Jambusagaranagara

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Jambusāgaranagara[1] (juga ditulis sebagai Jambūsāronagara[2]) adalah sebuah tempat atau wilayah di India di mana sebuah perguruan astronomi dan matematikawan berkembang selama abad kelima belas hingga kedelapan belas Masehi. Lokasi tempat ini belum diketahui secara pasti hingga kini.

Gangadhara, putra Govardhana dan cucu Divakara serta adik Wisnu dan Laksmidhara, adalah seorang ahli matematika terkemuka dari Jambusagaranagara yang menulis kepada Ganitamrtasagari sebuah komentar tentang Lilavati dari Bhaskara II sekitar tahun 1420 M.[2] Govardhana dan Divakara sendiri adalah ahli matematika yang cakap pada masa itu.[1]

Perguruan matematika[sunting | sunting sumber]

Sejarawan matematika telah mengidentifikasi beberapa perguruan matematika yang berkembang di berbagai bagian India selama abad keempat belas hingga kesembilan belas. Juga telah dicatat bahwa sebagian besar kegiatan matematika selama periode ini terkonsentrasi di perguruan-perguruan ini.[1] Sekolah-sekolah itu berada di tempat-tempat yang diidentifikasi dengan nama-nama berikut:

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c Bag, A.K. (May 1980). "Indian literature on mathematics during 1400 – 1800 AD" (PDF). Indian Journal of History of Science. 15 (1): 75–93. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 9 March 2012. Diakses tanggal 3 June 2010. 
  2. ^ a b Pingree, David (1970). Census of the Exact Sciences in Sanskrit, Volume 1. American Philosophical Society. ISBN 978-0-87169-081-4.  (see p.81 – 84)