Jack (babun)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Jack (mati 1890) adalah babun chacma yang dikenal sebagai asisten petugas sinyal kereta api di Afrika Selatan.[1]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

James Wide bersama Jack

Jack adalah peliharaan sekaligus asisten James Wide, petugas sinyal yang bekerja di Cape Town–Port Elizabeth Railway. James "Jumper" Wide diketahui sering melompati gerbong hingga suatu ketika ia jatuh dan kehilangan kedua kakinya.[2] Untuk membantu menjalankan tugasnya, Wide membeli babun bernama Jack dan melatihnya mendorong kursi roda dan mengoperasikan sinyal kereta api di bawah pengawasan Wide.

Perusahaan operator kereta api melakukan penyelidikan resmi setelah sejumlah penumpang mengaku melihat babun mengganti sinyal kereta di Uitenhage dekat Port Elizabeth.[3]

Perusahaan awalnya ragu-ragu, lalu memutuskan untuk mempekerjakan Jack secara resmi setelah mengakui keterampilannya. Jack diupah dua puluh sen per hari dan setengah botol bir per minggu. Kabarnya Jack tidak pernah membuat kesalahan sepanjang pengabdiannya.[4]

Setelah sembilan tahun bekerja, Jack mati akibat tuberkulosis pada tahun 1890.[3] Tengkorak Jack kini dipamerkan di Albany Museum di Grahamstown.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Conway Morris 2003, hlm. 242.
  2. ^ Williams, Michael (2 August 2012). "Stranger Than Fiction: Jack the Signalman". Knoxville Daily Sun. Diakses tanggal 2014-10-27. 
  3. ^ a b Cheney & Seyfarth 2008, hlm. 31.
  4. ^ Wallechinsky 1975, hlm. 697.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]