Jalur kereta api Kalisat-Panarukan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Sinyal tebeng "Krian" di Stasiun Prajekan.

Jalur kereta api Kalisat-Panarukan merupakan jalur kereta api mati yang menghubungkan Stasiun Kalisat dan Stasiun Panarukan. Jalur ini ditutup pada tahun 2004 karena prasarna yang sudah banyak yang rusak dan okupansi penumpang yang minim. Jalur ini dulu dibangun untuk melayani angkutan barang yang akan dikirim ke Pelabuhan Panarukan ke luar negeri.

Di jalur yang panjangnya 70 km ini juga melayani kereta lokal angkutan penumpang Panarukan-Jember. Kereta ini terakhir melintas jalur ini pada tahun 2004. Namun jalur ini ditutup pada pertengahan 2004 karena prasarana yang sudah sangat tua. Direncanakan juga jalur ini akan diaktifkan kembali karena saat ini pelabuhan Panarukan menjadi sangat ramai dan sebagian muatan akan dibawa oleh kereta api.

Jalur kereta api ini memiliki peralatan persinyalan unik berupa sinyal tebeng bertipe "Krian". Pada tanggal 5 Desember 2014, sinyal-sinyal tebeng bertipe "Krian" beserta tuas-tuas handelnya yang ditempatkan di Stasiun Tamanan dipindah ke Museum Kereta Api Ambarawa. Penyelamatan benda bersejarah tersebut bertujuan untuk mengenalkan sejarah tipe persinyalan mekanik kepada masyarakat pada umumnya.[1][2]

Jalur terhubung[sunting | sunting sumber]

Daftar stasiun[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]