Izin Masuk Warga Tiongkok Daratan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Izin Keluar dan Masuk
Taiwan, Republik Tiongkok
中華民國臺灣地區入出境許可證
Versi terkini izin sekali masuk untuk penduduk Tiongkok Daratan.
Penerbit Republik Tiongkok (Kawasan bebas Republik Tiongkok)
Jenis dokumen
TujuanUntuk perjalanan ke/dari Kawasan bebas Republik Tiongkok
Syarat kepemilikan
Kedaluwarsa15 hari sampai 3 tahun
Izin Masuk Warga Tiongkok Daratan
Hanzi tradisional: 中華民國臺灣地區
許可證
Hanzi sederhana: 中华民国台湾地区
入出境许可证
Izin masuk ke Taiwan
(untuk Tiongkok Daratan, Hong Kong, dan Makau)
Hanzi tradisional:
Hanzi sederhana: 入台证

Izin Masuk Warga Tiongkok Daratan adalah dokumen bagi pembawa untuk masuk dan/atau meninggalkan Kawasan bebas Republik Tiongkok (Taiwan, Kinmen, Matsu, Penghu). Saat ini, ada beberapa jenis Izin keluar & masuk yang mencerminkan status tempat tinggal pembawa. Izin tersebut dikeluarkan oleh Badan Imigrasi Nasional Republik Tiongkok. Untuk tujuan yang berbeda, izin ini juga dikenal sebagai:

  • Izin Masuk Taiwan (Hanzi tradisional: 入臺證; Hanzi sederhana: 入台证; Pinyin: Rùtáizhèng; Pe̍h-ōe-jī: Ji̍p-tâi-chèng) adalah visa perjalanan de facto yang dikeluarkan kepada penduduk Republik Rakyat Tiongkok (RRT) (termasuk Tiongkok Daratan, Hong Kong, dan Makau ) untuk kunjungan jangka pendek ke Taiwan. Izin masuk tunggal adalah dokumen yang dicetak pada kertas berukuran A4 berwarna biru langit, sedangkan izin masuk ganda adalah buklet berukuran paspor berwarna biru langit. Terlepas dari namanya, izin tersebut harus digunakan bersama dengan dokumen perjalanan yang valid ketika memasuki Taiwan, karena izin itu sendiri bukan dokumen perjalanan. Penduduk permanen khusus Hong Kong dan Makau memenuhi syarat untuk mengajukan izin online atau setibanya di bandara-bandara Taiwan.
  • Izin Kinmen-Matsu (Hanzi: 金馬證; Pinyin: Jīnmǎzhèng; Pe̍h-ōe-jī: Kim-Má-chèng) adalah dokumen perjalanan yang diberikan kepada penduduk Kinmen, Matsu, dan Penghu untuk melakukan perjalanan ke Republik Rakyat Tiongkok melalui pelabuhan laut yang ditunjuk di tiga tempat. Pada 2017, desain baru kartu IC biometrik telah menggantikan buklet bersejarah ukuran paspor langit biru. Jenis izin ini adalah dokumen perjalanan yang sah dan pemegangnya dapat melewati kontrol perbatasan Taiwan tanpa paspor Republik Tiongkok. Namun, untuk memasuki Tiongkok Daratan, diperlukan Izin Masuk Warga Taiwan yang dikeluarkan oleh RRT.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sebelum penyerahan Hong Kong dan Makau ke Tiongkok, izin itu berupa buku kecil seperti paspor, dengan bendera Republik Tiongkok tercetak di sampulnya. Pemegang paspor RRT, paspor Republik Tiongkok, atau dokumen perjalanan apa pun yang tidak dikeluarkan oleh Hong Kong atau Makau tidak memenuhi syarat untuk izin tersebut.

Ketika Hong Kong berada di bawah kekuasaan Britania, pemegang paspor Wilayah Seberang Laut Britania Raya dan Paspor Nasional Dependensi Britania diminta untuk mengajukan izin untuk mengunjungi Taiwan, tetapi warga negara Britania Raya berhak mendapatkan akses bebas visa. Izin tersebut juga diperlukan untuk pemegang Certificate of Identity Hong Kong. Sebelum 1997, izin tersebut harus diterapkan di Layanan Perjalanan Chung Hwa di Hong Kong atau Kantor Ekonomi dan Budaya Taipei di Makau. Sejak serah terima kedaulatan ke Republik Rakyat Tiongkok, prosedur aplikasi telah mereda dari waktu ke waktu. Pada 2010, penduduk Hong Kong dan Makau dapat mengajukan permohonan Izin Masuk yang telah disederhanakan, yang tidak dikenakan biaya, dan dapat disetujui secara instan, atau mereka dapat menggunakan layanan izin saat kedatangan.[1]

Karena bepergian ke Taiwan, Kinmen, Matsu, dan Penghu untuk tujuan pariwisata belum disahkan hingga 2008 untuk penduduk Tiongkok Daratan, sangat sedikit izin yang dikeluarkan sebelumnya.[2] Sejak itu, pembatasan perjalanan untuk penduduk Tiongkok Daratan secara bertahap dicabut oleh pemerintah Republik Tiongkok, meskipun sistem kuota tetap berlaku.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ 移民署自2010年9月1日實施簡化港澳居民網路申辦作業程序. TECO New York (dalam bahasa Tionghoa). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-10-16. Diakses tanggal 3 July 2017. 
  2. ^ 陸客來臺自由行政策說明 (PDF). Mainland Affairs Council (dalam bahasa Tionghoa). Diakses tanggal 3 July 2017. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]