Item (permainan video)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Dalam permainan video, item (barang) adalah objek dalam permainan yang dapat dikumpulkan oleh pemain, serta juga bisa dikumpulkan oleh karakter non-pemain dalam beberapa permainan video. Terkadang, item juga disebut sebagai pick-ups (pungutan).

Item biasanya sering memberi manfaat bagi pemain yang menggunakannya. Namun di beberapa permainan, terdapat item yang dapat memberikan kerugian bagi pemain, seperti baju zirah terkutuk yang dapat memberi bonus negatif berupa kutukan kepada pemain yang memakainya, sehingga perlu semacam cara agar kutukan itu hilang; untuk melakukan hal ini, biasanya diperlukan usaha yang besar, seperti mengumpulkan barang yang khusus. Beberapa item juga sama sekali tidak begitu berharga bagi pemain, entah karena sangat mudah ditemukan ataupun tidak memiliki efek yang khusus. Item sangat lazim ditemukan dalam permainan peran, karena item biasanya diperlukan untuk menyelesaikan misi maupun melanjutkan cerita.

Terkadang, item tertentu mungkin unik dan hanya muncul sekali di lokasi tertentu, seringkali setelah menyelesaikan misi atau tugas tertentu. Item lain mungkin sering muncul dan tidak memberi bonus yang begitu besar, tetapi ketika sudah banyak terkumpul, akan memberikan bonus tertentu. Permainan sering kali membuat pemain harus melakukan cara yang berbeda dalam menggunakan item.

Mengumpulkan item[sunting | sunting sumber]

Di beberapa permainan video, seperti di seri Mario, item secara otomatis digunakan saat pemain menyentuhnya. Ada juga permainan video seperti Streets of Rage yang dapat membuat pemain bisa berjalan di atas item tanpa mengambilnya, sehingga pemain perlu menekan tombol tertentu untuk mengumpulkannya. Di beberapa permainan, terutama permainan peran, item dapat dikumpulkan baik secara otomatis maupun manual, tetapi tidak akan langsung digunakan sehingga dapat dibawa-bawa dan digunakan secara manual baik secara langsung jika diinginkan atau di lain waktu ketika pemain membutuhkannya.

Referensi[sunting | sunting sumber]