Yokohama F. Marinos

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Yokohama F. Marinos
logo
Nama lengkapYokohama F. Marinos
JulukanMarinos, Tricolor
Berdiri1972
StadionStadion Internasional,
Yokohama, Jepang
(Kapasitas: 72.327)
PemilikNissan (80%)
City Football Group (20%)
KetuaRyoji Kurosawa
ManajerKevin Muscat
LigaJ1 League
2023ke-2
Situs webSitus web resmi klub
Kostum kandang
Kostum tandang

Yokohama F.Marinos (横浜Fマリノス, Yokohama F Marinosu) merupakan sebuah klub sepak bola profesional Jepang yang bermain di J1 League, yaitu tingkat teratas kompetisi sepakbola di Jepang. klub ini bermarkas di Yokohama, Prefektur Kanagawa, bagian dari Wilayah Tokyo Raya.

Klub ini merupakan salah satu klub tersukses di Liga Sepakbola Jepang, setelah memenangkan gelar liga sebanyak lima kali dan finis kedua dua kali, dan merupakan salah satu anggota dari 10 tim awal peserta liga sepakbola profesional Jepang J.League.

Mereka telah memenangkan ketiga gelar utama domestik ( Liga J1 , Piala Liga J , Piala Kaisar ), dan tidak pernah diturunkan ke Liga J2.

Klub yang berbasis di Yokohama ini pada awalnya didirikan sebagai tim sepakbola perusahaan Nissan Motor, yang kemudian berubah menjadi klub sepakbola profesional Yokohama Marinos. Selanjutnya klub ini dibentuk dari penggabungan Yokohama Marinos dan Yokohama Flügels pada tahun 1999. Nama saat ini dimaksudkan untuk mencerminkan kedua nama aslinya.

Yokohama F. Marinos adalah tim yang paling lama bertahan di kasta tertinggi sepak bola Jepang, setelah bermain di level teratas sejak tahun 1982, juga menjadikan mereka bersama dengan Kashima Antlers sebagai salah satu dari dua tim yang pernah berkompetisi di kasta tertinggi sepak bola Jepang setiap tahunnya, sejak tahun didirikan.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Nissan FC[sunting | sunting sumber]

Logo Nissan FC (1972-1993)

Klub ini bermula pada tahun 1972 sebagai Nissan Motor Football Club, yang berbasis di Yokohama.

Nissan FC memenangkan promosi ke Liga Sepak Bola Divisi 2 pada tahun 1976, dan pada tahun 1979, mereka dipromosikan ke Divisi Pertama Liga Sepak Bola Jepang (JSL ).

Di bawah pelatih Shu Kamo, klub ini berhasil memenangkan Liga Sepak Bola Jepang pada tahun 1988 dan 1989, serta Piala JSL pada tahun 1988, 1989 dan 1990 dan Piala Kaisar pada tahun 1983 , 1985, 1988, 1989 dan 1991.

Pada musim kompetisi tahun 1989 klub ini berhasil meraih "Triple Crown (Tiga Mahkota)" dengan memenangi ketiga turnamen besar yang ada di Jepang bersama dengan para pemain terkenal seperti Takashi Mizunuma, Kazushi Kimura dan Masami Ihara.

Pada akhir musim 1991–92, klub ini berhasil memenangkan Piala Winners Asia.

Yokohama Marinos[sunting | sunting sumber]

Logo Yokohama Marinos (1992-1998)

Pada 1992, Nissan FC mengubah nama klub menjadi Yokohama Marinos untuk pendaftaran di Liga Profesional Jepang (J-League) yang baru dibentuk dan untuk memperoleh status sebagai klub profesional, merujuk pada status Yokohama sebagai kota pelabuhan utama.[1]

Di musim-musim pertama mereka sebagai tim profesional, Yokohama Marinos terus melanjutkan memenangkan kompetisi, berjaya di Piala Kaisar 1992, yang kedua berturut-turut di Piala Winners Asia 1992-93 , dan [[J.League|gelar nasional] pertama mereka pada tahun 1995.

Pertandingan antara Yokohama Marinos dan Verdy Kawasaki dikenal sebagai Derby Nasional.

Yokohama F. Marinos[sunting | sunting sumber]

Logo Yokohama F. Marinos (1999)

Pada tahun 1999, klub ini berganti nama menjadi Yokohama F. Marinos, setelah merger teknis dan finansial dengan '''Yokohama Flügels''' yang dinyatakan bangkrut. Sejak itu, huruf F telah ditambahkan pada nama tersebut untuk mewakili separuh klub Flügels. Karena itu, banyak fans Flügels yang menolak tim baru tersebut. Penggemar Flügels merasa bahwa tim mereka dibubarkan dan dilebur ke dalam F Marinos, bukannya digabungkan. Akibatnya, mereka menolak untuk mengikuti F. Marinos dan malah mendirikan Yokohama FC (saingan baru F. Marinos di seluruh kota, dengan bantuan sumbangan publik dan afiliasi dengan IMG (sebuah perusahaan agen bakat).

Akibat munculnya klub Yokohama FC, maka nama panggilan (sebutan) oleh media dan publik untuk klub Yokohama F. Marinos bukan lagi sebagai F. Marinos.tapi kembali sebagai Marinos.

Pada tahun 2000 F. Marinos menjadi runner-up di J-League dan Shunsuke Nakamura dinobatkan sebagai pemain terbaik musim ini.

Pada tahun 2001, Marinos memenangkan Piala J.League.

Pada tahun 2003 dan 2004 F. Marinos adalah juara J-League dua kali dengan bintang tim tersebut adalah pemain Korea Selatan Ahn Jung-hwan,Yoo sang-chul dan pemain Jepang Daisuke Oku, Tatsuhiko Kubo dan Yuji Nakazawa (yang merupakan pemain terbaik tahun 2004). Pelatih mereka adalah Takeshi Okada dari Jepang, yang dinobatkan sebagai pelatih terbaik Liga Jepang pada tahun 2003 dan 2004.

Dari tahun 2005 hingga 2008 dengan pemain terkenal Hayuma Tanaka, Hideo Oshima, Daisuke Sakata dan Koji Yamase, F. Marinos tidak mencapai apa pun. Prestasi tertinggi yang mereka capai selama periode ini adalah semifinal Piala Kaisar 2008.

Pada tahun 2010, Shunsuke Nakamura kembali ke Yokohama F. Marinos.

Pada tanggal 4 Agustus 2011, setahun setelah meninggalkan klub, mantan pemain F. Marinos Naoki Matsuda pingsan saat berlatih bersama Matsumoto Yamaga FC karena serangan jantung dan meninggal pada usia 34 tahun.

Dan setelah dua kekalahan di semifinal pada tahun 2011 dan 2012 dan F. Marinos memenangkan Piala Kaisar 2013 pada Hari Tahun Baru 2014, yang pertama setelah 21 tahun dan pada tahun 2013, mereka menjadi runner-up di J-League.

Pada tanggal 20 Mei 2014, diumumkan bahwa City Football Group, anak perusahaan Abu Dhabi United Group, telah berinvestasi di saham minoritas di Yokohama F. Marinos, menciptakan kemitraan dengan klub sepak bola dan produsen mobil Nissan.

Dan setelah kekalahan beruntun seperti kekalahan di Final Emperor's Cup 2017 dan Final J.League Cup 2018, tim berhasil mendapatkan performa bagus berkat arahan pelatih Australia Ange Postecoglou yang mengakhiri kekeringan selama 15 tahun. dengan meraih gelar Liga J1 2019, dengan penekanan pada partisipasi Teruhito Nakagawa menjadi pemain terbaik musim ini dan pencetak gol terbanyak dengan 15 gol bersama Marcos Júnior.

Pada tahun 2020, F. Marinos berhasil lolos dari babak penyisihan grup untuk pertama kalinya sejak Liga Champions AFC beralih ke format saat ini.

Stadion[sunting | sunting sumber]

International Stadium Yokohama, salah satu dari dua stadion kandang Yokohama F. Marinos
International Stadium Yokohama, salah satu dari dua stadion kandang Yokohama F. Marinos
Stadion Mitsuzawa, salah satu dari dua stadion kandang Yokohama F. Marinos
Stadion Mitsuzawa, salah satu dari dua stadion kandang Yokohama F. Marinos

Stadion kandang tim adalah Stadion Nissan, atau dikenal sebagai Stadion Internasional Yokohama, dan Stadion Mitsuzawa. Tim berlatih di Kota Marinos yang terletak di area Minato Mirai, tetapi pindah ke Lapangan Kozukue yang terletak di sebelah lapangan kandang pada tahun 2016.

Pemain[sunting | sunting sumber]

Skuat saat ini[sunting | sunting sumber]

Per 23 Agustus 2021.[2]

Catatan: Bendera menunjukkan tim nasional sesuai dengan peraturan FIFA. Pemain dapat memiliki lebih dari satu kewarganegaraan non-FIFA.

No. Pos. Negara Pemain
1 GK Jepang JPN Yohei Takaoka
4 DF Jepang JPN Shinnosuke Hatanaka
5 DF Thailand THA Theerathon Bunmathan
6 MF Jepang JPN Takahiro Ogihara
7 FW Brasil BRA Élber
8 MF Jepang JPN Takuya Kida (Kapten)
9 FW Brasil BRA Léo Ceará
10 FW Brasil BRA Marcos Júnior
13 DF Brasil BRA Thiago Martins
14 MF Jepang JPN Jun Amano
17 MF Jepang JPN Ryo Miyaichi
18 MF Jepang JPN Kota Mizunuma
19 DF Jepang JPN Yuki Saneto
21 GK Jepang JPN Yuji Kajikawa
No. Pos. Negara Pemain
23 FW Jepang JPN Teruhito Nakagawa
24 DF Jepang JPN Tomoki Iwata
25 DF Jepang JPN Ryuta Koike
26 MF Jepang JPN Kota Watanabe
27 DF Jepang JPN Ken Matsubara
30 DF Jepang JPN Shunsuke Hirai
32 GK Jepang JPN Tomoki Tagawa
33 DF Jepang JPN Takuya Wada
34 GK Jepang JPN Hirotsugu Nakabayashi
36 DF Jepang JPN Ryotaro Tsunoda
37 MF Jepang JPN Takuto Minami
38 MF Jepang JPN Daizen Maeda
41 FW Jepang JPN Kenyu Sugimoto (dipinjam dari Urawa Red Diamonds)

Gelar[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Klub: Nama tim". f-marinos.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 19-04-2022. Diakses tanggal 2022-07-04. 
  2. ^ "選手・スタッフ". 横浜F・マリノス 公式サイト (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 14 May 2021.