Suku Yukaghir

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Yukaghir)
Yukaghir
Yukaghirs.jpg
Orang-orang Yukaghir dari Yakutia, 1905.
Daerah dengan populasi signifikan
 Rusia1.603[1]
 Ukraina12[2]
Bahasa
Yukaghir, Rusia, Yakut
Agama
Shamanisme, Ortodoks Rusia
Kelompok etnik terkait
Evens

Yukaghir atau Yukagir (bahasa Rusia: юкагиры; penunjukan diri: одул (odul), деткиль (detkil)) adalah orang-orang di Siberia Timur, yang tinggal di lembah Sungai Kolyma. Secara genetik, Yukaghirs memiliki 31% dari orang tua Haplogroup C- M217 (C3), yang dominan antara orang Mongolia dan Evenk-Tungusic.

Daerah Tundra[sunting | sunting sumber]

Orang Yukaghir hidup di dalam wilayah Kolyma di Republik Sakha; Taiga Yukaghirs di wilayah Upper Kolyma di Republik Sakha dan di Kabupaten Srednekansky Oblast Magadan. Pada saat Kolonisasi Rusia pada abad ke-17, Kelompok suku Yukaghir (Chuvans, Khodyns, Anaouls, dll) wilayah pendudukan dari Sungai Lena ke muara Sungai Anadyr. Jumlah Yukaghirs tersebut menurun antara abad ke-17 dan ke-19 karena epidemi, perang internal dan Tsar kebijakan kolonial. Beberapa Yukaghirs memilih berasimilasi dengan Yakuts, Evenks, dan Rusia. Saat ini, Yukaghirs tinggal di Republik Sakha dan Chukotka Autonomous Okrug dari Federasi Rusia.

Penduduk[sunting | sunting sumber]

Menurut Sensus 2002, jumlah mereka 1.509 orang, naik dari 1.112 tercatat dalam Sensus 1989. Menurut terbaru 2001 Sensus Ukraina, 12 suku Yukaghirs hidup di Ukraina. Hanya 2 dari mereka menunjukkan Yukaghir sebagai mereka bahasa asli. Untuk yang lain yang tersisa itu bahasa Rusia serta berbagai dialek lain.

Suku bangsa tradisional[sunting | sunting sumber]

Seorang shaman Yukaghir, 1902.

Ada 13 suku bangsa yang membentuk kelompok orang Yukaghir, yaitu:

  1. Vadul-Alais
  2. Odul
  3. Chuvan
  4. Anaoul
  5. Lavren
  6. Olyuben
  7. Omok
  8. Penjin
  9. Khodynt
  10. Khoromoy
  11. Shoromboy
  12. Yandin
  13. Yandyr

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pustaka[sunting | sunting sumber]

  • Nikolaeva, Irina; Mayer, Thomas (2004). "Online Documentation of Kolyma Yukaghir". Suomalais-Ugrilainen Seura (Finno-Ugrian Society, Société Finno-Ougrienne).  Materi audio juga tersedia online (cerita, nyanyian).
  • Vaba, Lembit. "The Yukaghirs". The Red Book of the Peoples of the Russian Empire. NGO Red Book.