifying the species of Auricularia". Mycologia. 43 (3): 351–8. doi:10.2307/3755598. 
  4. ^ Wong GJ, Wells K. (1987). "Comparative morphology, compatibility, and infertility of Auricularia cornea, A. polytricha, and A. tenuis". Mycologia. 79 (6): 847–56. doi:10.2307/3807686. 


Pranala luar[sunting | sunting sumber]