Puncak Victoria

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Victoria Peak)
Puncak Victoria

Puncak Victoria atau dikenal juga sebagai The Peak (Inggris: Victoria Peak) adalah sebuah gunung di Hong Kong, Tiongkok. Puncak tersebut terletak di bagian barat daya Pulau Hong Kong dengan ketinggian 552 meter.

The Peak adalah salah satu objek wisata yang paling populer di Hong Kong dengan 6 juta orang mengunjunginya tiap tahun. Hal yang menarik turis ke The Peak adalah pemandangannya yang indah mencakup Pulau Hong Kong dan Kowloon. Lokasi ini juga merupakan tempat tinggal elit.

Transportasi[sunting | sunting sumber]

Victoria Peak bisa dicapai lewat jalan biasa dan Peak Tram, sebuah kereta funikular. Apabila menggunakan tram, penumpang bisa melihat pemandangan Pulau Hong Kong di satu sisi sedangkan jika menggunakan jalan, bisa melihat seluruh bagian dari Hong Kong.

Peak Tower[sunting | sunting sumber]

Peak Tower adalah sebuah menara di Victoria Peak yang juga menjadi pemberhentian paling atas dari Peak Tram. Perancangnya menginginkan desain yang secara jelas menarik perhatian namun tidak mengganggu pemandangan sekitar. Arsitek Terry Farrell merancang menara ini dengan bentuk wajan (setengah lingkaran dengan sisi lurus di bagian atas) dan memiliki 7 lantai dengan total luas 10,400 m².

Beberapa atraksi di Peak Tower adalah Ripley's Believe It or Not! Odditorium, Hong Kong's Historical Adventure, dan museum patung lilin Madame Tussaud's namun museum ini sedang dalam perbaikan dan akan dibuka kembali pada awal 2006.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]