Xiaoxuan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Permaisuri Wang (Hanzi: 王 皇后, nama pribadi tidak diketahui) secara resmi Permaisuri Xiaoxuan (Hanzi: 孝宣 皇后), setengah resmi Ibu Suri Qiongcheng (Hanzi: 邛成 太后), untuk membedakannya dengan menantunya, Ibu Suri Wang Zhengjun dengan nama marga yang sama. Permaisuri Xiaoxuan merupakan permaisuri ketiga Kaisar Xuan dari Dinasti Han.

Permaisuri Wang
Ibu Suri Qiongcheng
Permaisuri Dinasti Han
Masa Jabatan64 SM - 49 SM
PendahuluHuo Chengjun
PenerusWang Zhengjun
Informasi pribadi
Kematian16 SM
WangsaWang (kelahiran)
Liu (pernikahan)
Nama anumerta
Permaisuti Xiaoxuan
(孝宣 皇后)
AyahWang Fengguang
PasanganLiu Xun, Kaisar Xuan

Latar belakang keluarga dan pernikahan[sunting | sunting sumber]

Ayahanda Permaisuri Wang, Wang Fengguang (王奉光) adalah keturunan seorang markis bertindak (關內侯) ketika ia bertemu Kaisar Xuan saat ia masih seorang jelata, berdasarkan minat bersama mereka dalam sabung ayam. Menurut legenda, dia bertunangan dengan beberapa laki-laki berturut-turut, tetapi setiap kali tunangannya meninggal sebelum pernikahan dapat terjadi. Setelah Kaisar Xuan menjadi kaisar, ia membawanya sebagai seorang selir (sebagai Permaisuri Wang), tapi dia bukan salah satu favoritnya.

Istri pertama Kaisar Xuan, permaisuri Xu Pingjun diracun pada tahun 71 SM oleh Xian yang ambisius (顯), istri pemangku takhta Huo Guang, yang ingin menjadikan putrinya Huo Chengjun ratu—sebuah tujuan bahwa dia berhasil setelah kematian permaisuri Xu. Sementara Huo Chengjun menjadi permaisuri, dia diduga gagal mencoba beberapa kali untuk meracuni putra permaisuri Xu putra mahkota Liu Shi, untuk menjadikan calon putranya calon pewaris kekaisaran.

Setelah wangsa Huo dihancurkan dan permaisuri Huo digulingkan pada tahun 66 SM, Kaisar Xuan mempertimbangkan siapa yang akan dijadikan permaisuri. Pada saat itu, dia lebih menyukai Selir Hua, Zhang, dan Wei, yang masing-masing memberinya anak-anak. Dia hampir menetapkan Permaisuri Zhang sebagai Ratu barunya. Namun, dia menjadi ragu-ragu, mengingat bagaimana permaisuri Huo telah mencoba membunuh putra mahkota. Karena itu ia memutuskan untuk menciptakan seorang permaisuri yang tidak punya anak dan baik hati, ia memutuskan pada Permaisuri Wang, dan menciptakan permaisurinya pada tahun 64 SM. Ia juga menciptakan ayahandanya, Wang Fengguang, Markis Qiongcheng (邛 成 侯). Kaisar Xuan menempatkan Pangeran Shi di Perhatiannya, dan dia merawatnya dengan baik. Namun ia tetap bukan salah satu favorit Kaisar Xuan, dan dia jarang melihatnya.

Sebagai permaisuri, janda permaisuri, dan kemudian ibu suri[sunting | sunting sumber]

Makam Permaisuri Wang di Xi'an, Shaanxi

Permaisuri Wang akan memiliki peran dalam pilihan akhir Putra Mahkota Shi untuk seorang istri. Pada pertengahan tahun 50-an SM, Permaisuri Sima, permaisuri favorit Pangeran Shi meninggal karena penyakit. Pangeran Shi sedih dan jatuh sakit dan depresi dirinya sendiri. Kaisar Xuan prihatin, jadi dia memerintahkan Permaisuri Wang memilih dayang yang paling cantik dan muda serta mengirim mereka ke Pangeran Shi. Wang Zhengjun adalah salah satu wanita yang sedang menunggu terpilih. Dia, sebagai ibu dari putra kelahiran pertamanya Liu Ao (kemudian Kaisar Cheng), akhirnya akan menjadi istri dan permaisurinya.

Permaisuri Wang tidak diketahui memiliki pengaruh politik yang jelas sebagai seorang permaisuri. Setelah suaminya, Kaisar Xuan meninggal pada tahun 49 SM dan putra tirinya, Pangeran Shi, naik takhta sebagai Kaisar Yuan, ia bergelar janda permaisuri. ia akan hidup lebih lama dari ayahandanya. Dan setelah dia meninggal pada tahun 33 SM dan putranya, Putra Mahkota Ao naik takhta sebagai Kaisar Cheng, dia bergelar janda permaisuri agung, dan dia menjadi setengah resmi dikenal sebagai Janda Permaisuri Qiongcheng (berdasarkan gelar ayahandanya) untuk membedakannya dengan menantu perempuannya. Dia tampaknya tidak memiliki banyak pengaruh politik selama masa pemerintahan Kaisar Yuan atau Cheng, meskipun mereka tampaknya benar-benar mencintai dan menghormatinya sebagai ibu / nenek. Dia meninggal pada tahun 16 SM dan dimakamkan bersama dengan suaminya, Kaisar Xuan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Keluarga Aisin Gioro
Didahului oleh:
Permaisuri Huo Chengjun
Permaisuri Dinasti Han Barat
64 SM – 49 SM
Diteruskan oleh:
Permaisuri Wang Zhengjun