Bendungan, Simo, Boyolali

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Bendungan
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Tengah
KabupatenBoyolali
KecamatanSimo
Kode pos
57377
Kode Kemendagri33.09.13.2002
Luas-
Jumlah penduduk± 2.000 Jiwa
Kepadatan-

Bendungan adalah desa di kecamatan Simo, Boyolali, Jawa Tengah, Indonesia. Desa Bendungan merupakan salah satu desa yang terletak di Kecamatan Simo Boyolali. Desa Bendungan memiliki jenis tanah yang baik untuk pertanian sehingga tidak heran mayoritas penduduk adalah petani.

Konon, nama Desa Bendungan berasal dari bendungan yang ada di desa tersebut. Di Desa Bendungan terdapat sebuah bendungan yang telah ada sejak zaman Jepang dan airnya tak pernah surut. Sendang tersebut mengalir ke dari Wonosari, Bendo dan Bendungan sendiri. Sendang yang saat ini kurang terawat karena tertutup banyaknya daun yang berguguran dari pohon dari sekitar sendang. Sendang tersebut kerap digunakan untuk berbagai keperluan penduduk seperti mencuci dan memasak namun saat ini sudah jarang karena masyarakat telah memiliki sumur sendiri.

Boyolali dikenal sebagai lumbung pangan di Karesidenan Surakarta. Berbagai upaya telah dilakukan demi menjaga keberlangsungan lumbung pangan ini. Salah satu upaya yang memiliki hasil menggembirakan adalah upaya Seribu Desa Mandiri Benih atau yang disingkat SDMB.