Variety, the Children's Charity

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Variety, the Children's Charity adalah suatu organisasi yang didirikan di Pittsburgh, Pennsylvania pada 10 Oktober 1927 ketika sebuah kelompok beranggotakan sebelas orang yang terlibat dalam bisnis pertunjukan mendirikan sebuah klub sosial yang mereka namai "Variety Club". Pada Malam Natal 1928, bayi kecil ditinggalkan di tangga Teater Film Sheridan Square, dengan sebuah catatan yang tertulis:

Tolong jaga bayi saya. Namanya Catherine. Aku tidak bisa lagi menjaganya. Aku punya delapan orang lainnya. Suami saya tidak bekerja. Dia lahir pada Hari Thanksgiving. Saya selalu mendengar tentang kebaikan orang-orang bisnis pertunjukan dan berdoa kepada Tuhan bahwa Anda akan menjaganya. Ditandatangani, ibu yang patah hati.

Karena usaha untuk melacak ibu tersebut gagal, anggota Variety Club menamai anak Catherine Variety Sheridan, dinamai dari klub dan teater dimana ia ditemukan, dan melakukan pendanaan untuk biaya hidup dan pendidikan anak-anak. Kemudian klub tersebut memutuskan untuk mengumpulkan dana untuk anak-anak kurang beruntung lainnya.[1][2]

Penemuan bayi tersebut menginspirasi Paramount Pictures dalam film Variety Girl (1947).

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada bulan Mei 1947, sekelompok anggota Variety Club of New England, mengunjungi laboratorium Sidney Farber di Children's Hospital Boston, di mana Farber belajar leukemia masa kecil. Sebagai hasil dari tur ini, pemimpin kelompok tersebut, Bill Koster, dan Farber akhirnya mendirikan Dana Penelitian Kanker Anak untuk mengumpulkan dana dan mensponsori penelitian mengenai bentuk kanker yang mempengaruhi anak-anak.[3]

Kedua pria itu juga mendirikan The Jimmy Fund,[4] yang menggalang dana bagi Institut Kanker Dana–Farber.

Terminologi[sunting | sunting sumber]

Dari asal-usulnya di dunia bisnis pertunjukan, Variety sering menggunakan terminologi karnaval dan sirkus. Misalnya, sebuah badan amal lokal atau nasional dikenal sebagai "tenda" (tents), dan dewan pengawas utama dan yang lain dari tenda tertentu disebut Kru (Crew). Hal ini dinamakan setelah mereka yang mendirikan tenda sirkus tua atau saat ini menyediakan berbagai ahli teknis untuk membuat film atau panggung produksi langsung. Ketua dewan direksi disebut Chief Barker, dari orang yang mengumpulkan pelanggan di arena tersebut.[5]

Teleton[sunting | sunting sumber]

Di beberapa tempat, Variety memegang penggalangan dana teleton untuk organisasi tersebut.[6]

  • Saat ini, WKBW-TV di Buffalo, New York mengadakan teleton Variety tahunan untuk Rumah Sakit Wanita dan Anak-anak pada bulan Maret. Telethon telah berjalan setiap tahun sejak 1963. Dalam beberapa tahun terakhir, WKBW, dengan alasan masalah anggaran, telah mengurangi panjang teleton, berjalan dari jam 7 pagi sampai jam 7 malam. Penyelenggara mengklaim bahwa ini adalah telethon terpanas yang diproduksi secara terpanjang di dunia, meskipun teleton WHAS Crusade for Children dan Green Bay Cerebral Palsy di WBAY-TV keduanya memulai operasinya sebelum teleton Variety Buffalo. Entertainer Clint Holmes menjadi host teleton; dari tahun 1994 sampai 2012, Art "Mr. Food" Ginsburg juga merupakan co-host.
  • CHAN-DT di Vancouver mengadakan teleton tahunan Show of Hearts setiap tahunnya, biasanya pada akhir pekan kedua bulan Februari, untuk organisasi Variety di British Columbia; sebelumnya menampilkan aksi hidup di antara cerita dan permintaan untuk disumbangkan, teleton saat ini menampilkan konser pra-rekaman sebagai hiburan, dengan cara yang sama dengan pledge drive di kebanyakan stasiun PBS.
  • CKND-TV Winnipeg mempresentasikan acara tahunan Show of Hearts setiap musim semi, melalui awal-2000an (dekade).
  • KIRO-TV di Seattle mengadakan Teleton Variety Club tahunan dari tahun 1969-1989. Teleton terakhir terjadi pada tahun 1989 di mana cabang Barat Laut Pasifik ditutup pada tahun 1992.

Negara dengan cabang[sunting | sunting sumber]

Sampai saat ini organisasi telah berkembang dengan mencakup 41 cabang (atau "tenda" (tents) seperti yang disebut organisasi) di 11 negara di seluruh dunia, termasuk:

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Our History". Variety Club. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-11-14. Diakses tanggal 6 September 2011. 
  2. ^ "Miss World 2015 presents the Variety Property Award". The Times of India. 14 Mei 2016. Diakses tanggal 14 Juli 2016. 
  3. ^ Vincent, David (29 Juni 2017). "Charity Variety, improves the lives of children across the UK". Ipswich Star. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-06-29. Diakses tanggal 14 Juli 2017. 
  4. ^ Mukherjee, Siddhartha (16 November 2010). The Emperor of All Maladies: A Biography of Cancer. Simon and Schuster. hlm. 95–96. ISBN 978-1-4391-0795-9. Diakses tanggal 6 September 2011. 
  5. ^ "Variety International Children's Fund". Variety, the Children's Charity. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-06-21. Diakses tanggal 4 Juli 2017. 
  6. ^ Spencer, Gowan (21 Juni 2017). "Radiothon Day 1 raises over $26K for Variety – the Children's Charity". My Prince George Now. Diakses tanggal 14 Juli 2017. 
  7. ^ "Vancouver Entrepreneur to donate $500,000 in matching funds for Variety - the Children's Charity of British Columbia". Canada News Wire. 28 Juni 2017. Diakses tanggal 14 Juli 2017. 
  8. ^ "Alex Stankovic host Miss World Australia fundraiser for Variety at Stella Italian Kitchen". Daily Telegraph. 5 Juli 2016. Diakses tanggal 14 Juli 2016. 
  9. ^ "Kennards Hire honoured with Variety International Corporate Award". Fundraising & Philanthropy Magazine Australia. 12 Juli 2017. Diakses tanggal 14 Juli 2017. 
  10. ^ "Miss World Celebrates With Variety Club Japan". Beauty with a Purpose. 4 Juli 2013. Diakses tanggal 12 Juli 2013. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Asia Pasifik

Eropa

Timur Tengah / Afrika

Amerika Utara

Amerika Selatan