Yesus dipersembahkan di Bait Allah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Yesus dipersembahkan di Bait Allah
Yesus dipersembahkan di Bait Allah karya Hans Holbein the Elder, 1500–01 (Kunsthalle, Hamburg)
Dirayakan oleh
JenisKristen
Tanggal2 Februari (pada kalender Julian; sekarang bertepatan pada 15 Februari pada kalender Gregorian)
14 Februari (Gereja Apostolik Armenia)

Yesus dipersembahkan di Bait Allah jatuh pada 2 Februari dan merayakan sebuah peristiwa awal dalam kehidupan Yesus. Dalam Gereja Ortodoks Timur, peristiwa tersebut merupakan salah satu dari dua belas Perayaan Besar, dan terkadang disebut Hypapante (Ὑπαπαντή, artinya "Pertemuan" dalam bahasa Yunani). Nama-nama tradisional lainnya meliputi Candlemas, Perayaan Purifikasi Perawan, dan Pertemuan Allah.

Dalam beberapa gereja liturgi Barat, Vesper (atau Compline) pada Perayaan Persembahan menandai akhir musim Epifani. Di Gereja Inggris, Persembahan Kristus di Bait Allah merupakan sebuah Perayaan Prinsipal yang dirayakan pada 2 Februari atau pada hari Minggu antara 28 Januari dan 3 Februari.

Dalam Gereja Katolik Ritus Latin, Persembahan tersebut merupakan Peristiwa Bahagia keempat dalam Doa Rosario. Peristiwa tersebut juga merekleksikan kebiasaan penggerejaan ibu-ibu baru empat puluh hari setelah kelahiran seorang anak.

Kitab suci[sunting | sunting sumber]

Pertemuan Allah, ikon Ortodoks Rusia abad ke-15.

Peristiwa tersebut dikisahkan dalam Injil Lukas (Lukas 2:22–40). Menurut Injil tersebut, Maria dan Yusuf menempatkan bayi Yesus ke Bait Allah di Yerusalem empat puluh hari (inklusif) setelah kelahiran-Nya untuk menyelesaikan purifikasi ritual Maria setelah melahirkan.

Tanggal[sunting | sunting sumber]

Pertemuan Allah, ikon Ortodoks dari Belarus (1731).

Dalam kalender liturgi Gereja Barat dan Timur, Persembahan Allah jatuh pada 2 Februari, empat puluh hari (inklusif) setelah Natal. Dalam Gereja Inggris, perayaan tersebut dirayakan pada hari tersebut, atau hari Minggu antara 28 Januari dan 3 Februari.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Catatan[sunting | sunting sumber]

Sumber[sunting | sunting sumber]

Bacaan tambahan[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Yesus dipersembahkan di Bait Allah
Didahului oleh:
Penyunatan Yesus
Peristiwa
Perjanjian Baru
Diteruskan oleh:
Bintang Bethlehem