Jackie (film 2016)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jackie
Poster film Jackie
SutradaraPablo Larraín
ProduserDarren Aronofsky
Scott Franklin
Juan de Dios Larraín
Mickey Liddell
Ditulis olehNoah Oppenheim
PemeranNatalie Portman
Greta Gerwig
Peter Sarsgaard
Max Casella
Beth Grant
Billy Crudup
Richard E. Grant
John Hurt
Penata musikMica Levi
SinematograferStéphane Fontaine
PenyuntingSebastián Sepúlveda
Perusahaan
produksi
Bliss Media
Fabula
Protozoa Pictures
LD Entertainment
Wild Bunch
Why Not Productions
DistributorSearchlight Pictures
Tanggal rilis
Durasi100 menit[1]
NegaraAmerika Serikat
Chili
Prancis
BahasaBahasa Inggris
Anggaran$9 juta[2]
Pendapatan
kotor
$29.345.883[3]

Jackie adalah film biografi drama sejarah Amerika Serikat tahun 2016 yang disutradarai oleh Pablo Larraín dan diproduseri oleh Darren Aronofsky, Scott Franklin, Juan de Dios Larraín dan Mickey Liddell. Naskah film ini ditulis oleh Noah Oppenheim berdasarkan kisah nyata Jacqueline Kennedy Onassis, istri dari Presiden Amerika Serikat John F. Kennedy. Film ini dibintangi oleh Natalie Portman, Greta Gerwig, Peter Sarsgaard, Max Casella, Beth Grant, Billy Crudup, Richard E. Grant dan John Hurt.

Film Jackie ditayangkan secara perdana di Festival Film Venesia pada tanggal 7 September 2016[4][5] dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 2 Desember 2016.[6][7][8] Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Seminggu setelah insiden Pembunuhan John F. Kennedy (Caspar Phillipson), seorang jurnalis (Billy Crudup) mengunjungi sang istri, Jacqueline "Jackie" Kennedy (Natalie Portman), untuk wawancara di rumahnya di Hyannis Port, Massachusetts, mengenai warisan suaminya. Setelah Jackie merenungkan acara tur televisinya di Gedung Putih tahun 1961, sang jurnalis beralih ke pertanyaan tentang pembunuhan John F. Kennedy dan dampaknya bagi Jackie dan keluarganya. Ia kemudian berbicara tentang peristiwa sesaat sebelum pembunuhan, sebelum menjelaskan reaksi keterkejutan dan ketakutannya. Semua anggota Gedung Putih yang dekat dengan Presiden Lyndon B. Johnson (John Carroll Lynch) yang baru saja dilantik dan istrinya, Lady Bird Johnson (Beth Grant), terlihat menenangkan Jackie setelah insiden tersebut di Air Force One. Robert F. Kennedy (Peter Sarsgaard) segera muncul dan berbagi kesedihannya, mengawalnya kembali ke Washington. Jackie mengungkapkan keprihatinannya yang mendalam terhadap kesejahteraan anak-anaknya dalam menyesuaikan diri dari kehilangan ayah mereka.

Robert terus mendukung Jackie ketika ia berurusan dengan kesedihannya sendiri dan membantunya dalam merencanakan pemakaman dan menjaga keluarga. Jackie terlihat kesulitan tidur dan menjadi ketergantungan dengan obat-obatan dan alkohol. Jackie juga terlihat mencari nasihat spiritual dari seorang pastur (John Hurt). Robert, bersama dengan Presiden Lyndon Johnson, Lady Bird dan semua anggota Gedung Putih, menyaksikan pembunuhan Lee Harvey Oswald oleh pemilik klub malam Jack Ruby yang disiarkan langsung di televisi, kemudian Oswald yang tidak kunjung sadar dibawa dengan ambulans ke Rumah Sakit Parkland Memorial, akhirnya Oswald meninggal dunia sampai istri Oswald (Marina Oswald Porter), ibunda Oswald (Marguerite Frances Claverie), saudara Oswald (Robert Oswald) dan putri Oswald (June Lee Oswald dan Audrey Marina Rachel Oswald) menangis karena Lee Oswald telah meninggal dunia dan saat proses pemakaman Oswald yang wartawan menjadi pengusung jenazah Oswald di Pemakaman Rose Hill, Fort Worth, Texas. Robert menegaskan kepada semua orang bahwa Jackie tidak diberitahu tentang hal ini oleh siapapun kecuali dirinya sendiri, lalu ia akan memberitahu Jackie ketika ia merasa waktunya tepat. Akan tetapi, Jackie segera mengetahuinya dan mengutuk Robert karena menahan Jackie. Setelah ulang tahun John F. Kennedy, Jr. (Brody dan Aiden Weinberg) yang ketiga, Robert menyuarakan ketakutannya kepada Jackie bahwa waktu singkatnya sebagai presiden tidak akan dicatat oleh generasi mendatang.

Setelah pemakaman kenegaraan John F. Kennedy, Jackie memberitahu sang pastur bahwa ia bermaksud bunuh diri setelah pembunuhan itu. Ia kemudian mengakui bahwa ia ingat dengan jelas apa yang terjadi selama pembunuhan itu, lalu ia merasa sakit dan bersalah yang tak tertahankan bahwa ia tidak dapat bertindak dengan cara apapun untuk melindungi suaminya. Ketika wawancara berakhir, Jackie menjelaskan kepada jurnalis itu bahwa ia memiliki hak untuk mengontrol bagian mana dari wawancara itu yang akan ditahan dan diterbitkan. Film ini berakhir dengan Jackie melihat peti mati bayinya yang mati keguguran yang dimakamkan di sebelah makam John F. Kennedy.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Tanggapan Kritikus[sunting | sunting sumber]

Film Jackie mendapatkan review positif dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 87%, berdasarkan 321 ulasan, dengan rating rata-rata 7,9/10.[10] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 81 dari 100, berdasarkan 52 kritik, menunjukkan "pengakuan universal".[11]

Box Office[sunting | sunting sumber]

Film Jackie mendapatkan $13.960.394 di Amerika Utara dan $15.385.489 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $29.345.883, melebihi anggaran produksi film $9 juta.[3]

Pada pembukaan akhir pekan, film ini mendapatkan $278.715, menempati posisi ke-22 di box office.[12]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Venezia 73". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-11-01. Diakses tanggal August 11, 2016. 
  2. ^ Thompson, Anne (September 12, 2016). "How TIFF 2016 Rocked The Oscar Race: Why 'Moonlight' Glows, 'Birth' Struggles, and More Revelations". Indiewire.com. Diakses tanggal September 12, 2016. 
  3. ^ a b "Jackie (2016)". The Numbers. Diakses tanggal April 1, 2017. 
  4. ^ Ritman, Alex (July 28, 2016). "Venice Film Festival Unveils Lineup for 73rd Edition". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal July 28, 2016. 
  5. ^ "Jackie". 2016 Venice Film Festival. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-10-21. Diakses tanggal September 7, 2016. 
  6. ^ Setoodeh, Ramin. "Fox Searchlight Buys 'Jackie,' As Natalie Portman Enters the Oscars Race". Variety. Diakses tanggal 13 September 2016. 
  7. ^ Fleming Jr, Mike (September 13, 2016). "Fox Searchlight Buys Natalie Portman-Starrer 'Jackie' In Toronto; Sets Dec. 9 Release". Deadline.com. Diakses tanggal September 13, 2016. 
  8. ^ "New Dates & Changes". Box Office Mojo. Diakses tanggal September 25, 2016. 
  9. ^ Wilkinson, Alissa. ""Politicians have always tried to sell a fairy tale": Jackie's screenwriter on the power of a well-crafted image". Vox. Diakses tanggal 23 March 2017. 
  10. ^ "Jackie (2016)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal October 10, 2016. 
  11. ^ "Jackie reviews". Metacritic. Diakses tanggal October 10, 2016. 
  12. ^ "Jackie (2016)". Box Office Mojo. Diakses tanggal April 1, 2017. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]