Jalur LRT Bukit Panjang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jalur LRT Bukit Panjang
Ikhtisar
Nama asliLaluan LRT Bukit Panjang
Bukit Panjang LRT line
武吉班让轻轨线
புக்கிட் பஞ்சாங் வரிரயில்
SistemLRT Singapura
StatusOperasional
LokasiSingapura
TerminusChoa Chu Kang
Stasiun13
Layanan2
Operasi
Dibuka6 November 1991 (1991-11-06)
PemilikOtoritas Angkutan Darat
OperatorSMRT Trains
Karakteristik lintasLayang
DepoTen Mile Junction
RangkaianBombardier Innovia APM 100 CB101
Bombardier Innovia APM 100 CB101A
Bombardier Innovia APM 100 CB101B (rencana)
Data teknis
Panjang lintas76 km (47 mi)
Lebar sepur1.435 mm (4 ft 8+12 in) sepur standar
Elektrifikasi600 V AC tiga fase rel ketiga
Peta rute

 
Up arrow Marina South Pier
 BP1  NS4  JS1 
Choa Chu Kang
Left arrow Boon Lay
Down arrow Jurong East
 BP2 
South View
 BP3 
Keat Hong
 BP4 
Teck Whyne
 BP5 
Phoenix
Depo Ten Mile Junction
 BP14 
Ten Mile Junction
Jalan Choa Chu Kang
Jalan Upper Bukit Timah
Depo Gali Batu
 BP6  DT1 
Bukit Panjang
Down arrow Expo
 
 BP7 
Petir
 BP8 
Pending
Jalan Bukit Panjang
 BP13 
Senja
 BP12 
Jelapang
 BP11 
Segar
 BP9 
Bangkit
 BP10 
Fajar

Jalur LRT Bukit Panjang (Inggris: Bukit Panjang LRT line; disingkat BPLRT) merupakan jalur LRT di Kota Bukit Panjang, Singapura. Jalur ini merupakan satu-satunya jalur LRT Singapura yang dioperasikan oleh SMRT Trains. Jalur ini melayani setidaknya 13 stasiun yang berada di daerah antara Bukit Panjang dengan Choa Chu Kang.

Jalur LRT Bukit Panjang merupakan jalur LRT pertama yang dioperasikan di Singapura. Jalur ini diresmikan pada tanggal 6 November 1991 oleh Wakil Perdana Menteri dan Menteri Pertahanan Singapura, Tony Tan.[a] Sistem pengangkut orang otomatis (APM) ini sepenuhnya berada di jalur layang. Layanan ini menggunakan sarana perkeretaapian Innovia APM 100 C801 dan C801A produksi Bombardier yang dijalankan dengan formasi dua unit kereta setiap rangkaian.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Rencana LRT Bukit Panjang pertama kali diusulkan tahun 1991. Pada tahun 1994, Pemerintah Singapura secara resmi memutuskan sistem LRT akan diujicobakan di kota tersebut. Konstruksinya sendiri secara resmi dimulai pada tahun 1996. Sistem LRT ini memiliki beberapa hal yang membedakan dari sistem MRT, yaitu:

  • Jalur ini merupakan jalur yang pertama kali mengoperasikan kereta otomatis tanpa pengemudi.[b]
  • Memiliki 13 stasiun yang membentuk jalur looping di Bukit Panjang.
  • Terdapat pengembangan terintegrasi di Stasiun Ten Mile Junction, dimana stasiun tersebut juga berfungsi sebagai depo dan pusat perbelanjaan. Namun, stasiun tersebut telah ditutup permanen sejak tahun 2019.[c]

Menurut Low Seow Chay, perencanaan LRT harus dibangun layang untuk menghindari masalah keselamatan sistem trem yang memotong jalur jalan serta menghindari halangan perpotongan jalur dengan KTM. Mengingat kembali kemacetan lalu lintas yang parah di persimpangan Jalan Woodlands dengan Jalan Choa Chu Kang selama awal dekade 90-an, ia juga menjelaskan bahwa, "Penduduk Bukit Panjang kesulitan meraih akses menuju Stasiun MRT Choa Chu Kang dan terminal bus dan termasuk akses menuju kota karena arus lalu lintas yang sangat buruk." Setelah itu, Jalan Tol Kranji dibuka tahun 1994 yang mengurai sebagian kepadatan arus lalu lintas serta menyelesaikan masalah tersebut. Low Seow Chay juga mengusulkan adanya viaduk yang dikhususkan untuk bus untuk mengurai kemacetan, namun usulan tersebut ditolak karena LRT merupakan pilihan utama saat itu.

Pada tahun 1994 juga, Menteri Transportasi Mah Bow Tan mengatakan kepada parlemen tentang perlunya transportasi umum yang "efisien dan terjangkau" serta potensi LRT sebagai layanan pengumpan internal sedang dikaji. Ada maksud lain dari pengoperasian LRT yaitu untuk menggantikan bus-bus pengumpan. Saat ini, masyarakat sekitar telah memiliki LRT Bukit Panjang dengan rute bus pengumpan yang lebih sedikit.

Proyek pembangunan LRT ini diserahkan kepada Adtranz, Keppel Corporation, dan Gammon Construction. Seluruh konstruksi pembangunan telah selesai pada tanggal 6 November 1999.[1]

Pada 5 Agustus 1997, Otoritas Angkutan Darat telah memberikan izin kepada SMRT Trains untuk mengoperasikan jalur ini karena telah berpengalaman mengoperasikan jalur MRT.[2]

Pada tanggal 10 Desember 2010, Stasiun Ten Mile Junction ditutup hingga 30 Desember 2011 karena proses perkuatan stasiun. Pada tanggal 13 Januari 2019, stasiun ini ditutup yang menjadikannya stasiun kereta pertama di Singapura yang ditutup permanen. Karena penutupan stasiun tersebut, rute C yang beroperasi mulai dari Stasiun Ten Mile Junction menuju jalur loop melalui Stasiun Senja juga diberhentikan pengoperasiannya.

Rute[sunting | sunting sumber]

Di jalur ini terdapat dua rute yang berbeda, yakni rute A dan rute B. Keduanya berterminus di Stasiun Choa Chu Kang.

Rute Terminus Melalui Keterangan
Beroperasi Saat Ini
A Choa Chu Kang Senja Rute memutar dari Stasiun Senja menuju Stasiun Petir
Berjalan searah jarum jam
Hanya beroperasi pada jam padat hari kerja
B Choa Chu Kang Petir Rute memutar dari Stasiun Petir menuju Stasiun Senja
Berjalan berlawanan arah jarum jam
Tidak Beroperasi
C Ten Mile Junction Senja Rute memutar dari dan menuju Stasiun Ten Mile Junction
Berjalan searah jarum jam

Stasiun[sunting | sunting sumber]

Jalur ini memiliki total 14 stasiun dengan 13 stasiun yang beroperasi. Semua stasiun kecuali Stasiun Choa Chu Kang memiliki dua peron sisi di sebelah kiri dan kanan rel. Sementara itu, Stasiun Choa Chu Kang memiliki peron pulau seperti kebanyakan stasiun di layanan MRT Singapura. Semua stasiun di jalur ini memiliki pintu peron agak tinggi yang dipasang antara tahun 2016 dan 2017. Stasiun Choa Chu Kang saat ini memiliki dua peron tambahan serta satu set gerbang tiket baru untuk mengurangi kepadatan pada saat jam sibuk.

Daftar stasiun[sunting | sunting sumber]

Nomor Nama Gambar Jalur terhubung Keterangan
 BP1  NS4  JS1  Choa Chu Kang Terhubung dengan Jalur Utara Selatan dan Jalur Kawasan Jurong (2026) Stasiun terminus rute A dan rute B
 BP2  South View
 BP3  Keat Hong
 BP4  Teck Whyne
 BP5  Phoenix
 BP6  DT1  Bukit Panjang Terhubung dengan Jalur Pusat Kota Integrasi dengan membayar ulang untuk layanan berbeda
 BP7  Petir
 BP8  Pending
 BP9  Bangkit
 BP10  Fajar
 BP11  Segar
 BP12  Jelapang
 BP13  Senja
 BP14  Ten Mile Junction Ditutup permanen sejak 13 Januari 2019[c]
Depo LRT

Armada[sunting | sunting sumber]

Salah kereta Bombardier Innovia C801A

Layanan LRT ini menggunakan rangkaian Bombardier Innovia APM 100, serupa dengan armada yang digunakan Kalayang Bandara Changi hingga 2006. Kereta tersebut dibagi menjadi dua kode yaitu C801 dan C801A. Rangkaian dengan kode C801 telah beroperasi sejak dibukanya layanan ini pada tahun 1999, sementara rangkaian dengan kode C801A mulai dikirim dan beroperasi tahun 2014. Setiap unit kereta memiliki panjang 12,8 meter.

Formasi kereta[sunting | sunting sumber]

Sejak 2015, kebanyakan rangkaian disusun atas dua kereta di setiap rangkaian (M-M). Saat ini, formasi dua kereta di setiap rangkaian tidak lagi digunakan pada jam sibuk saja, namun juga pada pengoperasian normal. Hal ini disebabkan bertambahnya okupansi penumpang dan banyaknya apartemen di sekitar Bukit Panjang. Jumlah kereta dibatasi maksimal dua kereta setiap rangkaian mengingat keadaan panjang stasiun yang kurang mencukupi untuk dilayani rangkaian dengan jumlah kereta lebih dari itu.

Penggandengan kereta biasanya dilakukan di depot Ten Mile Junction. Penggandengan ini biasanya dilakukan untuk kereta dengan kode yang sama, contohnya C801 dengan C801 dan C801A dengan C801A. Terkadang, kedua kereta dengan kode berbeda digabungkan karena alasan penyelamatan ataupun pengujian.

Kendali kereta[sunting | sunting sumber]

Layanan ini menggunakan sistem persinyalan blok tetap Bombardier CITYFLO 550 untuk kontrol kereta otomatis (ATC) di bawah operasi kereta otomatis (ATO) GoA 4 (UTO).[3] Subsistem pengendalian kereta terdiri atas proteksi kereta otomatis (ATP) untuk mengatur kecepatan kereta, pengawasan kereta otomatis (ATS) untuk melacak lokasi dan menjadwalkan kereta, serta sistem interlocking berbasis komputer (CBI) untuk mencegah kesalahan pengaturan sinyal dan track points.

Insiden[sunting | sunting sumber]

  • Sebuah kereta LRT dengan 20 penumpang menabrak kereta kosng di Stasiun Phoenix pada tanggal 19 November 2000 setelah seorang petugas operasi gagal melakukan pemeriksaan jalur secara manual sebelum memulai kembali sistem jaringan. Akibatnya seluruh penumpang yang berdiri maupun duduk terjatuh ke lantai kereta dan menyebabkan lima korban luka-luka. Layanan terganggu selama tujuh jam dan diperbaiki secara bertahap. Layanan dapat berfungsi penuh kembali pada pukul 14.30 hari yang sama. Menteri Komunikasi dan Teknologi Informasi Yeo Cheow Tong kemudian mengunjungi tempat kejadian setelah diberitahu tentang hal tersebut. Penyebab utama dari kecelakaan tersebut masih belum terungkap hingga saat ini.[4]
  • Pada jam sibuk malam hari tanggal 9 Maret 2015, pengoperasian LRT Bukit Panjang dihentikan selama 24 jam. Hal ini disebabkan oleh terjadinya kebakaran di Stasiun Senja. Kebakaran tersebut disebabkan adanya lonjakan arus listrik secara tiba-tiba. Kotak sekring gagal mengaktifkan prosedur keamanan untuk menangani lonjakan arus tersebut dan malah terbakar. Masalah tersebut diidentifikasikan sebagai sebuah masalah busur api yang menyebabkan arus listrik naik secara tiba-tiba. Namun, penyebab bagaimana mulainya kebakaran tersebut masih belum terungkap hingga saat ini.[5]
  • Pada dini hari tanggal 28 Juli 2016, sebuah kereta seperti biasa berangkat dari Stasiun Segar menuju Stasiun Jelapang di Rute B. Namun, kereta tersebut tidak dapat berhenti dan malah melaju melintasi Stasiun Jelapang, Senja, serta Bukit Panjang. Salah satu penumpang mengatakan bahwa tombol berhenti darurat (emergency stop) tidak berfungsi serta tidak ada respon di telepon darurat. Menurut seorang penumpang, kereta akhirnya berhenti sebelum stasiun Phoenix setelah penumpang lain berhasil melakukan panggilan melalui ponselnya. Penyelidikan selanjutnya menunjukkan bahwa kereta memiliki kerusakan di bagian antena yang mengakibatkan pihak stasiun tidak dapat menerima informasi tentang kereta. Hal inilah yang menyebabkan kereta tidak dapat berhenti di stasiun.[6][7]
  • Pada dini hari tanggal 24 Maret 2017, seorang pria tewas dalam kecelakaan kereta setelah kereta terakhir meninggalkan Stasiun Fajar. Penduduk melaporkan tidak ada yang aneh pada waktu kejadian, sementara jasad tersebut ditemukan ketika seorang staf naik ke lantai peron untuk pemeriksaan rutin. The Straits Times mengatakan bahwa sebelumnya juga terdapat dua kasus kecelakaan yang terjadi di sepanjang jalur tersebut. Pada tahun 2000, See Chau Lai, seorang asisten hawker, meninggal setelah ia tertabrak oleh kereta api di dekat Stasiun LRT Jelapang. Sebuah pemeriksaan koroner menemukan bahwa dia berjalan di sepanjang rel setelah terlalu banyak minum minuman keras. Kejadian ini merupakan kejadian yang memakan korban jiwa pertama setelah jalur LRT ini pertama kali dibuka. Pada tahun 2010, seorang teknisi LRT bernama Chia Teck Heng meninggal karena luka yang dideritanya setelah ditabrak oleh kereta api di Stasiun LRT Phoenix. Saat itu, teknisi tersebut sedang memeriksa rel ketiga (rel aliran listrik) antara stasiun Phoenix dan Bukit Panjang.[8]

Pengembangan lanjutan[sunting | sunting sumber]

SMRT dan Otoritas Angkutan Darat (LTA) telah mengumumkan rencana untuk merombak keseluruhan sistem BPLRT karena umur layanan yang sudah mencapai 20 tahun. Salah satu alasan perombakan sistem karena layanan yang telah mengalami beberapa masalah sejak pertama kali dioperasikan pada tahun 1999. Selain itu, juga karena jalur ini merupakan salah satu dari dua sistem di dunia yang masih menggunakan kereta jenis CX-100 (dimana kebanyakan lainnya menggunakan Miami MetroMover).[9] Mulai 8 Maret 2017, LRT Bukit Panjang akan ditingkatkan menjadi sistem LRT konvensional baru meliputi catu daya, persinyalan, sarana perkeretaapian, rel, stasiun, serta pembaruan dan peningkatan sistem persinyalan. Proses peningkatan ini juga menghindari pembongkaran seluruh sistem atau mengubah sistem ke kendaraan berpemandu otomatis yang menggunakan tenaga sendiri. Hal itu dihindari karena akan menyebabkan kemacetan lalu lintas yang besar.[10]

Kontroversi[sunting | sunting sumber]

Pada 12 September 2017, Menteri Perhubungan Khaw Boon Wan berpidato pada acara memperingati selesainya proyek peningkatan rel listrik untuk jalur MRT NSEW berujar bahwa pembangunan LRT Bukit Panjang harus dijadikan "renungan" akibat tekanan politik.[11] Khaw Boon Wan mengatakan bahwa sistem layanan kereta dirancang dengan cara "masokis" yang memaksa penumpang untuk naik-turun dengan tikungan dan belokan. Ia juga membandingkan perjalanan LRT ini dengan roller coaster, mengatakan bahwa perjalanan tersebut menyebabkannya pusing.[12] Menurut seorang komentator, pidato tersebut menyiratkan bahwa pendahulunya Mah Bow Tan keliru dalam menyetujui sistem LRT. Ia juga menganggap Mah Bow Tan meremehkan pekerjaan dan kontribusi para insinyur perkeretaapian. Yang paling kritis, hal ini menyiratkan bahwa pemerintahan PAP telah menyerah pada tekanan politik dan menghabiskan ratusan juta dolar tanpa pertimbangan yang serius dan perencanaan yang matang.[13]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Yang kemudian menjadi Presiden Singapura ketujuh.
  2. ^ Kereta tanpa pengemudi menjadi sistem penting yang digunakan di seluruh jalur MRT/LRT setelah pengoperasian Jalur Timur Laut tahun 2003.
  3. ^ a b Hanya layanan menaikturunkan penumpang yang ditutup. Depo dan pusat perbelanjaan tetap beroperasi.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Built at a cost of $285 million, Bukit Panjang LRT may be scrapped". The Independent (dalam bahasa Inggris). 7 Oktober 2016. Diarsipkan dari versi asli tanggal 15 Desember 2019. Diakses tanggal 15 Desember 2019. 
  2. ^ "SPEECH BY MR MAH BOW TAN MINISTER FOR COMMUNICATIONS FOR THE SMRT 10TH ANNIVERSARY DINNER AT THE SHANGRI-LA HOTEL, ISLAND BALLROOM ON WEDNESDAY, 5 AUGUST 1997 AT 8.10PM". NAS (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-12-26. 
  3. ^ "CITYFLO 550 - Singapore". Bombardier (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 4 Juli 2015. Diakses tanggal 2015-06-28. 
  4. ^ Foo, Joey (5 Januari 2012). "Bukit Panjang LRT: Vehicle Collision of 19 November 2000". 2016-08-21 (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 14 Juli 2015. Diakses tanggal 2016-08-21. 
  5. ^ "Bukit Panjang LRT services disrupted". TODAYOnline (dalam bahasa Inggris). 9 Maret 2015. Diarsipkan dari versi asli tanggal 11 Juni 2017. Diakses tanggal 2016-08-21. 
  6. ^ Lee Min Kok (1 Agustus 2016). "Antenna fault causes Bukit Panjang LRT train to skip 3 stations: SMRT". The Straits Times (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2 Mei 2019. Diakses tanggal 2019-05-02. 
  7. ^ "Fault on antenna caused train to skip stations on BPLRT line: SMRT". CNA (dalam bahasa Inggris). 1 Agustus 2016. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2 Mei 2019. Diakses tanggal 2019-05-02. 
  8. ^ Chew Hui Min; Seow Bei Yi (24 Maret 2017). "Man dies after being run over by train at Fajar LRT station". The Straits Times (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 25 Maret 2017. Diakses tanggal 2017-03-24. 
  9. ^ "SMRT reveals options to overhaul ageing Bukit Panjang LRT system". CNA (dalam bahasa Inggris). 6 Oktober 2016. Diarsipkan dari versi asli tanggal 28 November 2016. Diakses tanggal 2017-03-08. 
  10. ^ Tan, Christopher (8 Maret 2017). "Parliament: Bukit Panjang LRT to get complete overhaul and upgrading". The Strait Times (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 9 Maret 2017. Diakses tanggal 2017-03-08. 
  11. ^ Ong, Justin (16 September 2017). "Behind the 'political pressure' that led to the 'afterthought' of Bukit Panjang LRT". CNA (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 21 November 2017. Diakses tanggal 2017-09-16. 
  12. ^ Sean Chan Kit Whye (13 September 2017). "Transport Minister Khaw Boon Wan Admits Bukit Panjang LRT Was Built Under Political Pressure, Calls It An "Afterthought"". Must Share news (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 16 September 2017. Diakses tanggal 2017-09-16. 
  13. ^ Don Ho Jia Hao (15 September 2017). "Hard to reconcile claim that Bukit Panjang LRT was an afterthought". Today (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-09-20. Diakses tanggal 2017-09-16. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]