J.W. Kainama

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
J.W. Kainama
Informasi pribadi
Lahir21 Desember 1944 (umur 79)
Kaimana, Papua Barat
Alma materAkademi Angkatan Laut (1968)
PekerjaanPurnawirawan TNI
Karier militer
Pihak Indonesia
Dinas/cabang TNI Angkatan Laut
Masa dinas1968—1997
Pangkat Kolonel
NRP5830/P
SatuanKorps Marinir
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Bantuan penggunaan templat ini

Kolonel Mar (Purn.) Jacobus Wilson Kainama (lahir 21 Desember 1944) adalah seorang Purnawirawan TNI-AL dan salah satu putra terbaik TNI AL. Saat ini nama beliau diabadikan menjadi nama Lapangan Tembak Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut V, yang berlokasi di lahan TNI AL Pesapen, Jl. Kalianak Timur, Morokrembangan, Surabaya.[1][2] yang diresmikan oleh Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Ade Supandi.

J.W. Kainama, merupakan lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) angkatan ke-14 (1964-1968) dan berasal dari Korps Marinir dengan pangkat terakhir Kolonel Marinir (Nrp. 5830/P).

Prestasi[sunting | sunting sumber]

Berbagai prestasi yang dimiliki J. W. Kainama antara lain, juara 1 menembak pistol perorangan Garnizun ibu kota Jakarta 1979. Juara IV kejuaraan terbuka menembak center fire pistol 1979 Jakarta. Juara 1 menembak perorangan pistol 1981 Surabaya, Juara 1 menembak pistol beregu 1981 Surabaya. Juara II menembak Brawijaya se-jawa (beregu) 1988 Semarang, Juara 1 menembak Nasional antar klub di Malang, Juara 1 menembak Perbadad 1989 Air Pistol putra, Juara 1 menembak Bahari Cup II 1991 Surabaya, Juara 1 menembak Bahari Cup II Center Fire Pistol 1991 Surabaya. Sedangkan prestasi Internasional, beliau didaulat sebagai juri pada “the 18th Southest Asia Shooting Championships 1993 Taipeh dan juri Asian Games di Thailand 1995.

Lapangan Tembak[sunting | sunting sumber]

Saat ini nama beliau diabadikan menjadi nama Lapangan Tembak milik Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut V, Lapangan tembak ini lanjutnya, merupakan fasilitas pertama yang telah dibangun di atas lahan milik TNI AL Pesapen ini. Fasilitas militer lainnya akan segera dibangun di lahan seluas 24,6 hektare di kawasan Jalan Kalianak Timur, Surabaya. Lapangan tembak ini memiliki panjang 150 m dengan lebar 50 m, di dalam gedung mempunyai beberapa fasilitas antara lain: lobby, lounge VIP, ruang kelas I dan II, kantor, 6 unit toilet, musholla, gudang, pantry, tribun menembak dan lorong tinjau. Keberadaan fasilitas lapangan tembak ini sangat bernilai strategis, dalam upaya mendukung tugas pokok dan fungsi TNI AL dalam meningkatkan profesionalisme prajurit satuan-satuan kerja TNI AL diwilayah Surabaya.[3]

Selain Lapangan Tembak, Balai Prajurit dan Mess prajurit masih dalam tahap pembangunan. Nantinya di lahan tersebut akan pula dilengkapi fasilitas lainnya seperti Gudang Amunisi, Marsaling Area, Stasiun Pengisian Bahan Bakar Tentara (SPBT), Pool Dinas Angkutan, Lapangan Parkir, masjid, fasilitas lapangan olahraga, Sekolah Dasar, TK/PAUD, Flat untuk prajurit, Gudang Dopus, Gardu Listrik, Gudang Perlengkapan Prajurit, Rumah Genset, Gudang Logca dan Kantor Fasilitas dan Perbekalan lainnya.

Referensi[sunting | sunting sumber]