Wanda Austin

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Wanda Austin
Lahir1954 (umur 69–70)
The Bronx, New York City, Amerika Serikat
Hasil kerja
Disiplin ilmuTeknik kedirgantaraan
Keanggotaan pada institusi

Wanda M. Austin (lahir 1954; umur 65–66 tahun) adalah mantan presiden dan CEO di The Aerospace Corporation, ia merupakan seorang arsitek terkemuka pada program keamanan luar angkasa nasional milik negara, dan menjadi wanita pertama sekaligus orang Afrika-Amerika pertama yang memegang posisi tersebut. Austin mulai menjabat posisi tersebut pada 1 Januari 2008, dan pensiun pada 1 Oktober 2016.[1] Ia kemudian menjadi konsultan untuk perusahaan tersebut.

Austin menjabat sebagai presiden sementara di Universitas California Selatan, setelah pengunduran diri C. L. Max Nikias.[2][3] Ia merupakan wanita pertama sekaligus orang Afrika-Amerika pertama yang memegang posisi tersebut.[4]

Ia kemudian menjabat sebagai dewan direksi di Space Foundation dan Chevron Corporation, dan dewan pengawas di Universitas California Selatan dan Yayasan National Geographic.

Awal kehidupan dan pendidikan[sunting | sunting sumber]

Austin lahir di The Bronx, New York City. Ia merupakan lulusan Bronx High School of Science.[5] Ia mendapatkan gelar Sarjana pada bidang matematika dari Franklin & Marshall College, dan mendapatkan gelar Magister pada bidang teknik sistem (1977) dari Univeristy of Pittsburgh. Setelah menyelesaikan gelar Magisternya, ia bekerja di Rockwell International selama 8 bulan, sebelum ia bergabung ke bergabung ke Aerospace Corporation di El Segundo, California pada tahun 1979, di mana ia bekerja di berbagai aspek pada komunikasi dan pertahanan satelit. Pada tahun 1988, ia mendaparkan gelar Doktor (PhD) dari Universitas California Selatan, dengan disertasi yang berjudul, "Understanding Natural Language in the Application of System Dynamics Modelling". Austin menjelaskan karyanya pada program MILSAC (Millitary Satellite Communications) di Aerospace Corporation dan membahas mengenai bagaimana Perang Dingin memberikan dampak pada bisnis satelit dan teknologi luar angkasa.

Karier[sunting | sunting sumber]

Austin pernah menjadi wakil presiden senior di Aerospace's National System Group sebelum menjadi CEO. Perusahaan tersebut menunjang keamanan luar angkasa nasional dan komunitas intelijen.[6] Sebelum itu, ia menjabat sebagai wakil presiden senior di kelompok teknik dan teknologi pada perusahaan tersebut. Sebelum bekerja di Aerospace, Austin bekerja di Rockwell International sebagai staf teknis.

Pada tahun 2015, Austin dipilih oleh Presiden Barack Obama untuk menjabat di President’s Council of Advisors on Science and Technology (PCAST). PCAST merupakan kelompok penasihat yang terdiri atas ilmuwan dan insinyur terkemuka yang secara langsung memberi nasihat kepada Presiden dan Kantor Eksekutif Presiden. Pada tahun 2009, Austin menjabat sebagai anggtoa NASA Advisory Council dan U.S. Human Space Flight Plans Comitee, keduanya ditugaskan oleh Gedung Putih.[5]

Pada tahun 2010, Austin ditunjuk ke Defense Science Board. Austin merupakan anggota dari California Council on Science and Technology (CCST),[7] National Academy of Engineering (NAE), Akademi Seni dan Ilmu Pengetahuan Amerika Serikat, International Academy of Astronautics, dan anggota dari American Institute of Aeronautics and Astronautics (AIAA). Ia menjabat pada dewan direksi di Space Foundation, dan pada dewan pengawas untuk Universitas California Selatan dan National Geographic Society.

Pada 7 Agustus 2018, Austin diangkat sebagai presiden sementara Universitas California Selatan setelah pengunduran diri C. L. Max Nikias.[8][9][10] Ia kemudian digantikan oleh pengganti tetap universitas, Carol Folt, pada tahun 2019. Pihak universitas membuat beasiswa dengan namanya sebagai ucapan terima kasih dan pengakuan atas kepemimpinannya.

Buku[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2016, Austin menerbitkan sebuah buku yang berjudul Making Space: Strategic Leadership for a Complec World.[11]

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Austin merupakan penerima National Intelligence Medallion untuk Jasa yang Berharga, Air Force Scroll of Achievement, dan Gold Distinguished Service Medal oleh Badan Pengintaian Nasional. Pada tahun 2010, ia menerima von Braun Award dari American Institute of Aeronautics and Astronautics untuk Keunggulan dalam Program Manajeman Luar Angkasa,[5] dan Air Force Scroll of Achievement. Ia juga menerima Horatio Alger Award 2012[5] dan NDIA Peter B. Teets Industry Award 2012. Ia juga menerima USC Presidential Medallion pada tahun 2018.[12]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ (Inggris) "Dr. Wanda M. Austin Biography". The Aerospace Corporation. Diarsipkan dari versi asli tanggal 9 Mei 2020. Diakses tanggal 15 Juli 2020. 
  2. ^ (Inggris) Ryan, Harriet; Hamilton, Matt (13 Desember 2018). "USC trustees back president's ouster of business school dean over handling of harassment cases". Los Angeles Times. Diakses tanggal 16 Desember 2018. 
  3. ^ (Inggris) Mozingo, Joe (4 Maret 2019). "How Wanda Austin blazed a trail from public housing to a perch as USC's acting president". Los Angeles Times. Diakses tanggal 4 Maret 2019. 
  4. ^ (Inggris) "USC Board of Trustees honors Wanda Austin's leadership as interim president". USC News (dalam bahasa Inggris). 2019-06-07. Diakses tanggal 2020-06-10. [pranala nonaktif permanen]
  5. ^ a b c d (Inggris) "Wanda M. Austin". Horatio Alger Association of Distinguished Americans. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-11-02. Diakses tanggal 7 Oktober 2013. 
  6. ^ (Inggris) Kershner, Kate. "Famous Black Engineers Throughout History". HowStuffWorks. Diakses tanggal 23 Februari 2015. 
  7. ^ (Inggris) "Wanda Austin". California Council on Science and Technology. Diakses tanggal 7 Oktober 2013. 
  8. ^ (Inggris) "BoT Chair Communication 080718" (PDF). University of Southern California. 2018. Diakses tanggal 7 Agustus 2018. 
  9. ^ (Inggris) "Wanda Austin, engineer and businesswoman, named USC interim president". USC News (dalam bahasa Inggris). 7 Agustus 2018. Diakses tanggal 8 Mei 2020. [pranala nonaktif permanen]
  10. ^ (Inggris) "Wanda Austin Named University of Southern California Interim President". All Together (dalam bahasa Inggris). 19 Desember 2018. Diakses tanggal 8 Mei 2020. 
  11. ^ (Inggris) "Wanda Austin's Biography". The HistoryMakers. Diakses tanggal 26 Februari 2019. 
  12. ^ (Inggris) "Biography | Wanda M. Austin | USC". www.president.usc.edu. Diakses tanggal 23 Maret 2019.