Volkswagen Jetta

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Volkswagen Jetta

Volkswagen Jetta Mk5 2.5 (US)
Informasi
ProdusenVolkswagen
Masa produksi1979–sekarang
Bodi & rangka
KelasMobil keluarga kecil
PlatformSeri Platform A Grup Volkswagen
Kronologi
PendahuluVolkswagen Beetle

Volkswagen Jetta adalah mobil keluarga kecil yang diproduksi oleh perusahaan otomotif Jerman Volkswagen sejak tahun 1979. Mobil ini diposisikan untuk mengisi pasar sedan dari model hatchback Golf. Mobil ini sudah dipasarkan dengan 5 generasi dengan nama bermacam-macam: Atlantic, Bora, City Jetta, Jetta City, Fox, GLI, Jetta, Sagitar, dan Vento.

VW Jetta pada awalnya adalah mobil Golf hatchback yang ditambah bagasi di bagian belakang, dengan sedikit perubahan style. Ditawarkan dalam versi sedan 2 dan 4 pintu, station wagon 5 pintu - yang semuanya mempunyai 5 tempat duduk. Sampai tahun 2005, mobil ini telah terjual sebanyak lebih dari 6,6 juta unit di seluruh dunia, lebih dari sepertiganya terjual di Amerika Serikat. Sejak diperkenalkan pertama kali tahun 1980, mobil ini telah bertambah panjang dan kapasitas mesinnya membesar dari generasi ke generasi.[1] Sampai pertengahan 2011, sudah ada 10 juta unit Jetta yang terjual di seluruh dunia.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "ALL-NEW JETTA MAKES WORLDWIDE DEBUT AT L.A. AUTO SHOW" (Siaran pers). Volkswagen of America. 2005-01-05. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2005-07-24. Diakses tanggal 2009-09-03. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]