J-600T Yıldırım

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

J-600T Yildirim (Thunderbolt) adalahg sistem rudal balistik medan peran konvensional yang menyediakan mobilitas tinggi, dirancang untuk menyerang sasaran bernilai tinggi seperti instalasi pertahanan udara musuh, pusat C3I, logistik dan fasilitas infrastruktur serta menyediakan dukungan tembakan untuk artileri untuk memperluas area efek.

Kerja sama Turki dengan China untuk pengembangan bersama rudal balistik dimulai pada akhir 1970-an dan awal 1980-an. Kisah Proyek J, serta Proyek Kasırga yang mendahuluinya, kembali ke paruh pertama tahun 1990-an, ketika negosiasi untuk transfer teknologi dan produksi di bawah lisensi sistem roket artileri M-270 MLRS Amerika gagal di Turki. Turki memutuskan untuk mencari alternatif lain, terutama berfokus pada kedaulatan penuh atas teknologi kritis untuk membangun infrastruktur nasional yang mandiri untuk desain dan pengembangan peluru kendali. Setelah menandatangani kontrak untuk produksi berlisensi roket WS-1A dan WS-1B Tiongkok dengan nama Kasırgapada tahun 1997, kontrak serupa ditandatangani dengan CPMIEC (Perusahaan Impor dan Ekspor Mesin Presisi China) untuk sistem B-611 SRBM China pada tahun 1998, yang mencakup produksi berlisensi dari baterai B-611 dengan lebih dari 200 rudal, menurut laporan biaya sebesar USD 300.000.000.

Desain J-600T didasarkan pada B-611 SRBM yang dikembangkan oleh CASIC (China Aerospace Science and Industry Corporation) sebagai sistem rudal taktis berbiaya rendah, dengan jangkauan hingga 250 km dalam versi yang ditingkatkan seperti B-611M, dan sebagai pengganti rudal M-11 (CSS-7 dan DF-11) di inventaris China.

ROKETSAN Turki telah ditugaskan dengan tugas meningkatkan jangkauan, kinerja dan desain J-600T, dan sedang melakukan studi tentang alternatif seperti desain kotak peluncur pod tertutup, propelan yang ditingkatkan, peningkatan GCU dan berbagai jenis konfigurasi hulu ledak.

Roketsan dilaporkan sedang mengerjakan versi perbaikan J-600T, yang detailnya sangat spekulatif untuk saat ini. Mengingat bahwa sistem ini pertama kali diungkapkan kepada publik lebih dari 7 tahun sejak diperkenalkan ke layanan, diharapkan informasi tentang versi yang ditingkatkan, jika ada, akan tetap dirahasiakan untuk beberapa waktu.

Sistem Yıldırım terdiri dari dua unit: J-600T SRBM dan kendaraan peluncur F-600T, yang didasarkan pada truk MAN 26.372 6x6, diproduksi di Turki.

Penerbangan rudal dikendalikan oleh INS (Inertial Navigation System) yang memberikan masukan perintah koreksi lintasan ke empat sayap yang bergerak di bagian nosel. Data lintasan dimuat ke Guidance & Control Unit (GCU) (FCS) rudal di atas kendaraan F-600T sebelum peluncuran. FCS di F-600T juga didukung oleh BAIKS (Batarya Atış İdare Kompüter Sistemi, eng: Battery Fire Control Computer System) dan TOMES (Topçu Meteoroloji Sistemi, eng: Artillery Meteorology System). Dilaporkan bahwa rudal tersebut juga dapat ditingkatkan dengan GPS/INS GCU.

Setiap baterai J-600T Yıldırım terdiri dari:

  • 1 x Kendaraan Baterai Perintah & Kontrol
  • 2 x Kendaraan Komando dan Kontrol Tim
  • 6 x Kendaraan Peluncur F-600T
  • 7 x F-600T Reload- Kendaraan Pasokan
  • 1 x Kendaraan Pemeliharaan

J-600T telah beroperasi dengan Angkatan Darat Turki sejak 2001, tetapi pertama kali diungkapkan kepada publik enam tahun kemudian, saat parade Hari Kemenangan (Zafer Bayramı) di Ankara, pada 30 Agustus 2007.

J-600T Yildirim, dikembangkan dan diproduksi oleh ROKETSAN, memiliki dua versi yang saat ini dalam persediaan dari Angkatan Bersenjata Turki :

  • J-600T Yıldırım I SRBM (jangkauan 150 km)
  • J-600T Yıldırım II SRBM (jangkauan 300 km)

Referensi[sunting | sunting sumber]