Valentin Varennikov

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Valentin Varennikov
Valentin Varennikov pada Agustus 1994 setelah dia dibebaskan oleh Mahkamah Agung Rusia
Nama asliВалентин Иванович Варенников
Lahir(1923-12-15)15 Desember 1923
Krasnodar, RSFS Rusia, Uni Soviet
Meninggal6 Mei 2009(2009-05-06) (umur 85)
Moskwa, Rusia
PengabdianUni Soviet
Dinas/cabangAngkatan Darat Soviet
Lama dinas1941–1991
PangkatJenderal
Komandan
  • Panglima Angkatan Darat Soviet
  • Wakil Menteri Pertahanan Uni Soviet
Perang/pertempuran
Penghargaan
Pekerjaan lainanggota parlemen Rusia

Valentin Ivanovich Varennikov (bahasa Rusia: Валентин Иванович Варенников) (15 Desember 1923 – 6 Mei 2009)[1] adalah seorang jenderal dan politikus Soviet/Rusia, yang terkenal sebagai salah satu perencana dan pemimpin Perang Soviet-Afganistan, serta salah satu penghasut upaya kudeta Uni Soviet 1991.

Kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

Valentin Varennikov lahir dari keluarga Kazaki yang miskin di Krasnodar. Ayahnya, yang berperang dalam Perang Saudara Rusia, lulus dari institut industri Moskwa dan menjadi seorang manajer. Ibunya meninggal pada 1930 ketika dia berusia tujuh tahun.[2]

Karier[sunting | sunting sumber]

Dia menjadi perwira junior di Tentara Merah dan ikut bertempur dalam Pertempuran Stalingrad serta dalam operasi militer yang sukses untuk merebut kembali Ukraina dan Belorusia dari tentara Jerman. Varennikov menyelesaikan Perang Patriotik Besar dalam Pertempuran Berlin sebagai salah satu panglima pasukan Soviet yang merebut Reichstag.

Varennikov tinggal di Jerman Timur sebagai perwira pada pasukan Soviet. Ia ditempatkan di sana sampai tahun 1950.

Pada 1954 dia lulus dari Akademi Militer Frunze di Moskwa dan ditunjuk sebagai pangilima distrik militer bagian utara yang bertanggung jawab atas pasukan darat Soviet di wilayah Kutub

Tahun 1969, Varennikov bertanggung jawab atas Pasukan Kejutan Ketiga, dan tahun 1979 menjadi Wakil Kepala Staf Umum Soviet.

Selama tahun-tahun terakhir Perang Soviet-Afganistan, Varennikov menjadi wakil pribadi Menteri Pertahanan Uni Soviet di Kabul, dan melakukan perundingan-perundingan dengan para anggota Misi PBB yang mengawasi penarikan mundur pasukan Soviet dari Afganistan antara tahun 1988 dan 1989.

Tahun 1989, Jendral Varennikov diangkat sebagai Panglima Tertinggi Angkatan Darat dan Wakil Menteri Pertahanan Uni Soviet

Tahun 1991 dalam usaha kudeta Soviet, ia bergabung dengan pasukan yang menentang pemimpin Soviet saat itu, Mikhail Gorbachev. Setelah kudeta itu gagal, Jendral Varennikov ditangkap, diadili dan dituntut bersama dengan para anggota komplotan kudeta lainnya dan dibebaskan oleh Mahkamah Agung Rusia pada 1994. Dia adalah satu-satunya dari anggota kelompok perencana kudeta yang menolak untuk menerima amnesti.

Tahun 1995, Varennikov, sebagai anggota Partai Komunis Rusia, terpilih sebagai anggota Duma Negara. Di Duma, Varennikov menjadi ketua Komisi Urusan Veteran.

Tahun 2003, dia bergabung dengan blok Rodina dan menjadi salah satu pemimpinnya.

Valentin Varennikov adalah seorang Pahlawan Uni Soviet dan memiliki gelar kehormatan Ksatria Bintang Kemuliaan serta sejumlah medali dan penghargaan Soviet, Rusia, dan negara-negara lainnya.

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Dia memiliki dua putra dan tinggal di Moskwa, dia meninggal dunia pada 6 Mei 2009, pada usia 85 tahun. Salah satu putranya, Vladimir Varennikov, adalah purnawirawan Letnan Jenderal di Angkatan Darat Rusia, seorang veteran perang Afganistan dan juga seorang anggota parlemen dari partai Rodina.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]