Tom Brokaw

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Tom Brokaw
Foto Tom Brokaw pada tahun 2007
LahirThomas John Brokaw
6 Februari 1940 (umur 84)
Bristol, South Dakota, Amerika Serikat
PekerjaanWartawan televisi
Karya terkenalToday co-anchor
(1976-1981)
jangkar berita NBC Nightly News
(1982-2004)
Koresponden khusus NBC News
(2004-sekarang)
moderator Meet the Press
(2008-sekarang)
Suami/istriMeredith Lynn Auld
AnakJennifer Jean
Andra Brooks
Sara Auld

Thomas John Brokaw (lahir 6 Februari 1940) adalah penulis dan wartawan televisi Amerika Serikat. Ia sekarang menjadi moderator sementara program berita/wawancara Meet the Press di NBC. Tom Brokaw dikenal sebagai mantan jangkar berita dan redaktur program berita petang NBC Nightly News. Penampilannya yang terakhir kali di NBC Nightly News adalah pada 1 Desember 2004 sebelum perannya digantikan Brian Williams. Berkat Tom Brokaw, NBC Nightly News berhasil menjadi program berita paling banyak disaksikan pemirsa televisi dan televisi kabel di Amerika Serikat. Selain itu, Brokaw juga menjadi pembawa acara, penulis, dan moderator acara-acara khusus.

Tom Brokaw adalah anggota Board of Visitors di Sekolah Komunikasi Massa Universitas Howard dan anggota dewan komisaris Universitas South Dakota, Museum Norton Simon, Museum Sejarah Alam Amerika, dan International Rescue Committee. Selain karya-karyanya di bidang jurnalisme televisi, Tom Brokaw juga menulis buku dan artikel majalah. Setelah pensiun sebagai jangkar berita NBC, hingga kini Tom Brokaw masih tercatat di NBC sebagai Koresponden Khusus.[1] Kesibukan lainnya adalah ikut serta dalam berbagai film dokumenter untuk The History Channel dan ESPN.

Sepanjang kariernya, Tom Brokaw menjadi satu-satunya presenter berita dalam sejarah NBC yang berpengalaman memandu tiga program berita utama NBC: The Today Show (1970-an), NBC Nightly News (1980-an hingga 2004), dan Meet the Press (pengganti sementara bagi Tim Russert, 2008).

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Tom Brokaw - Council on Foreign Relations". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2008-02-07. Diakses tanggal 27 Februari 2008. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]