Jajag, Gambiran, Banyuwangi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Jajag
Desa
Kantor-desa-jajag-gambiran-banyuwangi.JPG
Kantor Desa Jajag
Negara  Indonesia
Provinsi Jawa Timur
Kabupaten Banyuwangi
Kecamatan Gambiran
Kodepos 68486
Luas 816 ha 2
Jumlah penduduk 18.369, jiwa
Kepadatan 100 jiwa/km2

Jajag adalah sebuah nama Desa di wilayah Gambiran, Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur, Indonesia.

Legenda[sunting | sunting sumber]

Pada jaman dahulu kala ada sebuah rawa yang sangat dalam yang tidak ada satupun orang yang bisa menjajaki ( mengukur kedalamanya ) hingga pada suatu saat ada pengembara yang berasal dari daerah Yogyakarta datang dan mencoba mengukur kedalamannya ( menjajaki ) akhirnya pengembara itu bisa mengukur kedalaman rawa tersebut dan memberikan nama daerah sekitar rawa tersebut dengan nama Jajag.

Desa Jajag terletak di kota kecamatan Gambiran yang dilewati jalur Jawa poros tengah dari Banyuwangi menyambung menuju ke kabupaten Jember dan seterusnya sehingga menepatkan desa ini pada posisi strategis yang diperebutkan banyak bangsa dimasa lampau. Daerah banyuwangi selatan menyebut daerah ini sebagai segitiga emas.Bus - Bus antar kota yang menghubungkan kota kota lain di jawa timur melewati kota ini. Jajag juga jalan pintas menuju Sukomade, tempat penangkaran Penyu di pesisir Laut Selatan, dan juga jalan pintas ke daerah Alas Purwo di mana Plengkung (G LAND) tempat selancar air berada. Terdapat beberapa penginapan kecil dan hotel yang sangat nyaman untuk singgah, sebelum meneruskan perjalanan di lokasi lokasi tersebut.Didaerah ini terdapat terminal tempat singgah bagi angkutan umum yang menghubungkan jalur antar propinsi di Pulau Jawa dan bali

Ekonomi[sunting | sunting sumber]

Jajag merupakan desa strategis di wilayah Banyuwangi Selatan, yang menjadi tumpuan desa ataupun daerah kecil lainya di daerah ini. Hasil pertanian di perdagangkan di kota ini. Terdapat Pasar Jajag dan pasar desa ( pasar sore dan pasar subuh) yang buka setiap hari dan juga toko - toko yang menjual kebutuhan sehari - hari, pakaian dan juga elektronik. . Di wilayah jajag terdapat berbagai macam sekolah dari TK/PAUD sampai dengan SMA. Salah satu sekolah vokasi (kejuruan) yaitu SMK Muhammadiyah 9 Gambiran yang berdekatan dengan Kantor Kecamatan Gambiran dan RS Al Rohmah Jajag.Desa Jajag merupakan sentra perekonomian dan Pengembangan pendidikan dI Enam Kecamatan di Kabupaten Banyuwangi.di Daerah ini terdapat Pasar Desa ( Pasar Subuh & Pasar Sore ) atau yang disebut juga pasar tradisional yang diciptakan sesuai dengan instruksi bapak Bupati Banyuwangi ABDULLAH AZWAR ANAS untuk menampung para pedagang tradisonal agar tidak kalah bersaing dengan para pemilik gerai ritel dan Ruko.

Desa Jajag merupakan Desa Termaju di Kabupaten Banyuwang.Mulai infrastruktur sampai dengan Tempat Hiburan bagi para kawula muda untuk menghabiskan akhir pekan. Kantor Desa Jajag terletak di Jalan A. Yani 45.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]