Bahasa Nahuatl

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Bahasa Nahuatl
Mexihcacopa, Nahuatlahtolli, Macehuallahtolli
Aztek, Meksikano
Dituturkan diMeksiko
WilayahNegara bagian Meksiko, Puebla, Veracruz, Hidalgo, Guerrero, Morelos, Tlaxcala, Oaxaca, Michoacán, Durango (negara bagian),
dan para perantau di Amerika Serikat, El Salvador, Guatemala dan Kanada
EtnisSuku Nahua
Penutur
Rincian data penutur

Jumlah penutur beserta (jika ada) metode pengambilan, jenis, tanggal, dan tempat.[1]

Bentuk awal
Dialek
Barat
Timur
Huasteca
Tengah
Aspek ketatabahasaan
Tipologi
Status resmi
Bahasa resmi di
Meksiko
Diatur olehInstituto Nacional de Lenguas Indígenas
Kode bahasa
ISO 639-2nah
ISO 639-3nci Nahuatl Klasik
Glottologazte1234  (Aztec)[2]
QIDQ13300
Lokasi penuturan
Lokasi penuturan Bahasa Nahuatl
Artikel ini mengandung simbol fonetik IPA. Tanpa bantuan render yang baik, Anda akan melihat tanda tanya, kotak, atau simbol lain, bukan karakter Unicode. Untuk pengenalan mengenai simbol IPA, lihat Bantuan:IPA.
 Portal Bahasa
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B • PW
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Nahuatl (nāhuatl ['naː.watɬ])[3] adalah suatu istilah berlaku untuk suatu kelompok berbagai dialek dan bahasa terkait dari bangsa Aztek[4] keluarga bahasa cabang Rumpun bahasa Uto-Aztek, berasal dari pusat Meksiko. Dituturkan oleh lebih dari 1,5 juta orang-orang di Meksiko, dan di bawah "Hukum hak Ilmu bahasa" Nahuatl dikenali sebagai "bahasa nasional" yang mempunyai "status" yang sama di Meksiko seperti Bahasa Spanyol dan bahasa lainnya berasal dari pribumi Meksiko [1] Diarsipkan 2007-02-08 di Wayback Machine.. Nahuatl dikenal di luar Meksiko terutama sekali karena bangsa Aztek berbicara Nahuatl, suatu varian sekarang dikenal sebagai Nahuatl klasik.

Ikhtisar[sunting | sunting sumber]

Nahuatl adalah (bersama dengan Bahasa Maya) salah satu bahasa yang paling banyak dituturkan di keluarga bahasa Pribumi Amerika di Meksiko dan di Amerika utara secara keseluruhan. Seperti halnya dengan bahasa pribumi Meksiko lainnya, banyak dari para pembicara Nahuatl adalah dwibahasa, mempunyai pengetahuan bahasa Spanyol. Pada masa lalu, cukup banyak para pembicara Nahuatl di luar Lembah Meksiko mengenal bahasa dua bahasa selain dari Spanyol, menuturkan Nahuatl, sebagai bahasa ibu mereka, dan beberapa bahasa pribumi lainnya. Suatu contoh penutur dwi bahasa terkenal adalah Malintzin (" La Malinche"), perempuan pribumi yang menerjemahkan antara Nahuatl dan Bahasa Maya (Ia kemudiannya mempelajari Bahasa Spanyol juga) untuk Hernán Cortés.

Diperkirakan ada 1,5 juta orang-orang yang berbicara satu atau lebih Dialek Nahuatl, sebagian dari berbagai dialek ini tak dapat dipahami satu sama lain. Semua dari dialek ini menunjukkan pengaruh dari bahasa Spanyol dalam berbagai derajat tingkat, beberapa di antaranya jauh lebih terpengaruh dibanding yang lain. Tidak ada saupun dialek modern yang serupa dengan Nahuatl klasik, tetapi yang dituturkan di sekitar Lembah Meksiko biasanya lebih mirip dengan ŋahuatl Klasik dibanding dengan yang lainnya.

Sering istilah Nahuatl digunakan secara rinci berkenaan dengan Nahuatl klasik, bahasa administratif kerajaan Aztec. Aztecs telah didahului dan dikelilingi oleh budaya dengan bahasa Nahuatl lainnya, yang bahasanya pasti berbeda sedikit dengan mereka. Kebudayaan ini meliputi Tepaneca, Acolhua, Tlaxcalteca, dan Xochimilca; dan Nahuatl barangkali salah satu bahasa yang dituturkan di Teotihuacan. Ketika kelompok ini menjadi utama, Nahuatl, dan terutamanya Nahuatl klasik setelah keadaan berkuasa Aztec kerajaan, telah digunakan sebagai bahasa penghubung di Amerika Tengah permulaan dari abad ke-12 sampai abad ke-16, di mana waktu pengaruh dan keunggulannya telah diatasi oleh penaklukan Meksiko oleh Spanyol. Karena kita hanya mempunyai dokumentasi yang tersedia dari waktu itu, dan karena Spanyol dihadapkan terutamanya dengan Mexica di administrati mereka, aktivitas ilmiah dan religius, Nahuatl klasik adalah awal format bahasa ŋahuatl yang paling tersedia, dan yang paling bergengsi.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Ethnologue (dalam bahasa Inggris) (edisi ke-25, 19), Dallas: SIL International, ISSN 1946-9675, OCLC 43349556, Wikidata Q14790 
  2. ^ Hammarström, Harald; Forkel, Robert; Haspelmath, Martin, ed. (2023). "Aztec". Glottolog 4.8. Jena, Jerman: Max Planck Institute for the Science of Human History. 
  3. ^ Kata ini mempunyai beberapa variasi pengejaan, yang meliputi: Náhuatl, Naoatl, Nauatl, Nahuatl, Nawatl. Pada bahasa Spanyol Meksiko ejaan standar adalah náhuatl dengan suatu aksen pada suku kata yang pertama. ( N huruf kecil sebab Spanyol tidak mengkapitalkan nama bahasa.)
  4. ^ juga disebut Nahuan.