Wikipedia:Pengalihan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Untuk informasi umum mengenai pengalihan/redirect dalam MediaWiki, lihat meta:redirect — bagian dari Panduan Pengguna MediaWiki.

Pengalihan (redireksi, Inggris: redirect) adalah sebuah fitur di Wikipedia dan situs-situs MediaWiki lainnya untuk meneruskan satu halaman ke halaman lainnya. Sebuah halaman pengalihan (halaman redireksi, Inggris: redirect page) adalah suatu halaman tanpa isi, selain sebaris kode:

#ALIH [[Target]]

"Target" adalah nama dari halaman tujuan pengalihan. Jika target ini menuju pada suatu halaman yang telah ada pada proyek yang sama, menggunakan pengalihan ini (melalui pranala pada halaman lain, mengetikkan langsung di alamat URL penjelajah web, atau menggunakan tombol "tuju ke") akan menampilkan halaman baru, seolah seperti mengikuti pranala, dengan perbedaan adalah penjelajah web menampilkan URL asli, dan halaman baru menampilkan pesan pengalihan di bawah judul.

Ada banyak alasan mengapa halaman pengalihan diperlukan (atau dibatasi):

  • Pemindahan suatu halaman atau mengganti judul halaman (memberi nama baru) - apabila seseorang membuat suatu artikel berjudul "A", namun ingin mengganti judulnya, maka dilakukan pengalihan atau pemindahan halaman ke judul yang baru, misalnya "B". Pada prinsipnya yang dilakukan adalah membuat halaman dengan judul baru dengan isi yang sama dengan isi halaman lama sedangkan halaman dengan judul lama akan dialihkan ke halaman baru ini.
  • Penggabungan dua halaman (atau lebih), atau apabila suatu subjek/topik belum layak berdiri sendiri menjadi suatu artikel, dapat dibuat menjadi pengalihan dulu. Apabila di masa mendatang subjek yang dialihkan tersebut sudah memiliki cukup pembahasan yang signifikan di sumber-sumber tepercaya, maka pengalihan dapat "dimatikan" dan halaman tersebut dapat dibuat menjadi artikel mandiri.
  • Apabila judul asli mengandung kesalahan, tidak sesuai dengan kaidah tata bahasa bahasa Indonesia maupun pedoman penulisan di Wikipedia bahasa Indonesia, menggunakan istilah asing yang ada padanannya dalam bahasa Indonesia, atau alasan lainnya, maka penyunting lain juga dapat memindahkan halaman tersebut, tidak harus pengguna (Wikipediawan) yang memulai artikel tersebut.
  • Apabila suatu halaman ditulis/diletakkan pada Ruang nama yang salah, misalnya sebuah artikel yang ditulis di halaman pembicaraan, atau seorang Wikipediawan menulis draf artikel di bak pasir pribadi, kemudian setelah jadi ingin dipindahkan ke ruang nama utama, maka halaman tersebut dapat dipindahkan ke ruang nama yang baru.
  • Apabila ada alasan teknis, maka pengurus dapat memindahkan sebuah halaman
  • Apabila ada perang pengalihan, atau menjaga supaya suatu halaman penting (misalnya Halaman Utama) tidak dipindahkan, maka pengurus dapat melindungi suatu halaman dari pengalihan

Anda harus masuk log sebelum dapat menggunakan fitur ini. Untuk melakukan pemindahan, gunakan menu "pindahkan" yang terdapat pada tab di atas setiap halaman.

Berikut ini jenis-jenis pengalihan yang dapat dijumpai di Wikipedia bahasa Indonesia.

Pengalihan ganda

Sebelum membuat suatu pengalihan, periksa bahwa halaman yang akan menjadi tujuan pengalihan benar-benar merupakan artikel yang diinginkan, bukan malah juga merupakan halaman pengalihan yang lain.

Pengalihan halaman hanya berlaku sekali saja. Misalnya, jika halaman A berisi pengalihan ke halaman B, dan halaman B berisi pengalihan ke halaman C maka:

  • Jika Anda mengakses halaman B, maka otomatis yang muncul adalah halaman C (halaman yang benar).
  • Jika Anda mengakses halaman A, yang muncul bukanlah halaman C melainkan halaman B yang isinya adalah link ke halaman C. (inilah yang disebut "pengalihan halaman ganda").

Pengalihan rusak

Misalnya Anda berniat membuat artikel dengan judul A dan bermaksud pula membuat artikel pengalihannya misalnya dengan judul B yang akan dialihkan ke A. Hindari membuat halaman pengalihannya terlebih dahulu (B) karena disaat Anda membuat B, halaman tujuannya (A) belum ada. Inilah yang disebut halaman pengalihan rusak. Ini untuk menghindari kondisi di mana pengguna menunda untuk membuat halaman yang sebenarnya ketika ia sudah membuat halaman pengalihannya terlebih dahulu.

Pengalihan berkas

Seorang pengurus memiliki hak khusus untuk memindahkan berkas. Berkas yang dipindahkan biasanya adalah berkas dengan nama-nama yang tidak lazim. Berkas yang dipindahkan tetap dapat ditampilkan secara benar tanpa perlu mengubah nama berkas yang lama menjadi yang baru.

Pengalihan lunak

Pengalihan lunak adalah sebuah halaman pendek untuk melihat halaman di proyek Wikimedia atau Wikipedia bahasa lain. Teknik ini biasanya digunakan untuk memberikan pesan pengalihan antara proyek Wikimedia lain. Pengalihan normal (keras) tidak akan dapat di gunakan dalam kondisi ini karena pengalihan tersebut akan sulit disunting, tanpa mengubah pranala ke URL yang tepat.

Pengalihan lunak digunakan dengan menambah templat {{softredirect}} ke artikel yang hendak diberikan pengalihan lunak.

Topik terkait

Lihat pula