It Chapter Two

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
It: Chapter Two
ItChapterTwoTeaser.jpg
SutradaraAndy Muschietti
Produser
Penulis
BerdasarkanIt
oleh Stephen King
Pemeran
SinematografiChecco Varese
PenyuntingJason Ballantine
Perusahaan
produksi
DistributorWarner Bros. Pictures
Tanggal rilis
  • 04 September 2019 (2019-09-04) (Indonesia)
  • 06 September 2019 (2019-09-06) (Amerika serikat)
Durasi
165 Menit
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris
Anggaran$ 79 Juta
Pendapatan kotor$ 446.3 Juta

It: Chapter Two adalah film horor supernatural Amerika dan sekuel dari film 2017 It, keduanya berdasarkan pada novel tahun 1986 It oleh Stephen King. Film ini disutradarai oleh Andy Muschietti dan ditulis oleh Gary Dauberman. Ditetapkan pada tahun 2016, 27 tahun setelah peristiwa yang digambarkan dalam film pertama, it dibintangi Bill Skarsgård sebagai Pennywise the Dancing Clown, bersama dengan James McAvoy, Jessica Chastain, Bill Hader, Isaiah Mustafa, Jay Ryan, James Ransone dan Andy Bean, yang memerankan versi dewasa dari Losers Club. Jaeden Lieberher, Sophia Lillis, Finn Wolfhard, Chosen Jacobs, Jeremy Ray Taylor, Jack Dylan Grazer dan Wyatt Oleff kembali dari film pertama sebagai Losers yang lebih muda.

Pembicaraan untuk sekuel It dimulai pada Februari 2016. Pada September 2017, New Line Cinema mengumumkan bahwa sekuelnya akan dirilis pada September 2019, dengan Dauberman menulis naskahnya, dan Muschietti diharapkan untuk mengarahkan film tersebut. Fotografi utama pada film dimulai pada Juni 2018, di Pinewood Toronto Studios dan di lokasi di dalam dan sekitar Port Hope, Oshawa, dan Toronto, Ontario, dan ditayangkan pada 31 Oktober 2018. Film ini diproduksi oleh New Line Cinema dan Vertigo Entertainment, dan didistribusikan oleh Warner Bros Pictures.

It Chapter Two tayang perdana di Regency Village Theatre di Los Angeles pada 26 Agustus 2019, dan dirilis secara teatrikal di Amerika Serikat oleh Warner Bros Pictures pada 6 September 2019, dalam 2D dan IMAX. Film ini menerima pujian untuk aktingnya (terutama Hader dan Skarsgård) dan temanya, meskipun kritik ditujukan pada alur cerita dan ketakutan yang lebih lemah dibandingkan dengan pendahulunya. Kesetiaannya terhadap novel juga menarik tanggapan terpolarisasi[1]

Alur cerita[sunting | sunting sumber]

Pada 2016 Derry, Maine, Adrian Mellon dan pacarnya Don Hagarty diserang oleh sekelompok pemuda homofobia. Adrian kemudian terlempar dari jembatan dan dibunuh oleh Pennywise the Dancing Clown sementara Don menyaksikan tanpa daya. Mike Hanlon sengaja mendengar insiden pada pemindai polisi dan bergegas ke tempat kejadian. Setelah menyadari bahwa "Itu" telah muncul kembali, ia memanggil anggota lain dari Losers Club - Bill Denbrough, Ben Hanscom, Beverly Marsh, Richie Tozier, Eddie Kaspbrak, dan Stanley Uris - kembali ke Derry. Sebagian besar amnesia tentang masa kecil mereka dan terganggu oleh panggilan, tetapi setuju untuk kembali. Stanley, bagaimanapun, melakukan bunuh diri setelah pemanggilannya.

Losers bersatu kembali di restoran lokal dan perlahan-lahan mulai memulihkan ingatan mereka, tetapi takut dengan mengganggu penglihatan dan ejekan yang disebabkan oleh itu. Kelompok ini kemudian diberitahu tentang bunuh diri Stanley. Richie dan Eddie memutuskan untuk pergi sementara Mike mengungkapkan kepada Bill bahwa ia bertemu dengan suku asli Amerika yang menunjukkan kepadanya visi kedatangannya ke Bumi dari bintang-bintang, dan memberitahunya tentang Ritual Chüd, cara menghancurkannya sekali dan untuk semua. Bill dan Mike meyakinkan Richie dan Eddie untuk tetap tinggal dan menyelesaikan apa yang telah dimulai. Henry Bowers, setelah selamat dari kematiannya, telah dikurung di rumah sakit jiwa, tetapi dengan bantuan itu, ia melarikan diri.

Agar ritual berhasil, setiap Losers harus memiliki artefak dari masa lalu mereka. Beverly pergi ke rumah lamanya dan menemukan surat cinta yang ditulis Ben untuknya, meskipun dia masih percaya Bill yang menulisnya. Bill pergi ke saluran pembuangan di mana Georgie terbunuh dan memulihkan kapal kertas Georgie sebelum bertemu dengan seorang bocah lelaki bernama Dean, yang memberi tahu Bill bahwa dia tinggal di rumah tua Bill dan sering mendengar suara anak-anak dan badut yang datang dari saluran pembuangan kamar mandi. Ben pergi ke sekolah menengah kota dan menemukan halaman buku tahunannya, yang hanya ditandatangani oleh Beverly. Eddie pergi ke apotek dan memulihkan inhaler. Richie pergi ke arcade ditinggalkan di mana ia menemukan token permainan. Setelah lolos dari pertemuan individu dengan It, Pecundang menggunakan topi mandi dari rumah klub masa kecil mereka untuk Stanley dan Mike menemukan batu yang memulai perjuangan mereka melawan geng Bowers tahun sebelumnya. Bill menyadari bahwa itu mengejar Dean dan bergegas ke karnaval untuk menyelamatkannya, tetapi dia tak berdaya menyaksikan Dean dilahap olehnya tepat di depannya. Trauma dengan kegagalannya menyelamatkan Georgie dan Dean, ia kembali ke rumah Neibolt untuk membunuhnya. Bowers menyerang dan melukai Eddie dan Mike, tetapi dibunuh oleh Richie. Sisa Losers berangkat ke rumah Neibolt untuk membantu Bill.

Kelompok itu turun ke goa besar di bawah selokan dan menyelesaikan Ritual, tetapi ia mampu bertahan dari Ritual, tidak terpengaruh. Ini mengambil bentuk raksasa, seperti laba-laba dengan kepala Pennywise, dan menekan Mike untuk mengungkapkan kepada Pecundang bahwa Penduduk Asli yang mencoba Ritual di masa lalu semuanya binasa. Pecundang kemudian dilemparkan ke dalam skenario mimpi buruk bahwa mereka semua akhirnya melarikan diri dari sebelum tiba kembali di gua. Richie dilumpuhkan oleh hipnotis "deadlights" dan akan dibunuh, tetapi Eddie menyelamatkannya, ditusuk olehnya dalam proses. The Losers berkumpul kembali dan menyadari bahwa ini bisa dibunuh jika mereka melawannya dan membuatnya merasa lebih kecil dari yang sebenarnya. Mereka mengelilinginya dan menghinanya berulang-ulang, membuatnya secara fisik menyusut dan melemah sampai mereka mampu merobek hatinya dan menghancurkannya, membunuhnya. Eddie meninggal karena luka-lukanya meskipun upaya Richie untuk menyelamatkannya. Pecundang yang tersisa dipaksa untuk melarikan diri, karena Rumah Neibolt menabrak dirinya sendiri.

Pecundang yang tersisa kembali ke tambang di mana mereka pernah berenang bersama. Beverly, yang menyadari bahwa Ben yang menulis surat itu, berbagi ciuman dengannya, dan keduanya memulai hubungan romantis. Richie kembali ke jembatan tempat dia pernah mengukir inisialnya dan inisial orang lain, sekarang dinyatakan sebagai Eddie. Mike memutuskan untuk pindah dari Derry untuk memulai kehidupan baru. Yang Pecundang semua menerima surat-surat anumerta dari Stanley, menjelaskan bahwa dia yakin dia akan menahannya, tetapi tahu mereka bisa mengalahkannya jika mereka berani tanpa dia.

Pengisi suara[sunting | sunting sumber]

The Loser's club[sunting | sunting sumber]

Mantan pemimpin Loser's club yang gagap namun banyak akal yang, karena membalas dendam terhadapnya karena membunuh saudaranya, Georgie, memimpin mereka dalam perjuangan mereka melawan Pennywise pada tahun 1989 dan membuat mereka berjanji untuk kembali ke Derry jika itu muncul kembali. Sebagai orang dewasa, Bill menjadi novelis misteri yang sukses sementara juga menikah dengan bintang film Audra Phillips.

Satu-satunya anggota perempuan dari Losers 'Club, yang dilecehkan secara fisik dan seksual oleh ayahnya, diintimidasi di sekolah karena desas-desus palsu tentang pergaulan bebas, dan merupakan minat cinta Bill. Sebagai orang dewasa, ia telah menjadi perancang busana yang sukses di Chicago sambil menjalani beberapa hubungan yang kasar termasuk pernikahannya dengan Tom Rogan.

Seorang anggota Loser's club yang bertarung melawannya dan diintimidasi ketika masih anak-anak karena kelebihan berat badan. Sebagai orang dewasa, ia kurus dan arsitek sukses yang tinggal di Nebraska.

Sahabat Bill yang berkacamata dan sesama anggota Loser's club, yang mulutnya keras dan bahasa kotornya sering membuatnya bermasalah. Richie menjadi DJ yang sukses di Los Angeles.

Seorang anggota Loser's club yang bertarung melawannya, Mike adalah satu-satunya yang tetap tinggal di Derry dan menjadi pustakawan kota sambil memanggil pecundang lainnya kembali ke Derry ketika itu muncul kembali. Mike juga memiliki masalah penyalahgunaan zat serius yang berasal dari trauma oleh peristiwa di masa kecilnya.

Seorang anggota Loser's club yang merupakan lambang dari seorang hypochondriac, terlalu dibesar-besarkan oleh banyaknya benda di lemari obatnya. Eddie menjalankan bisnis limusin yang sukses di New York City dan menikah dengan Myra, yang sangat mirip dengan ibunya yang suka menguasai.

Seorang anggota Loser's club yang bertarung melawannya. Stan menjadi mitra di sebuah firma akuntansi besar yang berbasis di Atlanta dan menikah dengan Patty Blum, seorang guru.

  • Wyatt Oleff sebagai Stan Uris muda.

Karakter dari It[sunting | sunting sumber]

Monster kuno trans-dimensi yang terbangun setiap dua puluh tujuh tahun untuk memberi makan pada ketakutan anak-anak bahwa ia terbunuh. Tanpa penari Badut Dansa adalah Bentuk favorit dan primer. Itu dikuasai dan terluka parah oleh Losers 'Club pada tahun 1989, memaksanya masuk ke hibernasi dini. Kekalahan ini memotivasi orang untuk membangun kembali kekuatannya dan membalas dendam terhadap Klub Pecundang begitu mereka kembali ke Derry.

  • Jackson Robert Scott sebagai Georgie Denbrough:

Adik laki-laki Bill yang sudah meninggal. Lengannya digigit oleh Pennywise pada Oktober 1988, yang memuncak dalam peristiwa musim panas 1989. Dia mengulang perannya dari film pertama.

  • Joan Gregson sebagai Mrs. Kersh:

Wanita tua yang tampaknya manis dan lembut, tetapi monster yang benar-benar mengerikan dan berbahaya, yang tinggal di rumah masa kecil Beverly Marsh.

Karakter lainnya[sunting | sunting sumber]

  • Teach Grant sebagai Henry Bowers: Seorang psikopat yang meneror Loser’s Club pada musim panas 1989 sebelum dia berkomitmen membunuh ayahnya. Dia bertekad sekali lagi untuk mencoba dan membunuh Loser’s Club.
  • Jess Weixler sebagai Audra Phillips: Aktris yang sukses dan istri Bill.
  • Will Beinbrink sebagai Tom Rogan: Suami kasar Beverly.
  • Xavier Dolan sebagai Adrian Mellon: Warga muda gay Derry yang diserang bersama pacarnya Don oleh sekelompok pemuda selama festival. Dia menjadi korban pertama dari It yang terbangun, memicu kembalinya Pecundang ke Derry.
  • Taylor Frey sebagai Don Hagarty: Pacar Adrian yang juga diserang oleh sekelompok pemuda saat festival. Dia juga menyaksikan Adrian dibunuh olehnya.
  • Jake Weary sebagai John "Webby" Garton: Salah satu pengganggu yang secara brutal menyerang Adrian dan Don.
  • Erik Junnola sebagai Steve Dubay: Sahabat Webby dan salah satu pengganggu yang secara brutal menyerang Adrian dan Don.
  • Connor Smith sebagai Christopher Unwin: Seorang teman dari Webby dan Steve dan salah satu pengganggu yang secara brutal menyerang Adrian dan Don.
  • Stephen Bogaert sebagai Alvin Marsh: ayahnya Beverly yang kasar . Dia mengulang perannya dari film pertama.
  • Molly Atkinson sebagai Sonia Kaspbrak: ibu Eddie yang terlalu protektif. Atkinson juga menggambarkan Myra, istri Eddie yang kasar, yang sangat mirip dengan ibunya.
  • Martha Girvin sebagai Patty Blum: Istri Stanley.
  • Luke Roessler sebagai Dekan: Seorang bocah lelaki yang bertemu Bill di dekat saluran badai.
  • Ryan Kiera Armstrong sebagai Victoria Fuller: Seorang gadis muda.
  • Katie Lunman sebagai Betty Ripsom: Seorang gadis yang hilang yang menghilang di selokan Derry pada tahun 1989.
  • Joe Bostick sebagai Tuan Keene: apoteker kota.
  • Juno Rinaldi sebagai Gretta Keene: Putri Pak Keene yang menggertak Beverly di masa kecil.
    • Megan Charpentier sebagai Young Gretta Keene
  • Owen Teague sebagai Patrick Hockstetter: Teman Henry yang dibunuh oleh Pennywise di selokan pada tahun 1989.
  • Jake Sim sebagai Belch Huggins: teman Henry. Belch dibunuh oleh Henry pada tahun 1989.
  • Logan Thompson sebagai Vic Criss: Teman Henry yang sudah meninggal. Vic, bersama Belch, dibunuh oleh Henry pada tahun 1989.

Maturin the Turtle akan tampil di film ini meskipun masih belum diketahui dalam kapasitas film. Sutradara Muschietti mengatakan karakter akan memiliki peran penting dalam film. .

Produksi[sunting | sunting sumber]

Pengembangan[sunting | sunting sumber]

Pada 16 Februari 2016, produser Roy Lee, dalam sebuah wawancara dengan Collider, menyebutkan film kedua, mengatakan, "[Dauberman] menulis draft terbaru yang bekerja dengan [Muschietti], jadi film itu dibayangkan sebagai dua film". [2]

Pada 19 Juli 2017, Muschietti mengungkapkan bahwa rencananya adalah untuk membuat produksi untuk sekuelnya pada musim semi mendatang, menambahkan, "Kami mungkin akan memiliki naskah untuk bagian kedua pada Januari [2018]. Idealnya, kita akan mulai persiapan pada bulan Maret. Bagian satu hanya tentang anak-anak. Bagian kedua adalah tentang karakter ini 27 tahun kemudian sebagai orang dewasa, dengan kilas balik ke tahun 1989 ketika mereka masih anak-anak. "

Pada 21 Juli 2017, Muschietti berbicara tentang menantikan dialog di film kedua yang tidak ada di film pertama, dengan menyatakan, "... sepertinya kita akan melakukannya. Ini babak kedua, ini bukan sekuel. Ini babak kedua dan sangat terhubung dengan yang pertama. "Muschietti menegaskan bahwa dua adegan potongan dari film pertama mudah-mudahan akan dimasukkan dalam yang kedua, salah satunya menjadi api di film tersebut. Bintik Hitam dari buku.

Pengisian suara[sunting | sunting sumber]

Pada bulan September 2017, Muschietti dan saudara perempuannya menyebutkan bahwa Jessica Chastain akan menjadi pilihan utama mereka untuk memainkan versi dewasa Beverly Marsh. Pada November 2017, Chastain sendiri menyatakan minatnya pada proyek tersebut. Akhirnya, pada bulan Februari 2018, Chastain secara resmi bergabung dengan para pemeran untuk memerankan karakter tersebut, menjadikan film ini kolaborasi keduanya dengan Muschietti setelah Mama.

Pada April 2018, Bill Hader dan James McAvoy sedang dalam pembicaraan untuk bergabung dengan para pemain untuk memainkan versi dewasa Richie Tozier dan Bill Denbrough masing-masing.

Pada bulan Mei 2018, James Ransone, Andy Bean, dan Jay Ryan bergabung dengan para pemain untuk memerankan Eddie Kaspbrak, Stanley Uris, dan Ben versi dewasa masing-masing.

Pada bulan Juni 2018, Isaiah Mustafa bergabung dengan para pemain untuk memerankan versi dewasa dari Mike Hanlon, sementara Xavier Dolan dan Will Beinbrink juga berperan sebagai Adrian Mellon dan Tom Rogan masing-masing. Kemudian, Teach Grant berperan untuk memainkan Henry Bowers versi dewasa, yang sebelumnya diperankan oleh Nicholas Hamilton dari film pertama, dan Jess Weixler juga bergabung dengan film tersebut untuk memerankan istri Bill. Ini juga menandai kolaborasi kedua antara McAvoy, Chastain, Hader, Weixler dan Beinbrink setelah The Disappearance of Eleanor Rigby.

Pada bulan September 2018, terungkap bahwa Javier Botet akan muncul dalam film dalam peran yang dirahasiakan

Syuting[sunting | sunting sumber]

Fotografi utama pada film dimulai pada 19 Juni 2018, di Pinewood Toronto Studios dan di lokasi di dalam dan sekitar Port Hope, Oshawa dan Toronto, Ontario, dan dijadwalkan pada 30 Oktober 2018.

Pasca produksi[sunting | sunting sumber]

Efek visual disediakan oleh Method Studios, Dibimbing oleh Josh Simmonds dan Nicholas Brooks sebagai Supervisor Produksi dengan bantuan dari Atomic Arts, Cubica, Lola VFX, Make VFX, Rodeo FX dan Soho VFX

Perilisan[sunting | sunting sumber]

It: Chapter two memiliki premier dunianya di Regency Village Theater di Los Angeles, California pada 26 Agustus 2019, dan akan dirilis secara teatrikal di Amerika Serikat pada 6 September 2019 oleh Warner Bros Pictures.

Pemasaran[sunting | sunting sumber]

Gambar pertama dari versi dewasa dari Losers 'Club dirilis pada 2 Juli 2018, saat fotografi utama dimulai. Poster teaser pertama dari film ini dirilis pada 31 Oktober 2018. Cuplikan dari film tersebut ditampilkan di CinemaCon pada 2 April 2019. Poster teaser kedua dirilis pada 9 Mei 2019, bersama dengan trailer teaser.[3] Pada 17 Juli 2019, poster kedua dan trailer terakhir dirilis di San Diego Comic-Con.[4]

Penghasilan[sunting | sunting sumber]

Box office[sunting | sunting sumber]

Pada 17 September 2019, It Chapter Two telah mendapat $ 154.9 juta di Amerika Serikat dan Kanada, dan $ 230.4 juta di wilayah lain, dengan total dunia $ 385.3 juta.[5]

Di Amerika Serikat dan Kanada, film ini diproyeksikan mencapai $ 90-100 juta dari 4.570 bioskop di akhir pekan pembukaannya, dan minggu rilisnya memecahkan rekor Fandango untuk tiket paling muka yang dijual oleh film horor.[6] Film ini menghasilkan $ 37,4 juta di hari pertama, termasuk $ 10,5 juta dari preview Kamis malam, total tertinggi kedua untuk pembukaan September dan film horor, di belakang film pertama $ 13,5 juta. Ini kemudian memulai debutnya menjadi $ 91 juta, juga yang terbaik kedua untuk film horor dan rilis September, sementara menjadi lebih dari $ 30 juta kurang dari film pertama. Debut yang lebih rendah dikaitkan dengan penerimaan kritis yang lebih beragam, serta runtime hampir tiga jam, yang menurut para peserta pameran menghambat.

Respon kritik[sunting | sunting sumber]

Pada Rotten Tomatoes, film ini memiliki peringkat persetujuan 62% berdasarkan 324 ulasan, dengan penilaian rata-rata 6.1 / 10. Konsensus kritis situs web itu berbunyi, "It: Chapter Two terbukti lebih besar tidak selalu berarti lebih menakutkan untuk sekuel-sekuel horor, tetapi sebuah pemeran yang bagus dan pendekatan yang setia terhadap materi sumber membuat tindak lanjut ini tetap bertahan." [7] Pada Metacritic, yang menggunakan rata-rata tertimbang, film ini memiliki skor 58 dari 100, berdasarkan 52 kritik, menunjukkan "tinjauan campuran atau rata-rata." [8] Audiens yang disurvei oleh CinemaScore memberi film ini nilai rata-rata "B +" pada A + ke F skala, sama dengan film pertama, sementara yang di PostTrak memberinya skor positif keseluruhan 76% dan "rekomendasi pasti" 56%.[9]

Potensi sekuel[sunting | sunting sumber]

Berbicara kepada CinePOP tentang potensi tindak lanjut film prekuel di masa depan untuk It Chapter Two, sutradara Andy Muschietti menyatakan:

Ini adalah kesimpulan dari buku ini, jadi tidak ada bagian ketiga. Ini adalah akhir dari perjalanan Pecundang melawan Pennywise. Tetapi, seperti kita ketahui mitologi sangat kaya, dan dalam buku Stephen King, Pennywise telah ada selama sejuta tahun, dia telah berhubungan dengan manusia setidaknya lima ratus tahun, dan dia kembali setiap dua puluh tujuh tahun. Jadi, jika Anda kembali dan kembali dan kembali dan kembali, Anda akan melihat banyak drama.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "'It: Chapter Two': What the Critics Are Saying". The Hollywood Reporter (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-09-18. 
  2. ^ Chitwood, Adam (2016-02-19). "Exclusive: 'It' Movie Hopefully Shooting This Year; Will Be Rated-R". Collider (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-08-02. 
  3. ^ IT CHAPTER TWO - Official Teaser Trailer [HD], diakses tanggal 2019-09-15 
  4. ^ Trumbore, Dave (2019-07-17). "Creepy New 'IT Chapter Two' Poster Arrives Ahead of Tomorrow's Trailer". Collider (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-09-15. 
  5. ^ "It: Chapter Two (2019) - Box Office Mojo". www.boxofficemojo.com. Diakses tanggal 2019-09-15. 
  6. ^ D'Alessandro, Anthony; D'Alessandro, Anthony (2019-09-03). "'It Chapter Two' Is Fandango's Best-Selling Horror Movie & Most Anticipated Title Of Fall". Deadline (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-09-15. 
  7. ^ It Chapter Two (2019) (dalam bahasa Inggris), diakses tanggal 2019-09-15 
  8. ^ It: Chapter Two, diakses tanggal 2019-09-15 
  9. ^ D'Alessandro, Anthony; D'Alessandro, Anthony (2019-09-08). "'It Chapter Two' Stays Afloat With $92M Opening, Still 2nd Best For Horror & September Release – Sunday AM Update". Deadline (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-09-15. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]