JOTA JOTI

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Jamboree On The Air-Jamboree On The Internet atau disingkat JOTA-JOTI (bahasa Indonesia: Jambore di Udara-Jambore di Internet) adalah kegiatan kepanduan digital terbesar di dunia yang dikelola oleh WOSM yang berlangsung secara daring dan melalui udara.[1] Kegiatan ini berbasis pendidikan yang menyatukan lebih dari 2,5 juta anggota pandu dari seluruh dunia setiap tahunnya pada minggu ke-3 bulan Oktober untuk akhir pekan kepanduan dan persahabatan. Kaum muda dapat belajar tentang teknologi komunikasi serta dapat terhubung dengan sesama anggota pandu dari lebih dari 170 negara. JOTA-JOTI memungkinkan pesertanya untuk mempelajari tentang Kepanduan dan nilai-nilai kewarganegaraan global. kegiatan ini terbuka untuk Pandu di seluruh dunia, memungkinkan anak muda untuk terhubung dan berkomunikasi satu sama lain menggunakan Internet dan radio amatir. JOTA-JOTI melibatkan pemuda dalam kegiatan pendidikan yang membangun kerja tim, pemahaman lintas budaya dan keterampilan untuk masa depan.[2]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Logo JOTA-JOTI tahun 2014

Jamboree On The Air[sunting | sunting sumber]

Kegiatan JOTA di prakarsai oleh seorang amatir radio berkebangsaan Inggris bernama Leslie R. Mitchell dengan callsign G3BHK dan pertama kali diselenggarakan dalam rangka 50 tahun Gerakan Kepanduan Dunia pada tahun 1957.

Jamboree On The Internet[sunting | sunting sumber]

JOTI dirintis pada tahun 1995 oleh pramuka penegak (Rovers) dari kota Queanbeyan, salah satu kota dibagian tenggara Australia dimana seorang penegak bernama Norvan Vogt yang saat itu tengah menjalani program pertukaran pelajar di Belanda, mencoba untuk berkomunikasi dengan kru rumah di Australia yang dikoordinasi oleh Brett Sheffield. Mereka berhasil menghubungkan Putten, Belanda dengan Queanbeyan, Australia dengan mendedikasikan sebuah server IRC. Pada bulan November 1996 Komite Pramuka Dunia, mencatat bahwa kepramukaan sudah memiliki kehadiran yang cukup besar di Internet, dan sudah ada sebuah Jambore informal pada kanal #scouting di server Undernet dan Efnet.

Komite Pramuka Dunia sempat menunjuk Efnet sebagai sever resmi kegiatan JOTI, namun berubah pada tahun 1997 dimana sebuah sever IRC bernama ScoutLink menjadi server IRC khusus pramuka pertama didunia, sehingga Komite Pramuka Dunia memutuskan bahwa JOTI harus menjadi acara resmi Pramuka internasional, dengan ScoutLink sebagai media utama JOTI yang diselenggarakan pada akhir pekan sama dengan Jambore di udara (JOTA).

Kegiatan JOTA[sunting | sunting sumber]

Secara teknis, kegiatan JOTA mempergunakan perangkat radio amatir. (baik dengan mode CW, maupun mode SSB) Gelombang radio yang dipergunakan biasanya menggunakan band 40 meter atau band 80 meter.

Semua operator amatir radio dari seluruh dunia berpartisipasi dengan lebih dari 500.000 Pramuka untuk mengajarkan mereka tentang radio dan membantu mereka untuk menghubungi Pramuka-Pramuka lain dengan menggunakan perangkat radio amatir dan sejak tahun 2004, menggunakan Basis Echolink-VoIP.[3] Para Pramuka juga didorong untuk mengirim konfirmasi komunikasi (baik dalam bentuk elektronik maupun kertas) yang dikenal sebagai kartu QSL. (QSL Card atau eQSL Card apabila dikirim secara elektronik) Ini merupakan pembelajaran bagi para Pramuka untuk mengenal dan bertukar pengalaman dengan Pramuka-Pramuka dari berbagai penjuru dunia.

Kegiatan JOTI[sunting | sunting sumber]

Kegiatan JOTI adalah kegiatan komunikasi dengan Pramuka-Pramuka dari seluruh penjuru dunia dengan menggunakan internet sebagai media utamanya. Umumnya kegiatan JOTI menggunakan kanal IRC milik ScoutLink sehingga memerlukan aplikasi client IRC misalnya mIRC dan XChat pada komputer serta AndroIRC dan IRCCloud untuk perangkat ponsel pintar. Selain itu peserta juga dapat mengakses layanan webchat milik ScoutLink tanpa perlu meninstall aplikasi client lainnya.

Selain kanal IRC, peserta kegiatan juga bisa melakukan kegiatan JOTI melalui media lainnya seperti Joti.Tv serta Skype untuk melakukan percakapan visual/video, layanan TeamSpeak ScoutLink untuk melakukan percakapan suara, hingga permainan Minecraft pada server minecraft.scoutlink.net

Referensi[sunting | sunting sumber]