J. (Jhon) Langdon Down

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

J. Langdon Down (1828-1896) adalah seorang dokter dan ahli kesehatan berasal dari Inggris, yang pada tahun 1886 untuk pertama kalinya memperkenalkan suatu kondisi (yang diderita oleh pasien) yang pada saat itu dikenal sebagai kondisi mongolism dan kemudian dewasa ini lebih dikenal dengan istilah "Down Sydrome". meskipun sebelumnya telah ada yang mendeskripsikan dengan kategori dan klasifikasi yang hampir sama terkait kondisi pasien tersebut dalam literatus medis, namun Down-lah yang dinyatakan untuk pertama kalinya telah mengenali kondisi dan gejala serta tanda klinis dari sidrom ini.[1]

Dalam upaya pencegahan/penghindaran keterbelakang mental, Down telah banyak menghabiskan waktu, pikiran dan tenaganya. Ia antusias dalam mempropagandakan tentang kesehatan keluarga dan penanganannya bayi (janin) dalam masa prakelahiran. serta tretman untuk bayi setelah pascakelahiran. Ia banyak sekali menginisiasi kegiatan pendidikan bagi orang yang mengalami keterbelakangan mental serta mengedentifikasi pentingnya pemberian latihan sejak dini.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ MIF, Baihaqi; Cecil, R. Reynolds; Lester, Mann (2014). Ensiklopedi Tokoh Pendidikan Luar Biasa. Bandung: Nuansa Cendekia. hlm. 148. ISBN 9786028395755.