James Bowie

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
James "Jim" Bowie
Jimbowie.jpg
JulukanJim Bowie, Santiago Bowie
Lahir(1796-03-10)10 Maret 1796
Logan County, Kentucky, United States
Meninggal6 Maret 1836(1836-03-06) (umur 39)
Alamo Mission, San Antonio, Republik Texas
Lama dinas1835–1836
PangkatKolonel
KesatuanAngkatan darat sukarela Texas
KomandoThe Alamo, San Antonio
Perang/pertempuranLong Expedition, Pertempuran Nacogdoches, Pertempuran Concepción, Pertarungan Rumput, Pertempuran Alamo
Tanda tanganJames Bowie signature.svg

James "Jim" Bowie (diucapkan /ˈb/ BOO-ee)[1][2][3] (kr. 1796 – 6 Maret 1836) adalah seorang perintis Amerika abad ke-19, yang memainkan peran penting dalam Revolusi Texas, yang berpuncak pada kematiannya di Pertempuran Alamo. Cerita tentang dia sebagai pejuang dan frontiersman, baik yang nyata maupun fiktif, telah menjadikannya tokoh legendaris dalam sejarah Texas dan pahlawan rakyat dalam budaya Amerika.

Lahir di Kentucky, Bowie menghabiskan sebagian besar hidupnya di Louisiana, tempat dia dibesarkan dan di mana dia kemudian bekerja sebagai spekulan tanah. Dia mulai terkenal pada tahun 1827 atas laporan tentang Sandbar Fight. Apa yang dimulai dengan duel antara dua pria lain memburuk menjadi perkelahian di mana Bowie, yang telah ditembak dan ditikam, membunuh sheriff Rapides Parish dengan pisau besar. Ini, dan cerita lain tentang kecakapan Bowie dengan pisau, menyebabkan popularitas pisau Bowie semakin meluas.

Reputasi Bowie ditentukan oleh perannya dalam Revolusi Texas. Setelah pindah ke Texas pada tahun 1830, Bowie menjadi warga negara Meksiko dan menikahi Ursula Veramendi, putri wakil gubernur Meksiko di provinsi tersebut. Ketenarannya di Texas tumbuh mengikuti ekspedisinya yang gagal untuk menemukan tambang San Saba yang hilang, di mana partai kecilnya mengusir serangan orang Indian. Pada pecahnya Revolusi Texas, Bowie bergabung dengan milisi Texas, memimpin pasukan pada Pertempuran Concepción dan Pertarungan Rumput. Pada bulan Januari 1836, dia tiba di Alamo, di mana dia mengomando pasukan sukarela sampai suatu penyakit membuatnya harus terbaring di tempat tidur. Bowie meninggal dengan pembela Alamo lainnya pada tanggal 6 Maret. Meskipun ada catatan yang bertentangan tentang kematiannya, catatan yang "paling populer, dan mungkin yang paling akurat" mempertahankan bahwa dia meninggal di tempat tidurnya setelah mengosongkan pistolnya ke beberapa tentara Meksiko.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Evans, John (December 1989). "Bowie (Boo-wee) or Bowie (Bo-wee)? What's in a Name?". Alamo Journal. 69: 6. 
  2. ^ Davis, William C. (1998). Three Roads to the Alamo: The Lives and Fortunes of David Crockett, James Bowie, and William Barret Travis. New York: HarperCollins. hlm. 35. ISBN 0-06-017334-3. 
  3. ^ Manns, William (May–June 2004), "The Bowie Knife", American Cowboy, 11 (1): 40–43; 

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:Pertempuran Alamo