Kompleks Olahraga Jakabaring

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Jakabaring Sport City)
Kompleks Olahraga Jakabaring
Kompleks Olahraga Jakabaring
Jakabaring Sports City
LokasiJakabaring, Kota Palembang, Sumatera Selatan, Indonesia
Transportasi umum LRT  Jakabaring
Dibuka11 November 2011

Jakabaring Sport City (JSC) atau Kompleks Olahraga Jakabaring adalah kompleks dari berbagai fasilitas olahraga di Palembang, Sumatera Selatan, Indonesia. Kompleks di atas lahan seluas 325 hektar ini terletak di wilayah Seberang Ulu sejauh 5 km dari pusat kota Palembang. Kompleks olahraga ini merupakan tempat penyelenggaraan PON XVI 2004 dan SEA Games XXVI 2011. Di dalam kompleks ini terdapat Stadion Gelora Sriwijaya, stadion berkapasitas 40 ribu orang yang merupakan stadion terbesar ketiga se-Indonesia setelah Stadion Utama Gelora Bung Karno dan Stadion Utama Palaran. Kompleks olahraga ini juga pernah menjadi tempat sekunder untuk penyelenggaraan Asian Games 2018.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Atlet Indonesia berparade saat pembukaan SEA Games XXVI di Palembang.

Ketika terpilih menjadi tuan rumah PON XVI 2004, Pemerintah Kota Palembang membutuhkan stadion sebagai tempat pelaksanaan acara olahraga nusantara tersebut. Pemkot Palembang pun lantas memilih sebuah daerah tertinggal di kota itu bernama Jakabaring.[1]

Jakabaring dahulu adalah daerah sepi dan ditakuti, sementara sebagian besar wilayahnya adalah rawa. Kesan sebagai wilayah sepi dan rawan kejahatan pun melekat pada Jakabaring. Kawasan yang sempat dikenal dengan sisi negatifnya ini lantas mulai berbenah ketika Pemkot berencana mengubah kawasan yang sebelumnya terkenal dengan hal mistis ini menjadi komplek olahraga baru yang modern dan bertaraf Internasional.

Pembangunan stadion impian dengan kapasitas hingga 40 ribu kursi dimulai pada 2001. Tak hanya lapangan sepak bola, stadion yang juga dikenal dengan nama Gelora Sriwijaya ini juga memiliki fasilitas lain seperti lintasan lari, serta fasilitas olahraga atletik lainnya.

Setelah penambahan berbagai fasilitas untuk menyambut SEA Games XXVI 2011, komplek ini diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 11 November 2011.[2]

Fasilitas[sunting | sunting sumber]

Stadion Akuatik

Pada saat Jakabaring dibangun untuk PON XVI 2004, kompleks ini hanya terdiri dari stadion utama dan dua hall olahraga Gelora Olahraga (GOR) Dempo dan Gelora Olahraga Ranau. Kompleks ini kemudian dikembangkan saat menyambut SEA Games XXVI 2011. Kompleks tersebut kemudian dilakukan penambahan arena olahraga pendukung lainnya yang digunakan untuk Asian Games 2018 yang juga dihelat bersama Jakarta.

Saat ini fasilitas yang ada di Jakabaring terdiri dari:

  1. Stadion Gelora Sriwijaya
  2. Stadion Lapangan Tenis Bukit Asam
  3. Stadion Atletik Jakabaring
  4. Stadion Akuatik Jakabaring
  5. Gedung GOR Ranau (Badminton)
  6. Gedung GOR Dempo (Senam)
  7. Lapangan Bisbol
  8. Lapangan Sofbol
  9. Stadion menembak
  10. Arena Ski Air
  11. Arena Voli Pantai
  12. Arena Panjat Dinding
  13. Arena Sepatu Roda
  14. Arena Petanque
  15. Arena Bowling
  16. Sirkuit International Jakabaring (dalam proses)

Kawasan ini pun dilengkapi fasilitas pendukung seperti Wisma Atlet dan Gedung Sport Science.

Referensi[sunting | sunting sumber]