Jacobus Antony Waleson

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian


Jacobus Antony Waleson

Jacobus Antony Waleson (lahir di Breda, Belanda, 16 September 1807 – meninggal di Padang, Hindia Belanda (kini Indonesia), 26 Agustus 1882 pada umur 74 tahun) adalah mayor jenderal Belanda yang memiliki gelar ksatria di Militaire Willems-Orde.

Karier[sunting | sunting sumber]

Waleson masuk dinas militer pada tahun 1826 sebagai sersan di grenadier dan mengajari Pangeran Willem Alexander Paul Frederik Lodewijk dalam perdagangan senjata.

Pada tahun 1831, Waleson diangkat sebagai letnan dua infanteri dan dalam pangkat itu, ia turut berjuang dalam Kampanye Sepuluh Hari. Atas permintaannya sendiri, ia dimutasi ke KNIL pada tahun 1836 dan naik pangkat sebagai letnan satu. Waleson diangkat sebagai kapiten pada tahun 1840, mayor pada tahun 1846, letnan kolonel pada tahun 1851, dan mayor jenderal pada tahun 1862. Saat berpangkat kapiten, Waleson ditugaskan ke Pantai Barat Sumatra di bawah Jenderal Andreas Victor Michiels, dan pada tahun 1856 Waleson ditugaskan memimpin ekspedisi militer ke Lampung dan gubernemen-komandan untuk pemerintahan sipil di sana. Atas Dekret Kerajaan tanggal 7 Januari 1857, Waleson dianugerahi gelar ksatria kelas III di Militaire Willems-Orde. Pada tahun 1859, Waleson turut dalam ekspedisi ke Bone di bawah Jend. ECC. Steinmetz dan setelah atasannya terluka ia mengambil alih komando, menunggu bala bantuan yang dipimpin oleh Jan van Swieten.

Pada tahun 1865, Jend. Charles Pierre Schimpf mengajukan permohonan mundur sebagai komandan KNIL dan mengusulkan Waleson sebagai penggantinya. Waleson menolak jabatan itu karena menganggap MayJend. Augustus Johannes Andresen lebih cocok untuk itu. Tulisan-tulisan karya Waleson (di Indisch Militair Tijdschrift tahun 1873 dan 1874) antara lain Bijdrage tot de geschiedenis der eerste Bonische expeditie dan Boni in 1859 en in 1860.

Rujukan[sunting | sunting sumber]