Jalan Tol Mumbai barat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jalan Tol Mumbai barat
Informasi rute
Panjang:30 km (19 mi)
Persimpangan besar
Dari:Marine Drive, Mumbai
Ke:Kandivli, Mumbai barat
Letak
Negara bagian:Maharashtra
Kota besar:Mumbai
Sistem jalan bebas hambatan

Templat:Infobox road/browselinks/IND

Jalan Tol Mumbai barat adalah Jalan bebas hambatan terkendali yang diusulkan berlokasi di barat kota Mumbai, India yang akan membentang dari Marine Drive di Mumbai Selatan hingga Kandivli di utara, dengan jarak 29 km. Proyek tersebut direncanakan empat jalur melitasi laut di atas Laut Arab di sepanjang garis pantai barat Mumbai untuk mengurangi kemacetan lalu lintas antara Pinggiran Barat dan Mumbai Selatan.

Jalur tol di atas laut pertama, yang dikenal sebagai jalur Laut Bandra-Worli, selesai pada Juni 2009, dan menghubungkan Bandra di utara dan Worli di selatan dengan jembatan kabel yang membentang di Teluk Mahim. Pembangunan ini mengurangi kemacetan di Mahim Causeway, yang sampai saat itu merupakan satu-satunya jalan antara Western Suburbs dan South Mumbai di front laut barat. Jembatan laut kedua, Versova–Bandra Sea Link, saat ini sedang dibangun dan diharapkan selesai pada tahun 2027.

Bandra-Worli Sea Link

Jalan Pesisir sepanjang 8 jalur sepanjang 29,2 km ini akan membentang di sepanjang garis pantai barat Mumbai yang menghubungkan Marine Lines ke Kandivali. Jalan pesisir ini menghubungkan Marine Lines dengan ujung Worli dari Bandra-Worli Sea Link melalui jalan yang dibangun di atas tanah reklamasi dan terowongan. Pembangunan bagian Jalan Pesisir sepanjang 9,98 km antara Marine Lines dan Worli dimulai pada tahun 2018 dan diharapkan selesai pada tahun 2023.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]