Jagabaya

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Seorang Jagabaya adalah orang yang memegang jabatan tertentu, paling sering dalam penegakan hukum pidana. Kantor jagabaya dapat bervariasi secara signifikan di yurisdiksi yang berbeda. Seorang jagabaya biasanya berpangkat perwira di dalam kepolisian. Orang lain dapat diberikan kekuasaan polisi tanpa memegang gelar ini.

Etimologi[sunting | sunting sumber]

Jenderal Sir Richard Dannatt, mengenakan pakaian formal Jagabaya Menara, berbicara pada Upacara Iuran Polisi, Juni 2010

Secara historis, judul berasal dari Latin comes stabuli (petugas kandang, secara harfiah berarti hitungan kandang) dan berasal dari Kekaisaran Romawi; awalnya, polisi adalah petugas yang bertanggung jawab untuk menjaga kuda tuan atau raja.[1][2][3]

Gelar tersebut diimpor ke monarki Eropa abad pertengahan, dan di banyak negara berkembang menjadi pangkat militer tinggi dan pejabat tinggi Negara (mis. Prancis]], dalam bahasa Prancis "Connétable de France", yang merupakan panglima tertinggi dari semua angkatan bersenjata kerajaan (kedua setelah raja) sampai perdana menteri Kardinal Richelieu menghapus tuduhan tersebut pada tahun 1627).

Sebagian besar polisi di yurisdiksi modern adalah petugas penegak hukum. Di Britania Raya, Bangsa Persemakmuran dan beberapa negara Eropa Kontinental, seorang polisi adalah pangkat terendah dari perwira polisi ​​(ini juga, jika didahului dengan istilah "tersumpah", digunakan untuk menggambarkan setiap petugas polisi dengan penangkapan dan kekuasaan lainnya), sedangkan di Amerika Serikat seorang polisi umumnya adalah petugas perdamaian terpilih dengan yurisdiksi yang lebih rendah daripada sheriff; namun, di Kepulauan Channel seorang polisi adalah pemegang jabatan terpilih di tingkat paroki.

Secara historis, seorang polisi juga bisa merujuk ke castellan, petugas yang ditugaskan untuk mempertahankan kastil. Bahkan hari ini, ada Jagabaya Menara London.

Posisi yang setara adalah marshal, yang berasal dari Old High German marah (kuda) dan schalh (pelayan),[4] dan aslinya berarti "penjaga jagabaya",[5] yang memiliki kesamaan etimologi.[6]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ p103, Bruce, Alistair, Keepers of the Kingdom (Cassell, 2002), ISBN 0-304-36201-8
  2. ^ Constable, Encyclopædia Britannica online
  3. ^ Pike, Michael S (1985). The Principles of Policing, p. 7. The Macmillan Press Ltd. ISBN 0-333-38245-5. 
  4. ^ E. M. Kirkpatrick, ed. (1983). Chambers 20th Century Dictionary. Edinburgh: W & R Chambers Ltd. hlm. 772. ISBN 0-550-10234-5. 
  5. ^ Jacob und Wilhelm Grimm, Deutsches Wörterbuch, Leipzig 1854–1960, Vol. 12 Col. 1673 Online-Version
  6. ^ "marshal". www.etymonline.com (dalam bahasa Inggris). Online Etymology Dictionary. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-08-03. Diakses tanggal 2018-08-03.