Jacqueline van Maarsen

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jacqueline van Maarsen
Lahir30 Januari 1929 (umur 95)
Amsterdam, Belanda
Pekerjaanpenjilid buku, penulis

Jacqueline Yvonne Meta (Jacque) van Maarsen (pelafalan dalam bahasa Belanda: [ʒɑkəˈlin iˈvɔnə ˈmeːtaː (ʒɑk) vɑm ˈmaːrsə(n)]) (kelahiran 30 Januari 1929) adalah seorang penulis dan mantan penjilid buku Belanda. Ia paling dikenal karena pertemanannya dengan penulis buku harian Anne Frank. Ibu Kristen Jacque menghapus tanda J (Jew/Yahudi) dari kartu identitas keluarganya (ayah Jacque adalah Yahudi) saat Perang Dunia Kedua, sebuah tindakan untuk membantu keluarga Van Maarsen melarikan diri dari tentara Nazi.

Kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

Jacque lahir di Amsterdam dari seorang Yahudi Belanda, Hijman van Maarsen, dan seorang ibu Kristen Prancis, Elline van Maarsen.[1] Jacque memiliki seorang saudari, Christiane. Jacque belajar di sebuah sekolah normal di Amsterdam sampai 1940, ketika Nazi menginvasi Belanda. Kemudian, Jacque berpindah ke lyceum Yahudi. Di sekolah Yahudi, Jacqueline berteman dengan beberapa anak perempuan, termasuk Anne Frank, Nanette Blitz, Sanne Ledermann dan Hanneli Goslar. Jacque adalah sekretaris klub ping-pong club yang dimulai oleh teman-temannya, Little Dipper Minus Two.

Anne dan Jacque menjadi sahabat, dan mereka sering berkunjung ke rumah satu sama lain dan mengerjakan pekerjaan rumah mereka bersama-sama.

Setelah Perang Dunia Kedua[sunting | sunting sumber]

Setelah perang, Jacque mengetahui bahwa Anne tak selamat. Otto Frank, ayah Anne, bertemu dengan Jacque, dan Jacque menjadi salah satu orang pertama diperlihatkan buku harian Anne oleh Otto Frank. Pada 1947, The Diary of a Young Girl diterbitkan.

Jacque menjadi penjilid buku yang memenangkan penghargaan. Ia menikahi teman masa kecilnya, Ruud Sanders, pada 1954.[2] Mereka memiliki tiga anak.

Kehidupan saat ini[sunting | sunting sumber]

Jacque masih tinggal di Amsterdam dan memiliki tujuh cucu.

Sejak 1987, Jacque memberikan ceramah tentang Anne Frank di sekolah yang berbeda di Jerman dan Amerika Serikat.

Jacque juga menulis empat buku tentang dirinya dan pertemanan akrab dan kuat-nya dengan Anne.

Selain itu, Jacque tampil dalam dokumenter 2008 Classmates of Anne Frank.[3]

Pada saat ini, Jacque menulis sebuah buku cerita-cerita pendek, yang terinspirasi oleh perjalanannya.

Buku[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Tokoh yang berkaitan dengan Anne Frank

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]