Jalan Lingkar Kota Moskwa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Templat:Infobox road/shieldmain/RUS

Moscow Ring Road (MKAD)
Московская Кольцевая Автомобильная Дорога
MKAD on Moscow map[1]
Informasi rute
Panjang:108.9 km (67,7 mi)
Berdiri:1961 – sekarang
Letak
Kota besar:Moscow
Sistem jalan bebas hambatan

Templat:Infobox road/browselinks/RUS

Jalan Lingkar Kota Moskow (bahasa Rusia: Московская Кольцевая Автомобильная Дорога, Moskovskaya Koltsevaya Avtomobilnaya Doroga), atau MKAD (МКАД), adalah jalan lingkar yang mengelilingi bagian-bagian dari Kota Moskow, ibu kota Rusia. Panjang jalan 108.9 km, dan jumlah keluar adalah 35 (termasuk 10 susun).

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pertumbuhan lalu lintas di dalam dan di sekitar Moskow pada tahun 1950-an membuat para perencana kota menyadari kota metropolis Rusia butuh bypass untuk mengarahkan lalu lintas masuk dari jalan besar yang berjalan melalui kota. Dibuka pada tahun 1961, MKAD memiliki empat jalur aspal sepanjang 108.9 kilometer di sepanjang perbatasan kota . Meskipun belum bebas hambatan, jalan ini unggul karena sistem jalan susun utama di persimpangan, dengan sedikit lampu lalu lintas dan batas kecepatan 100 km/h (62 mph).

Untuk waktu yang lama MKAD belum masuk dalam administrasi kota Moskow, sampai pada tahun 1980-an Moskow mulai mencaplok wilayah di luar beltway.

Di 1995-1999 jalan diperlebar dari awal empat sampai sepuluh jalur, sementara semua persimpangan menjadi kelas yang dipisahkan, jembatan yang dibangun untuk menampung pejalan kaki, lampu lalu lintas telah dihapus, dan padat beton penghalang dipasang di median. Pada tahun 2001 semua kendaraan yang bergerak lambat dilarang memasuki MKAD dan terletak di jalan menerima freeway penunjukan dari kantor wali kota.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Catatan dan referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Map not including the new boroughs (2012) of Novomoskovsky and Troitsky