James Beauttah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

James Beauttah adalah salah satu pemimpin Kikuyu Central Association (KCA), organisasi politik pertama Afrika Kenya, bersama dengan Joseph Kang'ethe. Mereka kemudian bergabung dengan Jomo Kenyatta pada tahun 1924 dan membangun fondasi yang akan menjadi awal menuju kepresidenan.

Sekitar 1925 atau awal 1926, Beauttah pindah ke Uganda, meskipun tetap berhubungan dengan Kenyatta. Ketika KCA meminta Beauttah untuk datang ke London sebagai wakil mereka, dia menolak dan merekomendasikan agar Kenyatta - yang dapat berbicara bahasa Inggris dengan baik - yang pergi menggantikannya. Kenyatta menerima tawaran ini, kemungkinan setelah dicapai kesepakatan soal gajinya. Kenyatta kemudian menjabat sebagai sekretaris KCA.

Pada tahun 1929, KCA memutuskan untuk mengirim Jomo Kenyatta ke Inggris untuk menyampaikan keluhan masyarakat Afrika terhadap pemerintahan kolonial Britania Raya. Pemimpin India dan anggota Legco, Mr. Isher Dass, mengumpulkan dana untuk membiayai perjalanan Kenyatta.

Pada 24 September 1930, Kenyatta kembali ke Kenya, ketika Kenyatta dan istrinya Grace Wahu tiba di Mombasa, mereka disambut oleh Beauttah.

Bersama-sama dengan warga Kenya terkemuka lainnya termasuk Peter Mbiu Koinange, James Gichuru, Albert Owino, Joseph Kathithi, Tom Mbotela, Harry Nangurai, Fred Kubai, Jesse Kariuki, Francis Khamasi dan Ambrose Ofafa pada tahun 1944, mereka membentuk Serikat Studi Afrika Kenya (KASU) yang kemudian berganti nama menjadi Kenya African Union (KAU).

James Beauttah merupakan salah satu pemimpin partai Afrika Kenya pertama yang ditangkap oleh pemerintah kolonial Britania Raya bersama dengan Pendeta Peter Kigondu pada tahun 1952. Keduanya dijatuhi hukuman berat dan pada akhir masa hukuman mereka ditahan selama 8 tahun di kamp penahanan khusus di tempat yang paling tidak ramah di negara itu, di bawah peraturan darurat.[butuh rujukan]