Yonhap

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Yonhap News Agency
Didirikan1980
MarkasSeoul, Korea Selatan
Situs resmi
Yonhap News Agency (Inggris)

Yonhap News Agency adalah agensi berita terbesar di Korea Selatan. Agensi tersebut adalah sebuah perusahaan yang didanai masyarakat, yang berbasis di Seoul, Korea Selatan. Yonhap menyediakan artikel-artikel berita, gambar-gambar dan informasi lainnya kepada surat-surat kabar, jaringan-jaringan TV dan media lainnya di Korea Selatan.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Yonhap (artinya "bersatu" dalam bahasa Korea) didirikan pada 19 Desember 1980, melalui penggabungan Hapdong News Agency dan Orient Press. Agensi tersebut menjalin berbagai kerjasama dengan 78 agensi berita non-Korea, dan juga memiliki perjanjian pertukaran jasa dengan agensi Korean Central News Agency (KCNA) di Korea Utara, yang ditandatangani pada 2002.[1] Agensi tersebut merupakan satu-satunya layanan jejaring Korea yang bekerja dengan agensi-agensi media asing,[2] dan menyediakan seleksi berita terbatas, tetapi tersedia bebas, pada situs webnya dalam bahasa Korea, Inggris, Tionghoa, Jepang, Spanyol, Arab dan Prancis.

Yonhap adalah agensi berita tuan rumah dari Olimpiade Musim Panas Seoul 1988, dan terpilih kedua kali menjadi badan dari Organization of Asia-Pacific News Agencies (OANA).

Yonhap adalah satu-satunya agensi berita di Korea Selatan yang memiliki lebih dari 60 koresponden di luar negeri dan 580 wartawan di dalam negeri.[1] Pemegang saham terbesarnya adalah Korea News Agency Commission (KONAC).

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "About Us". Seoul: Yonhap News Agency. 2009. 
  2. ^ Shrivastava, K. M. (2007). News Agencies from Pigeon to Internet. Elgin, IL: Sterling Publishers. ISBN 978-1-932705-67-6.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]