Wikipedia:Penilaian konten

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Sistem berikut ini digunakan oleh untuk menilai seberapa dekat kita dengan artikel dengan kualitas distribusi pada suatu topik. Sistem ini didasarkan pada sebuah skema huruf yang mencerminkan secara prinsip seberapa lengkap artikel tersebut, dengan kualitas bahasa dan tata letak yang juga menjadi faktornya. Sekali sebuah artikel meraih Kelas A, ia dianggap "lengkap", meskipun terus ada suntingan yang akan dibuat.

Penilaian kualitas utamanya diselenggarakan oleh peserta ProyekWiki, yang memberi tag pada halaman pembicaraan artikel. Tag-tag tersebut kemudian dikumpulkan oleh seorang bot, yang menciptakan keluaran seperti log dan statistik. Tim WP:1.0 sekarang sedang mengatur untuk menggunakan bot kedua untuk memilih artikel, berdasarkan penilaian yang diselenggarakan oleh ProyekWiki.

Ada dua level, AB (Artikel Bagus) dan AP (Artikel Pilihan), yang merupakan penilaian oleh penyunting-penyunting independen, bukan oleh ProyekWiki. AB umumnya diulas oleh penyunting tunggal, dan AP oleh sebuah panel. Kandidatnya dinominasikan/diusulkan dengan mendaftarkannya di Wikipedia:Artikel bagus/Usulan dan Wikipedia:Artikel pilihan/Usulan. Keputusan dibuat menurut kriterianya di Wikipedia:Artikel bagus/Kriteria dan Wikipedia:Artikel pilihan/Kriteria, dan hasilnya dimasukkan dalam daftar Wikipedia:Artikel bagus dan Wikipedia:Artikel pilihan.

Ada hal penting bahwa para penyunting tidak menjadikan penilaian ini untuk sumbangan mereka secara pribadi. Bisa dipahami bahwa kita masing-masing memiliki opini sendiri mengenai prioritas kriteria obyektif untuk sebuah artikel yang sempurna. Umumnya sebuah proyek aktif akan mengembangkan sebuah konsensus, sambil tetap memperhatikan bahwa proyek yang berbeda bisa jadi menggunakan variasinya sendiri dalam kriterianya untuk wilayah subyek yang sama. ProyekWiki yang lebih aktif memiliki sebuah tim penilaian. Jika Anda menyumbang banyak konten ke sebuah artikel, Anda bisa meminta sebuah penilaian independen.

Saat ini, sistem penilaian ini digunakan di proyek Wikipedia 1.0, dan di beberapa ratus ProyekWiki di Wikipedia Bahasa Inggris. Per Mei 2007, lebih dari 5,1 juta artikel telah dinilai. Beberapa bahasa lain juga menggunakan sistem penilaian ini atau model turunannya.