Jalan Terbaik (album ST12)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Jalan terbaik)
Jalan Terbaik
Album studio karya ST 12
Dirilis7 September 2005
DirekamNovember 2004Mei 2005 di OMS Studio, Bandung
GenrePop rock
Durasi44:32
LabelMusic+Plus
Musica Studios
Trinity Optima Production
ProduserHelmy Aziz
Kronologi ST 12
Jalan Terbaik
(2005)
P.U.S.P.A
(2008)P.U.S.P.A2008
Singel dalam album Jalan Terbaik
  1. "ATSL (Aku Tak Sanggup Lagi)"
    Dirilis: Juni 2005
  2. "Aku Masih Sayang"
    Dirilis: Oktober 2005
  3. "Rasa Yang Tertinggal"
    Dirilis: November 2005

Jalan Terbaik adalah album musik perdana karya ST 12. Dirilis pada tanggal 7 September 2005. Album ini berisi 10 buah lagu dengan hit singel lagu yang berjudul ATSL (Aku Tak Sanggup Lagi), Rasa Yang Tertinggal dan Aku Masih Sayang. Album ini adalah album satu-satunya Iman Rush bersama ST12, karena saat tur album di Semarang ia mengalami pecah pembuluh darah di otak pada bulan Oktober 2005.

Daftar lagu[sunting | sunting sumber]

Seluruh lagu ditulis oleh Iman Rush, Muhammad Charly van Houten.

No.JudulDurasi
1."ATSL (Aku Tak Sanggup Lagi)"4:02
2."Rasa Yang Tertinggal"3:58
3."Ruang Hidup"3:33
4."Kepedihan Jiwa"3:50
5."Cinta Abadi"3:40
6."Aku Masih Sayang"3:39
7."Sirna Sudah"3:53
8."Dewiku"4:10
9."Jiwa Yang Hilang"3:15
10."Jalan Terbaik"3:51

Rekaman dan produksi[sunting | sunting sumber]

Iman Rush benar-benar terlibat dalam penggarapan album dan keseluruhan sesi rekaman, sementara Pepeng hanya memainkan gitar ritme saja diseluruh lagu. Charly sendiri merasa canggung saat baru pertama kali masuk dapur rekaman untuk menggarap lagu pertama. Semua lagu di album ini adalah hasil aransemen Iman Rush sendiri, bukan hasil aransemen personil lainnya. Pepep menunjuk Andry Mandera sebagai engineer studio saat proses rekaman dan mixing. Album ini diproduseri oleh Hendy Helmy, Kakaknya Pepep, sementara pendistribusian album didanai oleh Alm. Helmy Aziz, Ayahnya Pepep. Album ini sendiri baru populer setahun kemudian pasca meninggalnya Iman Rush.

Singel dan video musik[sunting | sunting sumber]

  1. ATSL (Aku Tak Sanggup Lagi), dibuat pada tahun 2005 oleh sutradara independent Ricky FM (keyboardist Five Minutes), di dalam video clip itu terlihat sosok alm. Iman Rush yang masih hidup dan bermain gitar melodi disaat cuplikan video clip itu muncul. Syuting video klip "ATSL" dilaksanakan 3 bulan menjelang meninggalnya Iman Rush.
  2. Aku Masih Sayang, dibuat pada akhir tahun 2005, di dalam video clip itu sosok Iman Rush sudah tidak ada lagi dan posisinya digantikan oleh Indra (bassist ST 12. Dulunya, Indra adalah bassist Utopia), tapi pemain bass di dalam video klip itu juga bukan Indra, melainkan Galih additional bass perfom ST 12.
  3. Rasa Yang Tertinggal, dibuat pada pertengahan tahun 2005, di dalam video clip itu ST 12 mulai memakai formasi 3 orang saja tanpa adanya sosok bassist.

Lagu beraliran lain[sunting | sunting sumber]

  1. Jiwa Yang Hilang, Lagu ini adalah ciptaan Alm. Iman Rush yang iramanya sangat rock dan ini adalah lagu yang berirama cadas pertama yang pernah dibuat oleh ST 12 pada saat mereka masih bernaung dijalur musik indie label.
  2. Cinta Abadi, Lagu ini adalah ciptaan Alm. Iman Rush yang iramanya penuh dengan petikan gitar akustik yang merupakan hasil rekaman suara petikan gitar alm. Iman Rush asli dan lagu ini merupakan lagu pertama yang direkam sebelum lagu-lagu yang lainnya.

Personil[sunting | sunting sumber]

Personil tambahan[sunting | sunting sumber]

  • Iman Gaia – keyboard
  • Arista – backing vocal
  • Indra Utopia – bassis
  • Andry Mandera – mixed & mastered at studio 8, bandung
  • Pepep & Openg – recorded at OMS studio, bandung
  • ST 12 – song writer & arrangement
  • Hendy Helmy – producer
  • Helmy Aziz – executive producer