Ja (Kiril)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Ja (Sirilik))
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Huruf Kiril Ya
Cyrillic letter Ya - uppercase and lowercase.svg
Penggunaan Fonetis:[ja]
Alfabet Kiril
Huruf Bahasa Slavia
АБВГҐДЂ
ЃЕÈЁЄЖЗ
З́ЅИЍЙІЇ
ЈКЛЉМНЊ
ОŌÒПРСС́
ТЋЌУӮЎФ
ХЦЧЏШЩЪ
ЫЬЭЮЯ
Huruf non-Slavia
А́А̀ӐА̄А̊А̃Ӓ
Ӓ̄ӔӘӘ́Ә̃ӚВ̌
ҒГ̑Г̣Г̌ҔӺҒ̌
ӶД̣Д̆ӖЕ̄Е̃Ё̄
Є̈ӁҖӜҘӞЗ̌
З̱З̣ԐԐ̈ӠӢИ̃
ҊӤИ́ҚӃҠҞ
ҜК̣ԚӅԮԒӍ
ӉҢԨӇҤО́О̀
О̆О̂О̃ӦӦ̄ӨӨ̄
Ө́Ө̆ӪҨԤР̌Ҏ
ҪС̣С̱Т̌Т̣ҬУ̃
ӰӰ́ӲҮҮ́ҰХ̣
Х̱Х̮Х̑ҲӼӾҺ
Һ̈ԦҴҶӴӋҸ
ҼҾЫ̆Ы̄ӸҌЭ̆
Э̄Э̇ӬӬ́Ӭ̄Ю̆Ю̈
Ю̈́Ю̄Я̆Я̄Я̈ԜӀ
Huruf Archaic
ҀѺ
ОУѠѼѾ
ѢѤѦ
ѪѨѬѮ
ѰѲѴѶԘ
ԀԔԖԠԢ
Ҧ
ԂԄԈԊԌ
ԎԆԞ
ԘԪԬГ̧Г̄

Ya atau Ja (Я я; italik: Я я) adalah sebuah huruf dalam Alfabet Kiril. Varian lama dari huruf ini adalah Yus (Ѧ ѧ) yang merupakan bagian Huruf Kiril lama. Diantara bahasa-bahasa dalam rumpun Bahasa Slavia modern, Я digunakan dalam bahasa Slavia timur dan bahasa Bulgaria. Huruf ini juga digunakan di huruf Kiril yang digunakan oleh bahasa Mongolia dan banyak bahasa lainnya dalam rumpun Uralik, bahasa Kaukasus, dan rumpun bahasa Turki yang menjadi bagian dari Uni soviet.

Pengucapan[sunting | sunting sumber]

Huruf ini merupakan vokal yang teriosasikan dan pada umumnya bersuara seperti /ja/ sebagai initial atau suara pasca-vokal, seperti contohnya dalam bahasa Indonesia, ya terdapat di ialah.

Disaat я mengikuti Palatalisasi atau konsonan lembut, tidak ada suara /j/ yang terjadi diantara vokal dan konsonan

Pelafalan akurat suara vokal dari я juga tergantung dari allofoni dalam bahasa-bahasa dari rumpun Slavia. Sebelum dikategorikan sebagai vokal lembut yaitu Vokal takbulat hampir terbuka depan [æ] – seperti "teh". Jika я diikuti oleh vokal keras, atau tidak sama sekali, maka huruf tersebut dilafalkan sebagai vokal terbuka /a/. Posisi tidak tertekan dari reduksi vokal tergantung dari bahasa dan dialek. Dalam reduksi vokal standar dari bahasa Rusia, vokal ini dilambangkan dengan /ɪ/, tapi dalam dialek yakanye я tidak direduksi sama sekali. Dalam bahasa Bulgaria, suara vokal ini direduksi menjadi /ɐ/ didalam silabel tak tertekan, dan dilafalkan sebagai /ɤ̞/ didalam kata kerja.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Huruf ѧ, atau yang dikenal sebagai Jus (Yus) kecil (bahasa Bulgaria: малък юс, bahasa Rusia: юс малый) pada awalnya didefinisikan sebagai vokal sengau depan front nasal vowel, yang secara konvensional dilambangkan dengan ę. Sejarah dari huruf ini bervariasi, tergantung dengan perkembangan suara di daerah berbeda dimana sistem penulisan kiril digunakan.

Yus kecil dari huruf Kiril lama

Di Serbia, [ę] berubah menjadi [e] pada periode awal dan huruf ѧ tidak lagi digunakan, digantikan oleh e. Namun, di Bulgaria situasinya diperumit oleh fakta bahwa dialek berbeda dan bahwa ada sistem ortografis yang berbeda digunakan, tetapi secara umum [ę] menjadi [e] di sebagian besar posisi, tetapi dalam beberapa keadaan bergabung dengan [ǫ], terutama dalam akhiran infleksional, misalnya akhiran orang ketiga jamak dari present tense dari kata kerja tertentu seperti правѧтъ (Bulgaria Modern авят). Huruf itu terus digunakan, tetapi distribusinya, khususnya yang berkaitan dengan yus yang lain, banyak diatur oleh konvensi ortografis maupun oleh nilai fonetik atau etimologi.

Di antara bahasa-bahasa dalam rumpun Slavia Timur, [ę] mengalami denalisasi, dan kemungkinan menjadi [æ], yang membuat konsonan sebelumnya dilembutkan. Namun, sistem penulisan Kiril sudah memiliki karakter dengan fungsi ini, yaitu , sehingga untuk Slavia timur kedua karakter ini selanjutnya setara. Alfabet dalam tata bahasa Meletij Smotrickij tahun 1619 dengan demikian mencantumkan ꙗ и҆лѝ ѧ" ("ꙗ ili ѧ", "ꙗ atau ѧ");[1],dia menjelaskan bahwa digunakan pada awalnya dan ѧ digunakan juga di tempat lain. (Bahkan ia juga membedakan bentuk feminin dari jamak akusatif dari kata ganti orang ketiga ѧ҆̀ dari maskulin dan netral ꙗ҆̀.) Ini mencerminkan praktik juru tulis sebelumnya dan selanjutnya dikodifikasi oleh pencetak tulisan di Moskow pada abad ketujuh belas

Pada tulisan Rusia kursif (skoropis), huruf tersebut memperoleh bentuk modernnya: kaki kiri ѧ semakin pendek, akhirnya menghilang sama sekali, sementara kaki kaki tengah bergeser ke kiri, menghasilkan bentuk я.

Sebuah halaman tentang bentuk dari huruf [ja] (baris pertama) dengan pilihan Tsar Peter mengenai Я dan bukan Ѧ atau

Dalam contoh-contoh naskah sipil yang dibuat untuk Peter I, bentuk-bentuk dikelompokkan bersama, Peter menghapus dua yang pertama, dan hanya menyisakan dalam alfabet modern, dan penggunaannya dalam bahasa Rusia tetap sama hingga saat ini. Itu juga diadopsi untuk ortografi standar bahasa Ukraina dan bahasa Belarusia modern. Di Bulgaria pada abad kesembilan belas, baik aksara Kiril Lama maupun sipil digunakan untuk percetakan, dan ada berbagai upaya untuk membakukan ortografi, dan satu proyek pada tahun 1893 mengusulkan penghapusan huruf я sama sekali.[2] Pada awal abad kedua puluh, di bawah pengaruh Rusia yang mulai menggunakan /ja/ (yang bukan merupakan refleksi dari dalam bahasa Bulgaria), tetap digunakan untuk /jɐ/ tetapi tidak lagi digunakan untuk tujuan lain.

Penggunaan transkripsi[sunting | sunting sumber]

Dalam bahasa Rusia, huruf tersebut tidak banyak digunakan dalam transkripsi ortografis dari kata-kata asing. Pengecualian penting adalah penggunaan [ля] lʲa untuk menyalin /la/, sebagian besar dari bahasa Roman, Jerman, dan Arab. Ini membuat л untuk mencocokkan [l] lebih baik daripada pengucapan l di [ла]. Я juga digunakan untuk menuliskan [ea] dalam bahasa Rumania, diucapkan sebagai [e̯a].

Meskipun {[æ] adalah pengucapan khas dari я dalam bahasa Rusia, huruf tersebut hampir tidak pernah digunakan untuk menuliskan bunyi tersebut, tidak seperti Penggunaan Ю untuk memperkirakan vokal bulat depan dan tengah. Meskipun demikian, я digunakan untuk bahasa Estonia dan Finlandia sebagai [ä] – misalnya, Pärnu ditulis Пярну dalam bahasa Rusia, meskipun pengucapan bahasa Rusia tidak sesuai dengan semestinya.

Huruf yang berkaitan dan mirip[sunting | sunting sumber]

Pengkodean karakter[sunting | sunting sumber]

Karakter Я я
Unicode HURUF KIRIL KAPITAL YA HURUF KIRIL NON-KAPITAL YA
Pengkodean decimal hex decimal hex
Unicode 1071 U+042F 1103 U+044F
UTF-8 208 175 D0 AF 209 143 D1 8F
Nomor referensi karakter Я Я я я
KOI8-R dan KOI8-U 241 F1 209 D1
Code page 855 224 E0 222 DE
Code page 866 159 9F 239 EF
Windows-1251 223 DF 255 FF
ISO-8859-5 207 CF 239 EF
Macintosh Cyrillic 159 9F 223 DF

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  • Definisi kamus Я di Wiktionary
  • Definisi kamus я di Wiktionary


  1. ^ Грамматіки Славе́нскиѧ пра́вилное Сѵ́нтаґма, Jevje, 1619, sign.Аг҃
  2. ^ Любомир Андрейчин, Из историята на нашето езиково строителство, София, 1977, pp.151–165