Itaewon Class

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Itaewon Class
Itaewon Class poster.jpg
Poster promosi
Hangul이태원 클라쓰
GenreDrama
Didasarkan dariItaewon Class
oleh Gwang Jin
PengembangKim Do-soo untuk Showbox
PengarangGwang Jin
SutradaraKim Sung-yoon
Pemeran
Negara asalKorea Selatan
Bahasa asliKorea
No. episode16
Produksi
Produser eksekutifJo Joon-hyung
Produser
  • Jung Soo-jin
  • Lee Sang-yoon
  • Han Suk-won
Durasi70 menit
Rumah produksi
  • Showbox
  • Zium Content[a]
  • Itaewon Class Production Partners
DistributorJTBC
Rilis
Jaringan penyiarJTBC
Format gambar1080i (HDTV)
Format audioDolby Digital
Tanggal tayang asli31 Januari (2020-1-31) –
21 Maret 2020 (2020-3-21)
Pranala luar
Situs web

Itaewon Class (Hangul이태원 클라쓰; RRItaewon Keullasseu) adalah seri televisi Korea Selatan tahun 2020 yang dibintangi oleh Park Seo-joon, Kim Da-mi, Yoo Jae-myung dan Kwon Nara. Seri ini berdasarkan webtoon dengan nama yang sama dan merupakan seri pertama yang diproduksi oleh perusahaan distribusi film Showbox. Drama ini ditayangkan di JTBC setiap Sabtu dan Minggu pukul 23:00 (WSK) mulai 31 Januari hingga 21 Maret 2020, dan disiarkan secara internasional melalui Netflix.[2]

Episode terakhir Itaewon Class meraih peringkat 16,548% dari pemirsa nasional dan menjadikannya drama berperingkat tertinggi kedua di JTBC dan drama berperingkat tertinggi keenam dalam sejarah televisi kabel Korea.[3][4]

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Itaewon Class menceritakan tetang mantan terpidana Park Sae-roy (Park Seo-joon) yang hidupnya telah terbalik setelah ia dikeluarkan dari sekolah karena meninju perundung, dan ayahnya terbunuh dalam suatu kecelakaan. Mengikuti langkah-langkah ayahnya, ia membuka restoran bar DanBam di Itaewon dan bersama dengan manajer dan stafnya, berusaha keras menuju kesuksesan dan mencapai tingkat yang lebih tinggi.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Utama[sunting | sunting sumber]

Pemilik DanBam, sebuah restoran bar di Itaewon. Di masa mudanya, Sae-roy dikeluarkan dari sekolah karena meninju putra CEO Jang bernama Geun-won, yang menindas teman sekelasnya, ia juga berduka ketika ayahnya tewas dalam kecelakaan yang disebabkan oleh Geun-won mengemudi dengan ugal-ugalan. Marah karena kehilangan ini, ia menyerang Geun-won yang membuatnya dipenjara selama tiga tahun. Tujuh tahun kemudian, Sae-roy dibebaskan dari penjara, ia mengikuti jejak ayahnya dengan membuka restoran bar DanBam di Itaewon dengan tujuan memperluasnya menjadi waralaba dan mengalahkan perusahaan makanan CEO Jang, Grup Jangga.
Manajer restoran bar Sae-roy, DanBam. Meskipun didiagnosis dengan kecenderungan sosiopat, Yi-seo adalah seorang gadis yang sangat berbakat dan cerdas dengan IQ 162. Dia pindah dari New York untuk melanjutkan studinya di Korea Selatan. Dia juga terkenal di media sosial sebagai blogger yang kuat dan influencer media sosial. Karena menyukai Sae-roy, dia menawarkan dirinya kepada Sae-roy sebagai manajer DanBam.
CEO perusahaan makanan Grup Jangga. Ia adalah pria mandiri yang berhasil mengubah perusahaan kecilnya menjadi perusahaan waralaba besar. Dalam pengalamannya selama bertahun-tahun memimpin Jangga, ia mengembangkan kepercayaan yang kuat pada kekuasaan dan otoritas sebagai sarana untuk mencapai tujuannya. Ia pertama kali terlibat dengan Sae-roy ketika terakhir kali berkelahi dengan putranya Geun-won di SMA.
Kepala tim perencanaan strategis di Grup Jangga; Mantan teman sekelas dan cinta pertama Sae-roy. Ditelantarkan oleh ibunya, Soo-ah tumbuh di panti asuhan dan menjadi dekat dengan ayah Sae-roy, Sung-yeol. Dia berkenalan dengan Sae-roy yang suka padanya, kemudian Soo-ah jatuh cinta padanya. Setelah kecelakaan mobil, dia menerima tawaran beasiswa dari Grup Jangga dan tidak lama kemudian menjadi karyawan di perusahaan. Meskipun bersemangat tentang pekerjaannya, dia terpecah antara kesetiaannya pada Jangga dan cintanya pada Sae-roy.

Pendukung[sunting | sunting sumber]

Staf DanBam[sunting | sunting sumber]

Putra kedua tidak sah CEO Jang; teman sekelas dan staf Yi-seo di DanBam. Geun-soo telah diintimidasi oleh kakaknya Geun-won dan dia tidak pernah merasa dicintai oleh ibunya dan CEO Jang. Setelah menginjak usia 17, ia meninggalkan keluarga Jang dan hidup sendiri sejak saat itu. Setelah membuat DanBam bermasalah dalam suatu insiden, ia memutuskan untuk bekerja untuk Sae-roy, yang ia anggap sebagai "orang dewasa sejati". Dia menyukai Yi-seo.
  • Ryu Kyung-soo sebagai Choi Seung-kwon
Anggota staf di DanBam. Seung-kwon adalah teman satu sel Sae-roy di penjara. Dia berpikir bahwa dia tidak dapat memperbaiki hidupnya di luar penjara, setelah dibebaskan, dia menjadi seorang gangster di bawah seorang pemimpin geng yang juga berbagi sel yang sama dengannya dan Sae-roy. Tujuh tahun kemudian, dia bertemu Sae-roy yang membuatnya terkejut karena sudah membuka bar di Itaewon. Dengan sangat menghormati Sae-roy dan caranya menjalani kehidupan yang lebih baik, dia menyerah menjadi seorang gangster dan mulai bekerja di DanBam.
Kepala koki DanBam. Hyun-yi pertama kali bertemu Sae-roy di sebuah pabrik di mana keduanya sebelumnya bekerja, bertahun-tahun sebelum dimulainya DanBam. Dia disewa sebagai koki DanBam ketika Sae-roy menyukai makanan yang pernah dia masak untuknya kala itu. Ia memiliki fisik sebagai pria, tetapi Hyun-yi adalah wanita transgender dan telah menabung uang untuk operasi penggantian kelaminnya.
  • Chris Lyon sebagai Kim To-ni
Pekerja paruh waktu Guinea-Korea di DanBam. Meskipun ia tidak dapat berbicara dan mengerti bahasa Inggris, To-ni fasih berbahasa Korea, karena ayahnya orang Korea dan pernah tinggal selama satu tahun di Korea Selatan, ia juga berbicara bahasa Prancis sebagai bahasa yang digunakannya di Guinea.

Grup Jangga[sunting | sunting sumber]

Putra pertama dan pewaris Grup Jangga CEO Jang. Geun-won adalah teman sekelas Sae-roy dan Soo-ah di SMA yang sering menindas teman sekelas mereka Ho-jin. Dia menyebabkan kecelakaan kendaraan yang menewaskan ayah Sae-roy, Sung-yeol.
Direktur eksekutif Grup Jangga.
  • Hong Seo-joon sebagai Tuan Kim[9]
Tangan kanan Jang Dae-hee. Dia sangat setia kepada bosnya.
  • Yoo Da-mi sebagai Kim Sun-ae[10]
Sekretaris Jang Dae-hee dan mata-mata Kang Min-jung.

Lainnya[sunting | sunting sumber]

Manajer investasi Sae-roy. Ho-jin adalah teman sekelas Sae-roy, Soo-ah dan Geun-won di SMA. Setelah bertahun-tahun mengalami penindasan terus-menerus dari Geun-won, ia masuk ke perguruan tinggi bergengsi dan mengambil jurusan administrasi bisnis. Dia bermitra dengan Sae-roy dalam membalas dendam terhadap Geun-won dan CEO Jang.
Ibu Yi-seo.
  • Yoon Kyung-ho sebagai Oh Byeong-heon[13]
Detektif yang bertanggung jawab atas kasus tabrak lari Geun-won yang dia tekan untuk ditutup-tutupi. Dia berhenti dari pekerjaannya setelah kasus ini dan sekarang menjadi salah satu pemasok Sae-roy.
  • Choi Yu-ri sebagai Oh Hye-won[14]
Putri Oh Byeong-heon.
  • Kim Mi-kyeong sebagai Kim Soon-rye[15]
Nenek Toni dari pihak ayahnya di Korea. Setelah kematian putranya, dia sangat menyesal tidak menyetujui pernikahan putranya dengan seorang wanita Guinea (ibu To-ni). Dia adalah rentenir yang menawarkan jasanya kepada Sae-roy ketika dia memindahkan barnya ke lokasi baru. Dia menjadi salah satu pelanggan tetap Sae-roy.
  • Won Hyun-joon sebagai Kim Hee-hoon[16]
Mantan teman satu sel Sae-roy.
  • Han Hye-ji sebagai Kook Bok-hee[17]
Mantan teman sekelas Yi-seo dan Geun-soo. Yi-seo mengekspos dia yang mengintimidasi siswa lain ketika mengunggah video online.

Penampilan khusus[sunting | sunting sumber]

Seorang siswa yang menyukai Sae-roy dan akhirnya mengakui cintanya tetapi ditolak.
Ayah Sae-roy dan mantan karyawan di Grup Jangga. Dia mendidik Sae-roy untuk berpegang teguh pada keyakinannya dan untuk memperjuangkan apa yang benar. Dia mengundurkan diri dari Jangga untuk membela tindakan Sae-roy untuk menghentikan penindasan Geun-won. Dia tewas dalam kecelakaan yang disebabkan oleh Geun-won.
  • Jwa Chae-won sebagai Choi Ga-young, murid di sekolah lama Sae-roy (Episode 1)
  • Hwang In-joon sebagai guru Sae-roy (Episode 1)
  • Kim So-young sebagai penyiar program radio (Episode 1)
  • Hong Seok-cheon sebagai dirinya sendiri (Episode 2, 4, 9, & 16)[20]
Kenalan Soo-ah. Dia bekerja di sebuah bar yang dikunjungi Sae-roy dua kali (tahun sebelum dan sesudah membuka DanBam). Mereka bertemu lagi setelah Sae-roy memindahkan lokasi barnya.
Teman lama Geun-soo yang pergi ke DanBam dengan Geun-soo dan Yi-seo di mana keduanya tertangkap karena minum di bawah umur.
  • Cha Chung-hwa sebagai istri Kepala Biro (Episode 3)[23]
Ibu dari seorang siswa penindas, Bok-hee, yang perilakunya diekspos online oleh Yi-seo.
Dia mencoba untuk menyerang Yi-seo, Bok-hee, dan teman lainnya ketika mereka bertemu berbulan-bulan setelah lulus SMA.
  • Jung Yoo-min sebagai teman kencan Geun-won (Episode 6)
Anak perempuan dari CEO perusahaan farmasi. Kencan butanya diatur oleh ayah Geun-won.
Kenalan Sae-roy. Dia melamar pekerjaan yang akhirnya ditawarkan kepada Kim To-ni. Yi-seo memutuskan untuk tidak mempekerjakannya karena dia cemburu dengan hubungan dekatnya dengan Sae-roy.
  • Kim Il-joong sebagai dirinya sendiri (Episode 11–12)
Pembawa acara program memasak The Best Pub.
CEO perusahaan investasi Jungmyung Holdings. Dia menawarkan Sae-roy untuk melakukan waralaba pada DanBam.
Seorang kontestan di The Best Pub. Dia mewakili Grup Jangga dan berada di posisi kedua saat final.
Setelah wawancara kerja, ia menjadi koki baru di restoran Soo-ah di mana Hong Seok-cheon berinvestasi.

Produksi[sunting | sunting sumber]

Seri ini disutradarai oleh Kim Sung-yoon (Love in the Moonlight).[26]

Pembacaan naskah pertama dilakukan pada bulan Agustus 2019 di Gedung JTBC, Sangam-dong, Seoul, South Korea.[27]

Lagu tema[sunting | sunting sumber]

Itaewon Class OST
Itaewon Class OST Album cover.jpg
Album soundtrack
Dirilis2020
GenreLagu tema
Bahasa
LabelVlending Co., Ltd.

Bagian 1[sunting | sunting sumber]

Tanggal rilis: 31 Januari 2020 (2020-1-31)[28]
No.JudulLirikMusikPenyanyiDurasi
1."Still Fighting It"Ben FoldsBen FoldsLee Chan-sol5:20
2."Still Fighting It" (Inst.) Ben Folds 5:20
Durasi total:10:40

Bagian 2[sunting | sunting sumber]

Tanggal rilis: 1 Februari 2020 (2020-2-1)[29]
No.JudulLirikMusikPenyanyiDurasi
1."Start Over" (시작)Seo Dong-sungPark Sung-ilGaho3:20
2."Start Over" (Inst.) Park Sung-il 3:20
Durasi total:6:40

Bagian 3[sunting | sunting sumber]

Tanggal rilis: 7 Februari 2020 (2020-2-7)[30]
No.JudulLirikMusikPenyanyiDurasi
1."Stone Block" (우리의 밤)
  • Gwang Jin
  • Lee Chi-hoon
Park Sung-ilHa Hyun-woo (Guckkasten)3:29
2."Stone Block" (Inst.) Park Sung-il 3:29
Durasi total:6:58

Bagian 4[sunting | sunting sumber]

Tanggal rilis: 8 Februari 2020 (2020-2-8)[31]
No.JudulLirikMusikPenyanyiDurasi
1."Our Souls at Night" (우리의)Lee Chi-hoonPark Sung-ilSondia4:44
2."Our Souls at Night" (Inst.) Park Sung-il 4:44
Durasi total:9:28

Bagian 5[sunting | sunting sumber]

Tanggal rilis: 14 Februari 2020 (2020-2-14)[32]
No.JudulLirikMusikPenyanyiDurasi
1."You Make Me Back"
  • Oh Hyun-joo
  • Kim Jin-hoon
Kim Jin-hoonWoosung (The Rose)3:15
2."You Make Me Back" (Inst.) Kim Jin-hoon 3:15
Durasi total:6:30

Bagian 6[sunting | sunting sumber]

Tanggal rilis: 15 Februari 2020 (2020-2-15)[33]
No.JudulLirikMusikPenyanyiDurasi
1."Someday, The Boy" (그때 그 아인)Seo Dong-sungPark Sung-ilKim Feel4:48
2."Someday, The Boy" (Inst.) Park Sung-il 4:48
Durasi total:9:36

Bagian 7[sunting | sunting sumber]

Tanggal rilis: 21 Februari 2020 (2020-2-21)[34]
No.JudulLirikMusikPenyanyiDurasi
1."Are We Just Friends?" (우린 친구뿐일까)Seo Dong-sungPark Sung-ilSondia3:48
2."Maybe" Park Sung-ilSondia3:48
3."Defence" 
  • Park Sung-il
  • Fraktal
 1:22
4."Are We Just Friends?" (Inst.) Park Sung-il 3:48
Durasi total:12:46

Bagian 8[sunting | sunting sumber]

Tanggal rilis: 22 Februari 2020 (2020-2-22)[35]
No.JudulLirikMusikPenyanyiDurasi
1."Say"
  • Seo Dong-sung
  • Lee Chi-hoon
  • Park Sung-il
  • Uncle Sam
Yoon Mi-rae4:20
2."Say" (Inst.) 
  • Park Sung-il
  • Uncle Sam
 4:20
Durasi total:8:40

Bagian 9[sunting | sunting sumber]

Tanggal rilis: 29 Februari 2020 (2020-2-29)[36]
No.JudulLirikMusikPenyanyiDurasi
1."With Us"Taibian
  • Taibian
  • Baaq
  • CHKmate
Verivery4:17
2."With Us" (Inst.) 
  • Taibian
  • Baaq
  • CHKmate
 4:17
Durasi total:8:34

Bagian 10[sunting | sunting sumber]

Tanggal rilis: 6 Maret 2020 (2020-3-6)[37]
No.JudulLirikMusikPenyanyiDurasi
1."No Break" (직진)Lee Chi-hoonPark Sung-ilThe Vane[b]2:53
2."No Break" (Inst.) Park Sung-il 2:53
Durasi total:5:46

Bagian 11[sunting | sunting sumber]

Tanggal rilis: 7 Maret 2020 (2020-3-7)[38]
No.JudulLirikMusikPenyanyiDurasi
1."No Words" (어떤 말도)Kwon Young-chanHong So-jinCrush4:31
2."No Words" (Inst.) Hong So-jin 4:31
Durasi total:9:02

Bagian 12[sunting | sunting sumber]

Tanggal rilis: 13 Maret 2020 (2020-3-13)[39]
No.JudulLirikMusikPenyanyiDurasi
1."Sweet Night"
  • Hiss noise
  • V (BTS)
  • ADORA
  • Melanie Joy Fontana
  • Michel “Lindgren” Schulz
V (BTS)3:34
2."Sweet Night" (Inst.) 
  • Hiss noise
  • V (BTS)
  • ADORA
  • Melanie Joy Fontana
  • Michel “Lindgren” Schulz
 3:34
Durasi total:7:08

Bagian 13[sunting | sunting sumber]

Tanggal rilis: 14 Maret 2020 (2020-3-14)[40]
No.JudulLirikMusikPenyanyiDurasi
1."Brand New Way"DamonPark Sung-ilDamon2:52
2."Brand New Way" (Inst.) Park Sung-il 2:52
Durasi total:5:44

Kinerja tangga lagu[sunting | sunting sumber]

Judul Tahun Posisi
puncak
Catatan Ref.
KOR
"Start Over" (시작) (Gaho) 2020 1 Bagian 2 [41]
"Diamond" (돌덩이) (Ha Hyun-woo (Guckkasten)) 4 Bagian 3 [42]
"Someday, the Boy" (그때 그 아인) (Kim Feel) 3 Bagian 6
"Say" (Yoon Mi-rae) 63 Bagian 8 [41]
"No Words" (어떤 말도) (Crush) 76 Bagian 11
"Sweet Night" (V) 14 Bagian 12

Peringkat[sunting | sunting sumber]

Pada tabel di bawah ini, angka berwarna biru menunjukkan peringkat terendah dan angka berwarna merah menunjukkan peringkat tertinggi.

Ep. Tanggal penyiaran Peringkat rata-rata
AGB Nielsen[43]
Nasional Seoul
1 31 Januari 2020 4,983% 5,283%
2 1 Februari 2020 5,330% 5,634%
3 7 Februari 2020 8,013% 8,253%
4 8 Februari 2020 9,382% 10,692%
5 14 Februari 2020 10,716% 11,986%
6 15 Februari 2020 11,608% 12,636%
7 21 Februari 2020 12,289% 13,215%
8 22 Februari 2020 12,562% 13,990%
9 28 Februari 2020 13,965% 14,903%
10 29 Februari 2020 14,760% 16,160%
11 6 Maret 2020 13,798% 15,496%
12 7 Maret 2020 13,398% 14,817%
13 13 Maret 2020 13,101% 14,344%
14 14 Maret 2020 14,197% 15,568%
15 20 Maret 2020 14,661% 16,012%
16 21 Maret 2020 16,548% 18,328%
Rata-rata 11,832% 12,957%
  • Drama ini ditayangkan di televisi kabel (kanal berbayar) di mana biasanya memiliki pemirsa yang relatif sedikit jika dibandingkan dengan siaran televisi publik (KBS, SBS, MBC, dan EBS).

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Diakuisisi oleh JTBC Studios pada tahun 2020[1]
  2. ^ Dinyanyikan oleh anggota Chae Bo-hoon.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "JTBC콘텐츠허브 사명 JTBC스튜디오로…글로벌 스튜디오 체제 확장". 뉴스핌 (dalam bahasa Korea). 2020-02-26. Diakses tanggal 2020-06-08. 
  2. ^ Yeon, Hwi-seon (18 Juli 2019). "박서준X김다미X유재명, JTBC '이태원 클라쓰' 출연 확정 [공식]". Osen (dalam bahasa Korea). Diakses tanggal 3 Oktober 2019. 
  3. ^ Park, Se-yeon (22 Maret 2020). "종영 `이태원 클라쓰` 16회 자체 최고 시청률로 `유종의 美`". MK (dalam bahasa Korea). Naver. Diakses tanggal 23 Maret 2020. 
  4. ^ Lee, Gyu-lee (22 Maret 2020). "'Itaewon Class' wraps up with a bang". The Korea Times. Diakses tanggal 23 Maret 2020. 
  5. ^ Kim, Joon-seok (18 Juli 2019). "박서준, JTBC '이태원 클라쓰' 출연 확정…안방극장 컴백[공식]". Sports Chosun (dalam bahasa Korea). Diakses tanggal 3 Oktober 2019. 
  6. ^ Kim, Na-gyeong (18 Juli 2019). "'이태원 클라쓰' 박서준X김다미X유재명, 클래스 다른 퍼펙트 라인업 완성". Hei Hankyung (dalam bahasa Korea). Diakses tanggal 3 Oktober 2019. 
  7. ^ Hwang, So-young (18 Juli 2019). "유재명, JTBC '이태원클라쓰' 주연확정…박서준과 대립각[공식]". JoongAng Ilbo (dalam bahasa Korea). Diakses tanggal 3 Oktober 2019. 
  8. ^ Shim, Eon-gyeong (25 Juni 2019). "권나라 측 "'이태원 클라쓰' 출연, 제안 받고 검토 중"[공식입장]". Osen (dalam bahasa Korea). Naver. Diakses tanggal 3 Oktober 2019. 
  9. ^ Oh, Ji-eun (6 Februari 2020). "홍서준, 탄엔터와 전속계약... '검사내전'-'이태원 클라쓰'로 열일 행보(공식입장)". Zenith News (dalam bahasa Korea). Diakses tanggal 7 Maret 2020. 
  10. ^ Operation Team (31 Januari 2020). "'이태원 클라쓰' 유재명 비서 된 유다미, 첫 방송 앞두고 대본 인증샷". JoongAng Ilbo Co. (dalam bahasa Korea). Diakses tanggal 7 Maret 2020. 
  11. ^ Park, Jung-sun (22 Februari 2020). "'이태원 클라쓰' 이다윗, 학교 폭력 피해자→펀드 매니저..사이다 변신". JoongAng Ilbo Co. (dalam bahasa Korea). Diakses tanggal 7 Maret 2020. 
  12. ^ Kim, Na-kyung (8 Februari 2020). "'이태원 클라쓰' 김여진, 조이서 소시오패스 만든 '현실조언'". Hankyung (dalam bahasa Korea). Diakses tanggal 7 Maret 2020. 
  13. ^ Lee, Gun-hwi (1 Februari 2020). "'이태원 클라쓰' 박서준, 경찰에 연행.."쏘세요"". Star News (dalam bahasa Korea). Diakses tanggal 7 Maret 2020. 
  14. ^ Na, Geum-joo (28 Februari 2020). "'이태원 클라쓰' 박서준·김혜은, 유재명 미행 사실 알았다". Xports News (dalam bahasa Korea). Diakses tanggal 7 Maret 2020. 
  15. ^ Kim, Na-kyung (23 Februari 2020). "'이태원클라스' 김미경, 일수 명함 휘날리며 강렬한 첫 등장". Hankyung (dalam bahasa Korea). Diakses tanggal 7 Maret 2020. 
  16. ^ Choi, Ji-yoon (3 Desember 2019). "원현준, 제이진아티스트 계약···'이태원클라쓰' 출연". Zum News (dalam bahasa Korea). Diakses tanggal 7 Maret 2020. 
  17. ^ Park, Soo-in (15 Februari 2020). "'이태원 클라쓰' 시청률 12% 돌파, 美친 상승세 불지폈다". Newsen (dalam bahasa Korea). Diakses tanggal 7 Maret 2020. 
  18. ^ Park, Soo-in (31 Januari 2020). "라붐 솔빈 '이태원 클라쓰' 특별출연, 박서준 짝사랑 여고생役". Newsen (dalam bahasa Korea). Diakses tanggal 8 Februari 2020. 
  19. ^ Jung, Hwi-yeon (3 Februari 2020). "손현주, '이태원 클라쓰' 특별출연…박서준 父 열연". Sports Donga (dalam bahasa Korea). Diakses tanggal 8 Februari 2020. 
  20. ^ Kim, Ye-eun (21 Agustus 2019). "[단독] '이태원♥' 홍석천, JTBC '이태원 클라쓰' 특별출연". Xports News (dalam bahasa Korea). Diakses tanggal 8 Februari 2020. 
  21. ^ Kim, Na-kyung (8 Februari 2020). "'이태원 클라쓰' 김여진, 조이서 소시오패스 만든 '현실조언'". Hankyung (dalam bahasa Korea). Diakses tanggal 8 Februari 2020. 
  22. ^ Kim, Na-kyung (8 Februari 2020). "배우 윤박, '이태원 클라쓰'특별출연 특급 활약". Hankyung (dalam bahasa Korea). Diakses tanggal 8 Februari 2020. 
  23. ^ Lee, Ha-na (8 Februari 2020). "'이태원 클라쓰' 박서준, 영업정지→안보현 경찰서 대면 '또 위기'(종합)". Newsen (dalam bahasa Korea). Diakses tanggal 8 Februari 2020. 
  24. ^ Kim, Na-kyung (February 8, 2020). "배우 윤박, '이태원 클라쓰'특별출연 특급 활약". Hankyung (dalam bahasa Korea). Diakses tanggal February 8, 2020. 
  25. ^ Gong, Mi-na (22 Maret 2020). "'이태원 클라쓰' 박보검 깜짝 등장..막방 빛낸 특급 카메오[스타이슈]". Star News (dalam bahasa Korea). Naver. Diakses tanggal 23 Maret 2020. 
  26. ^ Jang, A-reum (11 April 2019). "[단독] '구르미' 김성윤 PD, 3년만에 신작 JTBC '이태원 클라쓰' 연출". News1 (dalam bahasa Korea). Diakses tanggal 3 Oktober 2019. 
  27. ^ Kim, Ha-jin (6 November 2019). "'이태원 클라쓰' 박서준·김다미·유재명·권나라, 첫 대본 연습 공개…시너지 제대로!". Hankyung (dalam bahasa Korea). Diakses tanggal 2 Januari 2020. 
  28. ^ Lee, Seung-hoon (31 Januari 2020). "'슈퍼밴드' 이찬솔, '이태원클라쓰' 첫번째 OST 참여..오늘(31일) 발매". Osen (dalam bahasa Korea). Diakses tanggal 2 Februari 2020. 
  29. ^ Shin, Ji-won (1 Februari 2020). "'이태원 클라쓰' 두 번째 OST [가호(Gaho) - 시작] 발매". Hankyung (dalam bahasa Korea). Diakses tanggal 2 Februari 2020. 
  30. ^ Lee, Ji-hyun (7 Februari 2020). "[공식] 하현우 '이태원 클라쓰' OST '돌덩이' 오늘(7일) 공개". Sports Chosun (dalam bahasa Korea). Diakses tanggal 9 Februari 2020. 
  31. ^ Kim, Jin-seok (8 Februari 2020). "손디아, ´이태원 클라쓰´ 네 번째 O.S.T 주자". JoongAng Ilbo (dalam bahasa Korea). Diakses tanggal 9 Februari 2020. 
  32. ^ Jeon, Hyo-jin (14 Februari 2020). "더로즈 김우성, 오늘(14일) '이태원 클라쓰' OST 발표 [공식]". Sports Donga (dalam bahasa Korea). Diakses tanggal 14 Februari 2020. 
  33. ^ Kim, Na-kyung (15 Februari 2020). "이태원클라쓰 OST Part. 6 [김필 - 그때 그 아인]". Hankyung (dalam bahasa Korea). Diakses tanggal 16 Februari 2020. 
  34. ^ Lee, Ji-hyun (21 Februari 2020). "'이태원 클라쓰' OST 7 '우린 친구뿐일까' 오늘(21일) 공개 [공식]". Sports Chosun (dalam bahasa Korea). Diakses tanggal 22 Februari 2020. 
  35. ^ Ahn, Jin-yong (22 Februari 2020). "윤미래, JTBC '이태원 클라쓰' OST 참여". Munhwa (dalam bahasa Korea). Diakses tanggal 22 Februari 2020. 
  36. ^ Shin, Ji-won (29 Februari 2020). "'이태원 클라쓰', 아홉번째 OST 'With Us' 오늘(29)일 공개". Hankyung (dalam bahasa Korea). Diakses tanggal 1 Maret 2020. 
  37. ^ Yoo, Byung-chul (6 Maret 2020). "더 베인(채보훈), '이태원 클라쓰' OST 참여…6일 '직진' 발매". Hankyung (dalam bahasa Korea). Diakses tanggal 7 Maret 2020. 
  38. ^ Jin, Joo-hee (7 Maret 2020). "크러쉬, '이태원 클라쓰' OST 11번째 주자…'어떤 말도' 오늘(7일) 발매". Hankookilbo (dalam bahasa Korea). Diakses tanggal 7 Maret 2020. 
  39. ^ Park, Pan-seok (9 Maret 2020). ""박서준과 인연"..뷔, '이태원클라쓰' OST 자작곡 참여..13일 공개 [공식]". Osen (dalam bahasa Korea). Naver. Diakses tanggal 16 Maret 2020. 
  40. ^ Kim, Na-kyung (14 Maret 2020). "이태원 클라쓰 OST Part. 13 데이먼 – Brand New Way". Hankyung (dalam bahasa Korea). Diakses tanggal 16 Maret 2020. 
  41. ^ a b "2020 Week 12 Digital Chart". Diakses tanggal 26 Maret 2020. 
  42. ^ "2020 Week 13 Digital Chart". Diakses tanggal 8 April 2020. 
  43. ^ "Nielsen Korea". AGB Nielsen Media Research (dalam bahasa Korea). Diarsipkan dari versi asli tanggal 1 Juni 2016. Diakses tanggal 28 Januari 2020. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]