UB40

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
UB40
AsalBirmingham,  England
GenrePop, reggae, dub, ska
Tahun aktif1978–sekarang
LabelGraduate, DEP, EMI
Artis terkaitUB40 Reunited, Chrissie Hynde, Afrika Bambaataa, Robert Palmer, Lady Saw, Hunterz, The Dhol Blasters
Situs webub40.global
AnggotaJimmy Brown
Robin Campbell
Earl Falconer
Norman Hassan
Brian Travers
Duncan Campbell
Martin Meredith
Lawrence Parry
Tony Mullings
Mantan anggotaAli Campbell, Terence Wilson, Mickey Virtue

UB40 adalah kelompok reggae yang dibentuk pada 1978 di Birmingham. Namanya diambil dari formulir untuk orang tunakarya, yaitu Unemployment Benefit, Form 40. Dibentuk oleh Ali Campbell dan Brian Travers yang berkeliling Birmingham sambil menempelkan poster UB40 di mana-mana. Mereka membeli alat musik pertamanya dengan £4,000 uang kompensasi yang didapat Campbell dari sebuah perkelahian di bar dalam pesta ulang tahunnya ke-17.

Konser pertama mereka adalah pada tanggal 9 Februari 1979 di The Hare & Hounds Pub, Kings Heath, Birmingham untuk pesta ultah seorang teman mereka. UB40 mulai terkenal ketika Chrissie Hynde mengundang mereka sebagai band pembuka The Pretenders. Single pertama UB40, "King"/"Food For Thought" diterbitkan oleh Graduate Records, sebuah perusahaan rekaman independen milik David Virr. Single tersebut mencapai #4 di UK Singles Chart.

Album pertama mereka dijuduli Signing Off, karena mereka tidak lagi menerima uang tunakarya. Album ini mencapai #4 di tangga album UK dan bertahan 72 minggu di sana.

UB40 baru mencapai sukses di AS setelah album Labour of Love, kumpulan lagu cover, pada 1983. Album ini mencapai #1 di UK dan #8 di Billboard Top 200. Hit dari album ini adalah "Red Red Wine", cover dari lagu Neil Diamond.

Single terlaris mereka adalah cover lagu Elvis Presley "(I Can't Help) Falling In Love With You" yang dimasukkan ke soundtrack film Sliver dan mencapai #1 di Eropa dan AS.

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]