Jam tangan ponsel

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

http://promosialiansi.com/index.php/vmchk/Produk-Terbaru/JAM-TANGAN-HP-MODEL-DVR-K1/flypage.tpl.html

contoh-contoh watchphone

Jam tangan ponsel atau watchphone adalah telepon genggam yang dikemas dalam bentuk jam tangan. Ukurannya lebih besar daripada jam tangan pada umumnya dan kurang lebih sama dengan jam tangan sport. Penemuan teknologi jam tangan ponsel bertujuan untuk mengimprovisasi kegunaan ponsel berdasarkan fungsi jam tangan yang sangat praktis penggunaannya yaitu fungsi pembawaan. Tidak seperti ponsel-ponsel pada umumnya, jam tangan ponsel yang digunakan dengan cara memasangnya di pergelangan tangan akan membuat penggunanya tidak perlu repot-repot membuka tas atau merogoh ke kantong saat ada panggilan. Karena jam tangan ponsel selalu dalam keadaan terpasang di pergelangan tangan, para pengguna jam tangan ponsel akan terhindar dari risiko misplaced and lost (kesalahan peletakan dan kehilangan).

Penggunaan jam tangan ponsel juga bertujuan untuk menghemat energi listrik. Ponsel pada umumnya harus rutin di-recharge dengan listrik untuk memenuhi kebutuhan energi pada baterainya. Sedangkan baterai yang digunakan pada jam tangan ponsel adalah baterai yang biasa digunakan pada jam tangan, yang tidak perlu di re-charge secara rutin dan tahan lama.

Mekanisme penggunaan[sunting | sunting sumber]

Bentuk jam tangan ponsel yang seperti jam tangan sport, tidak memungkinkannya untuk mengaplikasikan tombol keypad seperti pada ponsel. Untuk menggantikan fungsi keypad, jam tangan ponsel memiliki softkey di bagian sisi. Jam tangan ponsel pada umumnya memilik 5 tombol softkey. Dua di antara tombol itu berfungsi sebagai tombol mengaktifkan dan mematikan ponsel sekaligus berfungsi sebagai tombol pilih dan tombol untuk kembali ke menu sebelumnya. Tiga tombol lain, ternyata untuk mengubah headline menu yang hanya bisa bergerak ke arah vertikal saja (naik dan turun).

Jam tangan ponsel pada umumnya menggunakan teknologi layar sentuh atau touchscreen untuk pengoperasian lebih lanjutnya. Biasanya dilengkapi dengan stylus pen yang diselipkan di belt arloji. Dalam keadaan standby, layar ponsel akan menampilkan jarum jam. Namun ketika layar disentuh, tampilan langsung berubah seperti tampilan ponsel aktif. Saat tampilan sudah menjadi tampilan ponsel aktif, pengguna jam tangan ponsel bisa mulai mengoperasikan menu yang ada dengan memanfaatkan stylus pen atau mengkombinasikan dengan fungsi softkey yang ada.

Pengguna jam tangan ponsel melakukan dan menerima panggilan telepon dengan cara menekan tombol yang biasanya terletak di bagian tengah bawah layar. Saat tombol itu ditekan, akan muncul deretan angka. Kemudian pengguna jam tangan ponsel tinggal memasukkan nomor yang dituju, dan tekan tombol call. Jam tangan ponsel memiliki sensor otomatis yang bisa menganalisis dimana letak jam tangan ponsel untuk memudahkan menjawab panggilan telepon. Apabila pengguna jam tangan ponsel menerima panggilan masuk, ia tidak perlu repot-repot menekan tombol jawab. Untuk menjawab panggilan telepon, pengguna jam tangan ponsel cukup menggerakan tangan mendekati mulut dan telinga, dan bisa langsung berbicara. Untuk menutup panggilan telepon, pengguna jam tangan ponsel juga hanya perlu kembali menggerakan tangan ke posisi semula dan telepon otomatis terputus.

Hal ini karena sensor otomatis yang dimiliki jam tangan ponsel bisa menganalisis letak jam tangan ponsel saat akan menjawab panggilan. Apabila pengguna jam tangan ponsel mengangkat tangannya untuk menjawab panggilan, jam tangan ponsel akan dianalisis berada di atas ketinggian bahu, sehingga panggilan telepon akan aktif. Jika bertelepon sudah selesai, pengguna jam tangan ponsel akan mengembalikan tangan ke posisi semula. Saat ini jam tangan ponsel berada di bawah ketinggian bahu, sehingga panggilan telepon otomatis terputus. Teknologi sensor otomatis ini disebut position sensitive switch.

Selain mengandalkan sensor otomatis, untuk melakukan dan menerima panggilan masuk, pengguna jam tangan ponsel juga bisa menggunakan handsfree Bluetooth. Alat ini dipasang di telinga dan menggunakan teknologi Bluetooth untuk menerima sinyal panggilan dan mengirim pesan sehingga pengguna jam tangan ponsel tidak perlu mengangkat dan menurunkan tangannya untuk bertelepon. Handsfree bluetooth ini juga bisa digunakan untuk menikmati musik.

Fitur[sunting | sunting sumber]

Teknologi fitur yang diaplikasikan dalam jam tangan ponsel kini telah hampir menyamai teknologi-teknologi pada ponsel-ponsel model terkini. Contoh fitur yang diaplikasikan dalam jam tangan ponsel antara lain :

Musik[sunting | sunting sumber]

Jam tangan ponsel memiliki audio player. Audio player ini tidak akan berfungsi maksimal jika tidak didengarkan dengan handsfree Bluetooth. Kapasitas musik yang bisa ditampung jam tangan ponsel tidak sebanyak kapasitas music pada ponsel karena memori internal yang dimiliki jam tangan ponsel terbatas dan tidak bisa ditambah. Jam tangan ponsel pada umumnya tidak memiliki space untuk disertai memori eksternal.

Internet[sunting | sunting sumber]

Jam tangan ponsel memiliki fitur GPRS yang bisa digunakan untuk browsing internet. Untuk tampilan web-nya jam tangan ponsel menggunakan bantuan browser WAP 2.0 dan xHTML. Namun ukuran layar yang kecil mengurangi kenyamanan pengguna jam tangan ponsel untuk menggunakan fitur internetnya.

Kamera[sunting | sunting sumber]

Beberapa jenis jam tangan ponsel sudah memiliki kamera. Biasanya besar resolusi gambarnya 1,3 MP. Namun sama halnya dengan internet, ukuran layar yang kecil mengurangi kenyamanan berkamera. Kamera jam tangan ponsel lebih banyak digunakan selayaknya fungsi hidden camera.

Radio[sunting | sunting sumber]

Beberapa jenis jam tangan ponsel sudah memiliki fasilitas radio. Handsfree Bluetooth juga berfungsi untuk menggunakan radio pada jam tangan ponsel.

Konektivitas[sunting | sunting sumber]

Selain koneksi Bluetooth seperti yang dijelaskan diatas, jam tangan ponsel juga dilengkapi device untuk transfer data melalui kabel data. Format data yang bisa ditransfer antara lain lagu, gambar, dan video.

Penampilan[sunting | sunting sumber]

Kebanyakan jam tangan ponsel tergolong sport watch yang cocok untuk kegiatan outdoor. Belt-nya rata-rata terbuat dari karet sintesis. Karet sintesis ini terjamin kualitasnya karena penyedianya biasanya adalah merek-merek peralatan olahraga ternama. Jam tangan ponsel pada umumnya juga waterproof.

Permainan[sunting | sunting sumber]

Jam tangan ponsel juga memiliki fitur permainan (biasanya berbasis Java) walaupun tidak banyak karena terbatas memori dan kurang menarik karena terbatas pada layar.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]