Jacobin (majalah)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jacobin
Edisi 11/12 (Musim gugur 2013)
PenerbitBhaskar Sunkara
KategoriPolitik, Budaya
FrekuensiTriwulan
Sirkulasi20,000
Terbitan pertamaMusim dingin 2011
NegaraAmerika Serikat
Berpusat diNew York
BahasaBahasa Inggris
Situs webjacobinmag.com

Jacobin adalah majalah triwulan sayap kiri yang berbasis di New York. Karakteristik yang unik, raison d'être, menjadi "suara terdepan dari kaum kiri Amerika, menawarkan perspektif sosialis dalam politik, ekonomi dan budaya".

Sejarah dan ringkasan[sunting | sunting sumber]

Publikasinya dimulai sebagai majalah daring yang dikeluarkan pada September 2010,[1] kemudian berkembang menjadi jurnal cetak pada tahun yang sama.[2] Jacobin telah dideskripsikan oleh penerbitnya sebagai publikasi radikal, "sebagian besar produk generasi lebih muda yang tidak terlalu terikat dengan paradigma Perang Dingin yang menyokong lingkungan intelektual kiri tua seperti Dissent atau New Politics."[3]

Awal 2013, "Jacobin Books" diperkenalkan, hasil kerja sama dengan Verso Books dan Random House.[4] Koleksi esai dari kontributor Jacobin sudah dipublikasikan oleh Henry Holt and Company pada 2016. "Class Action: An Activist Teacher's Handbook," diproduksi bekerja sama dengan CORE Caucus Chicago Teachers Union. Jacobin didistribusikan ke aktivis-aktivis serikat pekerja di 16 kota di Amerika Serikat dan Kanada.[5] Sejak akhir tahun 2014, Jacobin telah mensponsori lebih dari 80 kelompok membaca sosialis.[6]

[sunting | sunting sumber]

Nama majalah diambil dari buku The Black Jacobins: Toussaint L'Ouverture and the San Domingo Revolution yang ditulis C. L. R. James. Dalam buku itu James menanggap asal revolusionis Haiti Hitam memiliki kemurnian lebih besar atas gagasan Revolusi Prancis dibandingkan dengan "Jakobin Putih".[7] Menurut produser kreatif Remeike Forbes, logonya diinspirasi dari adegan film yang merujuk pahlawan nasional Nikaragua José Dolores Estrada,[8] tetapi menggambarkan Toussaint Louverture, pemimpin paling terkenal dari satu-satunya pemberontakan budak yang berhasil dalam sejarah manusia.<[9]

Kontributor[sunting | sunting sumber]

Kontributor terkemuka Jacobin termasuk Bob Herbert, Yanis Varoufakis, Hilary Wainwright, Kareem Abdul-Jabbar, dan Jeremy Corbyn.

Ideologi[sunting | sunting sumber]

Majalah ini telah digambarkan oleh sebagian pihak sebagai sosialis demokratik, sosialis, dan Marxis.[10][11] Menurut artikel yang diterbitkan Nieman Journalism Lab, Jacobin adalah jurnal "pemikiran sosialis demokratik."[12] Max Strasser, menulis dalam New Statesman, menyatakan bahwa jurnal ini mengklaim "mengambil mantel pemikiran Marxis dari Ralph Miliband dan aliran serupa dari sosialisme demokratik."[13]

The New York Times mengeluarkan profil Bhaskar Sunkara, pendiri redaktur dan penerbit Jacobin pada Januari 2013, memberitakan keberhasilan tidak terduga publikasi dan keterlibatannya dengan arus utama liberalisme.[14] Pada 2013, artikel untuk Tablet Magazine, yang ditulis Michelle Goldberg, membahas Jacobin sebagai bagian dari kebangkitan kembali minat dalam Marxisme di antara intelektual muda.[15] Jake Blumgart, yang berkontribusi kepada majalah pada tahun-tahun awalnya, menyatakan bahwa majalah ini "menemukan pembaca dengan mencampur analisis berdasarkan data dan komentar Marxis dengan gaya yang sopan dan dapat diakses."[10]

Noam Chomsky menyebut majalah itu "cahaya terang dalam era kegelapan."[16]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "This is what you need to know". Bookforum. September 28, 2010. 
  2. ^ Blumgart, Jake (December 18, 2012). "The Next Left: An Interview with Bhaskar Sunkara". Boston Review. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-03-03. Diakses tanggal 2016-09-27. 
  3. ^ "No Short-Cuts: Interview with the Jacobin". Idiom magazine. March 16, 2011. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-07-11. Diakses tanggal 2016-09-27. 
  4. ^ Verso. "Jacobin Books series". 
  5. ^ Bhaskar Sunkara. "Class Action: An Activist Teacher's Handbook". Jacobin. 
  6. ^ Jacobin. "Jacobin Reading Groups Listing". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-11-23. Diakses tanggal 2016-09-27. 
  7. ^ "Jacobin Magazine: entretien avec Bhaskar Sunkara". revueperiode.net (French). October 19, 2015. 
  8. ^ Forbes, Remeike (Spring 2012). "The Black Jacobin. Our visual identity". Jacobin. 
  9. ^ "Jacobin Magazine: entretien avec Bhaskar Sunkara". revueperiode.net (French). October 19, 2015. 
  10. ^ a b Blumgart, Jake (6 February 2016). "Jawnts: Giving socialism a good name". Philly.com. Philadelphia Media Network. 
  11. ^ Matthews, Dylan (21 March 2016). "Inside Jacobin: how a socialist magazine is winning the left's war of ideas". Vox. 
  12. ^ O'Donovan, Caroline (16 September 2014). "Jacobin: A Marxist rag run on a lot of petty-bourgeois hustle". Nieman Journalism Lab. 
  13. ^ Strasser, Max (9 November 2013). "Who are the new socialist wunderkinds of America?". New Statesman. 
  14. ^ Schuessler, Jennifer (January 1, 2013). "A Young Publisher Takes Marx Into the Mainstream". The New York Times. 
  15. ^ Michelle Goldberg. "A Generation of Intellectuals Shaped by 2008 Crash Rescues Marx From History's Dustbin". Tablet. 
  16. ^ Srinivasan, Meera (5 April 2016). "The voice of the American Left". The Hindu. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]