The Tale of Despereaux

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
The Tale of Despereaux
Poster rilis teatrikal
SutradaraSam Fell
Rob Stevenhagen
ProduserGary Ross
Allison Thomas
SkenarioGary Ross
Cerita
Berdasarkan
novel
The Tale of Despereaux
oleh Kate DiCamillo
PemeranMatthew Broderick
Elisha Harris
Emma Watson
Robbie Coltrane
Frances Conroy
Tony Hale
Ciarán Hinds
Dustin Hoffman
Richard Jenkins
Kevin Kline
Frank Langella
Christopher Lloyd
William H. Macy
Tracey Ullman
NaratorSigourney Weaver
Penata musikWilliam Ross
SinematograferBrad Blackbourn
PenyuntingMark Solomon
Perusahaan
produksi
DistributorUniversal Pictures
Tanggal rilis
19 Desember 2008 (2008-12-19)
Durasi93 menit
NegaraBritania Raya
Amerika Serikat
BahasaInggris
Anggaran$60 juta[1]
Pendapatan
kotor
$86.947.965[1]

The Tale of Despereaux adalah sebuah film animasi komputer produksi Inggris-Amerika Serikat tahun 2008 yang disutradarai oleh Sam Fell dan Robert Stevenhagen. Kisah film ini didasarkan pada buku fantasi tahun 2003 berjudul sama karangan Kate DiCamillo, film ini dinarasikankan oleh Sigourney Weaver dan bintang oleh Matthew Broderick dan Emma Watson. The Tale of Despereaux dirilis pada tanggal 19 Desember 2008 oleh Universal Pictures.

Plot[sunting | sunting sumber]

Film dimulai dengan perjalanan sebuah kapal laut ke Kerajaan Dor untuk menghadiri pergelaran ‘Royal Soup Day’ atau Hari Sup Kerajaan. Roscuro (Dustin Hoffman), seekor tikus hitam, ada di kapal laut itu bersama teman manusianya Pietro. Roscuro dibuat terpesona dengan aroma dari sup yang disiapkan sang koki istana dan dia pun lepas dari Pietro untuk mencari sumbernya. Kemudian, dia menemukan ruang jamuan makan istana dan jatuh ke dalam sup sang Ratu ketika ia pertama kali mencobanya. Sang Ratu pun mengalami serangan jantung ketika melihat Roscuro dan meninggal dengan wajah masuk ke mangkuk supnya. Roscuro pun dikejar oleh pengawal istana. Pengejaran berakhir ketika Roscuro jatuh ke lubang dan berakhir di ruang bawah tanah.

Dirundung duka, sang Raja kemudian memerintahkan bahwa sup dilarang dan tikus hitam dibuang dari kerajaan, dan akhirnya kerajaan itu pun diselimuti kegelapan dan kesedihan abadi. Sementara itu Roscuro bertemu dengan Botticelli (Ciarán Hinds), sang pemimpin dunia tikus hitam. Beberapa tahun berlalu, kemudian lahirlah seekor tikus kecil putih petualang, Despereaux (Matthew Broderick), dan tikus kecil itu berteman dengan Putri Pea (Emma Watson) yang kesepian. Waktu Dewan Kota Tikus tahu bahwa Despereaux telah melanggar aturan dengan berbicara dengan manusia, mereka membuangnya ke ruang bawah tanah, di mana dia diselamatkan oleh Roscuro. Despereaux bercerita pada Roscuro tentang kesedihan sang Putri, cerita itu menyentuh hati Roscuro. Dia jadi ingat bahwa dialah yg menyebabkan semua kesedihan di Kerajaan Dor, walaupun sebenarnya dia tidak sengaja melakukannya. Roscuro mencoba mendekati sang Putri untuk meminta maaf, tetapi sang Putri malah ketakutan dan mengusirnya pergi. Dengan perasaan sakit, Roscuro memutuskan untuk menculik sang Putri. Dia mendapat bantuan dari Miggery Sow (Tracey Ullman) salah seorang pembantu di istana, yang mana kemudian dia khianati dan menguncinya di salah satu sel penjara.

Despereaux segera menyadari kalau sang Putri dalam bahaya. Kembali di koloni tikus besar, Roscuro menangkap siratan penyesalan di mata Putri Pea dan menyesali tindakannya, tetapi tidak bisa menghentikan para tikus-tikus besar yang ingin mencelakai sang Putri. Disinimlah Despereaux datang menolong, melepaskan si kucing besar dari kandangnya. Roscuro memojokan Botticelli hingga jatuh ke genggaman si kucing dan menemui ajalnya. Peperangan pun berakhir, Roscuro kembali meminta maaf pada sang putri atas semua yg telah terjadi baik pada masa lalu dan masa kini, dan ia dimaafkan.

Pada akhirnya, Mig diselamatkan oleh si sipir penjara, yg kemudian diketahui sebagai ayahnya, dan Roscuro pun bertemu kembali dengan teman lamanya Pietro. Sang Putri dan Raja akhirnya memutuskan untuk saling mengobati duka mereka dengan saling memberi dukungan. Despereaux bertemu kembali dengan keluarganya, dan tetap menjalin persahabatan dengan sang putri.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b (Inggris) The Tale of Despereaux di Box Office Mojo. Retrieved on 2009-01-27.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]